Strategi MTs N 3 Pamekasan Dalam Peningkatan Capacity Building

  • Elok Hidayah Putri IAIN Madura
Abstract views: 164 , PDF downloads: 173

Abstract

Abstrak: Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Pamekasan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang tetap eksis di Pulau Madura. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mendaftar disana, juga prestasi-prestasi yang didapatkan oleh MTsN 3 Pamekasan menjadi perhatian tersendiri bagi para orang tua untuk menjadikan madrasah ini sebagai lembaga pendidikan rujukan yang digemari. Melihat fenomena ini peneliti merasa tertarik untuk mengkaji bagaimana peran public relations dan strategi public relations dalam peningkatan capacity building. Penelitian ini menggunakan pnedekatan kualitatif dekskrpitif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dengan public relations MTsN 3 Pamekasan, kepala madrasah, guru-guru, dan masyarakat. Hasil penelitian ini menyebutkan peran public relations MTsN 3 Pamekasan adalah menjalin komunikasi dengan publik, pembentuk identitas dan mengenalkan madrasah. Adapun strategi public relations MTsN 3 Pamekasan dalam peningkatan capacity building yakni merealisasikan human communications (membangun komunikasi dengan public internal dan eksternal. Kemudian media communications seperti website resmi, media partner, aplikasi whatsapp, facebook dan twitter. Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Pamekasan is one of the educational institutions that still exist on Madura island. This is evidenced by the large number of students who have registered there, as well as the achievements obtained by MTsN 3 Pamekasan which are a special concern for parents to make this madrasah a popular reference educational institution. Seeing this phenomenon, researchers are interested in examining the role of public relations and public relations strategies in increasing capacity building. This study uses a descriptive qualitative approach. Data collection procedures used in the form of interviews with public relations MTsN 3 Pamekasan, head of madrasah, teachers, and the community. The results of this study indicate the role of public relations at MTsN 3 Pamekasan is to establish communication with the public, form identity and introduce madrasah. The MTsN 3 Pamekasan public relations strategy is to increase capacity building, namely realizing human communications (building communication with the internal and external public. Then the media communications such as official websites, media partners, whatsapp applications, facebook and twitter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arbi, Armawati. (2012) Psikologi Komunikasi dan Tabligh, Jakarta: Amzah.

Departemen Agama. (2013) Ar Rahman Mushaf Al-Qur’an Asmaul Husna, Bandung: Mikraj Khazanah Ilmu.

El Ishaq, Ropingi. (2015) Kuliah Public Relations, Jawa Timur: STAIN Kediri Press.

Kriyanto, Rachmat. (2017) Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat dan Logika Aplikasi Penelitian dan Praktik, Jakarta: Kencana.

Morrisan. (2008) Manajemen Public Relations, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Ruslan, Rosady. (2005) Manajemen Publlic Relations dan Media Komunikasi, Jakarta: Grafindo Pustaka.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. (2012) Dasar-Dasar Public Relations, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syahputra, Iswandi. (2019) Media Relations, Depok: Rajawali Pers.

Umar, Husein. (2008) Strategi Management In Action, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

https://mtsn3pamekasan.sch.id

Http://mtsn3pamekasan.sch.id/mtsn-sumber-bungur-juara-1-madrasah-inovasi-2018/

Arnold, Rino. (2016) Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Dalam Peningkatan Prestasi Program Kreativitas Mahasiswa (KPM) Universitas Lampung, Tesis, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Artis. (2011) Strategi Komunikasi Public Relations, Jurnal Sosial Budaya, 02.

Cahaya Putra, Kadek Dwi. (2008) Strategi Public Relations Pariwisata Bali, Ilmu Komunikasi, 5(01), 44.

Chatamallah, Maman. (2008) Strategi “Public Relations” dalam Promosi Pariwisata: Studi Kasus dengan Pendekatan “Marketing Public Relations” di Provinsi Banten, MediaTor, 9(02), 394

Ruliana, Poppy dan Ririh Dwiantari. (2015) Startegi Public Relations Hotel dalam Membentuk Citra Objek Wisata, Aspikom, 2(04), 263.

Published
2020-12-29
Section
Articles