Pesan Dakwah dalam Novel Pulang Karya Tere Liye

  • Ainun Nasyiroh Feardika IAIN Madura
Abstract views: 652 , PDF downloads: 596
Keywords: Analisis Wacana, Novel Pulang, Pesan Dakwah

Abstract

Novel merupakan salah satu media yang digunakan sebagai sarana menyampaikan pesan dakwah, berdakwah melalui novel memiliki kelebihan tersendiri yang dapat menghilangkan kejenuhan, salah satu novel Pulang karya Tere Liye merupakan novel yang sangat menarik dan tersirat pesan dakwah didalamnya, meskipun novel tersebut bergenre aksi. Ada dua permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini yaitu: apa saja pesan-pesan dakwah dalam novel pulang karya Tere Liye?, bagaimana analisis wacana Van Dijk dalam menganalisis pesan dakwah novel pulang karya Tere Liye?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat pustaka dan jenis penelitiannya analisis isi yang menggunakan model analisis wacana Van Dijk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini mengandung pesan dakwah aqidah, syari’ah, dan akhlak. analisis wacana Van Dijk terhadap novel pulang menunjukkan pertama struktur teks, mengkaji pesan dakwah novel pulang berdasarkan enam elemen, kedua kognisi sosial dimana penulis ingin memaparkan hakikat pulang yang sebenarnya, ketiga konteks sosial yaitu pengetahuan yang berkembang di masyarakat terhadap suatu teks, terkait pesan yang terdapat dalam novel merupakan kejadian yang permasalahannya benar terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Warsiman. (2017) Pengantar Pembelajaran Sastra, Malang: UB Press.

Thoifah, I’anatut. (2015) Manajemen Dakwah, Malang: Madani Press.

Mustofa. (1997) Akhlak Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia.

https://www.kompasiana.com/tyaseffendi/kenali-genre-novel-kamu-55189d7181331146699de813, diakses pada tanggal 28 Oktober 2019 pukul 16.01

Eriyanto. (2001) Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media, Yogyakarta: LkiS.

Budiman, Arief Rifqoh. Edisi April-Desember 2010 “Pesan-pesan Dakwah yang Terkandung Pada Rubrik Inspirasi Majalah Media Pembinaan”, Skripsi, Unisba, Bandung.

Muslim bin Al Hajjad bil Muslim Al Qusairy Annaisaburi, ( t.t ) Al-Jami’ As Shahih, Jus. 5, Beirut: Darul Fiqri.

Sarwat, Ahmad, ( t.t ) Halal Atau Haram: Kejelasan Menuju Keberkahan, Jakarta: Kalil.

Asy-Syarif, Muhammad Musa. (2004) Meremehkan Janji, t.t.: Gema Insani.

Published
2020-12-29
Section
Articles