Representasi Kecantikan pada Iklan Somethinc x Lifni Sanders 2020

  • Nurul Malahayati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Rosi Islamiyati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nanang Mizwar Hasyim Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Abstract views: 1205 , PDF downloads: 834
Keywords: Iklan;, Kecantikan;, Semiotika Charles Sanders;, Pierce Representasi.

Abstract

Kajian ini menyoal tentang representasi kecantikan pada iklan Somethinc x Lifni Sanders 2020.  Di tengah fenomena iklan produk kecantikan menawarkan standar kecantikan dengan orientasi kecantikan fisik, berbeda dengan iklan produk Somethinc. Model analisis semiotika Charles Sanders Pierce yakni triangle meaning digunakan untuk mendefiniskan tanda yaitu representamen, objek dan Interpretan yang difokuskan pada visual gambar dan bahasa teks. Kajian diharapkan mampu mengeksplorasi representasi kecantikan dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecantikan pada iklan Somethinc x Lifni Sanders 2020  direpresentasikan dengan kepercayaan diri dan tidak menghiraukan penilaian orang lain. Sebagai anugerah Tuhan sejak perempuan dilahirkan maka kecantikan tidak didasarkan pada warna kulit, jenis rambut dan lain-lain. Kecantikan juga didefinisikan menjadi dirinya sendiri dan mereka yang berjiwa sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kosmetik Wardah (Studi Analisis Semiotika Pada Iklan Wardah Versi ‘Wardah : 20 Tahun’ Dan ‘Exclusive Series 2017'). Skripsi: Universitas Brawijaya,

Dewi, Murti Candra. (n.d.). “Representasi Pakaian Muslimah Dalam Iklan (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Iklan Kosmetik Wardah Di Tabloid Nova), Profetik: Jurnal Komunikasi. 6 (2).

Hidayanti, Nuril. (2018). “Representasi Kecantikan Dalam Iklan Clean & Clear Natural Bright Face Wash Versi ‘mine Mine Mine’ Di Media Televisi (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce).” Tesis: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Patriansah, Mukhsin. (n.d.) “Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Karya Patung Rajudin Berjudul Manyeso Diri.” Ekspresi Seni, 16 (2).

Santoso, Erica, and Novia Larasati. “Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan.” Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia 13 (1).

Wolf, Naomi. (2002). The Beauty Myth: How Images of Beauty Are Used against Women. New York: Perennial.

Winarni, Rina Wahyu. “Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan”. Deiksis. 2 (2).

Yuwita, Nurma. 2018. “Representasi Nasionalisme Dalam Film Rudy Habibie (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)”. Yudharta. 6 (1).

Yuwono, Agung. 2018. Pengaruh Iklan Melalui Media Sosial Youtube Terhadap Brand Awareness Aplikasi Belanja Online Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya). Skripsi: Universitas Sriwijaya.

Wardah Beauty. Wardah #BeautyMovesYou, 2021. https://www.youtube.com/watc h?v=aGw4HwPRHsU.

“Daftar 11 Merk Skincare Lokal Terbaik, Harga Di Bawah Rp 150 Ribu.” Accessed June 23, 2022. https://m.brilio.net/brilistyle/b eauty/daftar-11-merk-skincare- lokal-terbaik-harga-di-bawah-rp-150-ribu-220215o.html.

“Mantap! Hampir Seluruh Netizen Indonesia Adalah Pengguna YouTube.” Accessed June 23, 2022. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/07/05/mantap-hampir-seluruh-netizen- indonesia-adalah-pengguna-youtube.

“Masyarakat Lebih Suka Nonton daripada Baca Buku, Apa Sebabnya ? – LPM Jurnal Kampus.” Accessed June 22, 2022. http://jurnalkampus.ulm.ac.id/ 2021/11/01/masyarakat-lebih-suka-nonton-daripada-baca-buku-apa-sebabnya/.

“Saatnya Brand Lokal Memimpin Pasar Skincare Indonesia.” Accessed June 23, 2022. https://m.mediaindonesia.com/ amp/amp_detail/443146- saatnya-brand-lokal- memimpin-pasar-skincare-indonesia.

Satria, Ghozi Daffa, and Fajar Junaedi. “Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Garnier Sakura White Dan Wardah White Secret.” Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi. Vol. 14. No. 1. 2022.

“Somethinc | Official Website SOMETHINC.” Accessed June 23, 2022. https://somethinc.com/id/colle ction/all. Somethinc Official. Somethinc x Lifni Sanders, 2020.

https://www.youtube.com/watc h?v=r_d-trQiHV4. The Body Shop Indonesia. Cantik itu... | #mytruth #skintruth | #thebodyshopindo, 2019. https://www.youtube.com/watc h?v=f2bliu1v3_s.

“View of Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Media Sosial Instagram (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Akun @mostbeautyindo, @Bidadarisurga, Dan@papuan_girl).” Accessed June 22, 2022. https://ejournal.unesa.ac.id/ind ex.php/paradigma/article/view/ 16891/15348.

“ZAP Clinic | ZAP Beauty Index 2021 Ungkap Perubahan Potret Dan Tren Kecantikan Selama Pandemi.” Accessed June 23, 2022. https://zapclinic.com/blog/lifes tyle/zap-beauty-index-2021-ungkap-perubahan-potret-dan-tren-kecantikan-selama-pandemi/508.

Published
2022-11-30