Analisis Framing Berita Fatwa MUI tentang Vaksin Covid-19 Jenis AstraZeneca di Media Online Kompas.com dan iNews.id Edisi Maret 2021

  • Nurul Azizah IAIN Madura
Abstract views: 335 , PDF downloads: 254
Keywords: Analisis Framing;, Fatwa MUI;, Vaksin AstraZeneca;, Berita.

Abstract

Abstrak

Analisis framing adalah suatu pendekatan untuk melihat bagaimana realitas dibingkai oleh media. Kegiatan analisis framing yang peneliti lakukan yaitu terhadap berita-berita terkait fatwa MUI tentang vaksin AstraZeneca di media online Kompas.com dan iNews.id edisi Maret 2021 menggunakan model framing Robert N. Entman. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui framing berita fatwa MUI tentang vaksin AstraZeneca di media online Kompas.com dan iNews.id edisi Maret 2021, (2) mengetahui perbedaan frame yang terjadi di antara kedua media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan Kompas.com mengframe berita seakan-akan khalayak ditekan untuk harus berpartisipasi dalam program vaksin AstraZeneca, sedangkan frame berita yang disajikan iNews.id yaitu menyampaikan kepada khalayak bahwa vaksin AstraZeneca bermanfaat. Tanpa adanya penekanan frame yang khusus seperti yang dilakukan Kompas.com.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinova, Danu Eko. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, Yogyakarta: Calpulis.

Amin, Samsul Munir. (2018) Jurnalistik: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Biti Djaya.

Fitrah, Muh dan Luthfiyah. (2017) Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Mulyana, Deddy dan Eriyanto, (2002.) Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media . Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Abdaul Huda, Irkham. (2021). “Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 3, (1).

Antow, Angelina F.T. (2016). ”Pengaruh Layanan Online Shop (Belanja Online) terhadap Konsumerisme Siswa SMA Negeri 9 manado.” Jurnal: Acta Diurna Komunikasi, 5, (3).

Boer, Kheyene Molekandella, (2020) ”Analisis Framing Pemberitaan Generasi Milenial dan Pemerintah Terkait Covid-19 di Media Online.” Jurnal Ilmu Komunikasi, 4 (1).

Rahayu, Rochani Nani dan Sensusiyati. (2021) “Vaksin Covid-19 di Indonesia: Analisis Berita Hoax.” Jurnal Ekonomi, Sosial, & Humaniora, 2 (7).

Yaman, Ahmad dan Sukijan. (2016). ”Pembingkaian Berita Media Online.” Jurnal El-Hikmah, 9 (1).

Fatwa MUI No 14 Tahun 2021 tentang Hukum Penggunaan Vaksin Covid-19 Produk AstraZeneca, diakses dari https://mui.or.id, pada tanggal 08 April 2021 pukul 08.49 WIB

Malik, Hisam, “Fatwa MUI Jawa Timur Vaksin AstraZeneca Halal,” diakses dari https://jatim.nu.or.id/read/fatwamui-jawa-timur-vaksin-astrazeneca-halal, pada tanggal 08 April 2021 pukul 09.00 WIB.

https://amp.kompas.com/nasional/read/2021/03/19/18003021/fatwa-mui- meski-mengandung-babi-vaksin-astrazeneca-boleh-digunakan, diakses pada tanggal 23 September 2021 pukul 12:17 WIB.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/03/20/170200623/apa-fungsi-tripsin-babi-yang-disebut-mui-ada -di-vaksin-AstraZeneca, diakses pada tanggal 23 September 2021 pukul 15:42 WIB.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/20/193000165/meski-haram-berikut-5-alasan-mui-bolehkan-penggunaan-vaksin-covid-19, diakses pada tanggal 23 September 2021 pukul 16:51 WIB.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/21/170000365/4-fakta-vaksin-astrazeneca-yang-dinyatakan-mubah-digunakan-oleh-mui, diakses pada tanggal 23 September pukul 17.00 WIB.

https://amp.kompas.com/nasional/read/2021/03/22/13252491/ketua-mui-jatim-vaksin-astrazeneca-hukumnya-halal, diakses pada tanggal 23 September pukul 17.25 WIB.

https://amp.kompas.com/nasional/read/2021/03/22/17073481/jokowi-mui-jawa-timur-sampaikan-vaksin-astrazeneca-halal-dan-thayyib, diakses pada tanggal 23 September 2021 pukul 17:28 WIB.

https://www.inews.id/news/nasional/mui-astrazeneca-haram-tapi-boleh-digunakan, diakses pada tanggal 24 September 2021 pukul 15:48 WIB.

Published
2022-11-30
Section
Articles