MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 PAMEKASAN

  • Saiful Arif STAIN Pamekasan
Abstract views: 163 , PDF downloads: 112

Abstract

This result of research article  is describing about instructional contextual models on the subject Islamic education in SMPN 2 Pamekasan. There are three focus of it: the first, how is the perception of teacher of Islamic education on instructional contextual models in the SMPN 2 Pamekasan? Second, how is the activities instructional contextual models in on Islamic education the SMPN 2 Pamekasan? Third how is the respons of students on the instructional contextual models in on Islamic education  in the SMPN 2 Pamekasan?. By  this research has got information about: 1) Perception’s of Islamic education teacher about instructional contextual models in the  SMPN 2 Pamekasan. 2) the activities of instructional contextual models on Islamic education in the SMPN 2 Pamekasan, and 3) the respons students on the  instructional contextual models in on Islamic education  in the SMPN 2 Pamekasan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, Saiful, Etika Profesi Guru, Surabaya: CV Salsabila Putra Pratama, 2013

Aqib, Zainal dan Rohmanto, Elham, Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah, Bandung: Yrama Widya, 2007

Amri, Sofan, Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013

Amri, Sofan, Rohman, Muhammad, Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013

Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Pendekatan Kontekstual, Jakarta: Depdiknas, 2003

Hasibuan dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1996

Hadi, Amirul dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, tt.

Indratno, A. Ferry, Menyambut Kurikulum 2013, Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2013

Jauhar, Muhammad, Implementasi Paikem Dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Berbasis CTL, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2011

Jihad, Asep, Haris, Abdul, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo, 2012

Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju, 1996

Kunandar, Penilaian Autentik Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2014

Kurniasih, Imas, Sani, Berlin, Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan, Surabaya: Kata Pena, 2014

Nurhadi, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003

Nurdin, Muhammad, Kiat Menjadi Guru Profesional, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2008

Majid, Abd., Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Martiyono, Perencanaan Pembelajaran Suatu Pendekatan Praktis Berdasarkan KTSP Termasuk Model Tematik, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012

Maliki, Zainuddin, Ke Arah Paradigma Baru Pendidikan Sebuah Action Research Strategi Pembelajaran Bidang Studi Di Beberapa Madrasah Jawa Timur, Surabaya: PPM/MDC Jatim Press, 2005

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990

Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzza Media, 2008

Mulyasa, E, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Muhaimin, et.al., Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Rosdakarya, 2002

Muzamiraoh, Latifatul, Mida, Kupas Tuntas Kurikulum 2013, Surabaya: Kata Pena, 2013

Priatna, Nanang, Sukamto, Titi, Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013

Poerwati, Loeloek Indah, Panduan Memahami Kurikulum 2013, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2013

Prastowo, Amdi, Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Yogyakarta: Diva Press, 2013

Ruhimat, Toto, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press, 2011

Rusman, Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2008

Sanjaya, Wina, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi,Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006

Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013

Suhartono, Suparlan, Wawasan Pendidikan, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2008

Suhardan, Dadang, Supervisi Profesional Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah, Bandung: Alfabeta, 2010

Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Suyanto, Jihad, Asep, Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Jakarta: Esensi, 2013

Trianto, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011

Uno, B., Hamzah, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Yamin, Martinis, Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran, Jakarta: GP Press Group, 2013

Yamin, Martinis, Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta: Referensi, 2012

Published
2016-12-31
Section
Articles