PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMATANGAN EMOSI REMAJA DI DESA TANJUNG ALAM KECAMATAN SEI DADAP KABUPATEN ASAHAN
Abstract
Perkembangan emosi yang terjadi pada masa remaja bertepatan dengan puncak emosi. Remaja seringkali menunjukkan perilaku yang tidak pantas karena regulasi emosinya yang cenderung tidak stabil. Tujuan dari peninjauan ini adalah untuk mengetahui peran para orang tua dalam membentuk pembinaan generasi muda di Kota Tanjung Alam, Kawasan Sei Dadap, Rezim Asahan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan deskriptif. Berikut temuan penelitian ini: (1) Orang tua di Desa Tanjung Alam Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan telah berusaha menjadi orang tua yang baik dengan selalu memberikan nasihat kepada anaknya; (2) remaja yang tidak mampu mengendalikan emosi menyebabkan ia terus menerus bertengkar dengan orang tuanya; dan (3) orang tua di Desa Tanjung Alam Kecamatan Sei Dadap berperan sebagai pendidik, pemberi semangat, teman, dan konselor.
Downloads
References
Basuni, Dita Nan Diya, Rahmawati, and Khairun Deasy Yunika. 2021. HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEMATANGAN EMOSI REMAJA. Sistema: Jurnal Pendidikan 02 (02): 2229.
Bety Agustina Rahayu, Khoirul Azizah,. 2022. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kematangan Emosi Remaja Di Smk Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta. Nursing Science Journal (NSJ) 3 (1): 2732. https://doi.org/10.53510/nsj.v3i1.108.
Binti Muawanah, Lis. 2012. Kematangan Emosi, Konsep Diri Dan Kenakalan Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia 1 (1): 614. https://doi.org/10.30996/persona.v1i1.9.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik , Panduan Bagi Orangtua Dan Guru Dalam Memahami Psikoogi Anak Usia SD,SMP,Dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Febrianti, Kartika Ulfa, and Erdina Indrawati. 2023. Kematangan Emosi Dan KontrolDiri Dengan Kenakalan Remaja. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora 7 (3): 142–48. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v7i3.3368.
Fitri, Nia Febbiyani, and Bunga Adelya. 2017. “Kematangan Emosi Remaja Dalam Pengentasan Masalah.” Jurnal Penelitian Guru Indonesia - JPGI ( 2 (2): 3039.
Hidayatulloh, Alpiana. 2022. ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan 3 (1): 16.
Hurlock, Elizabeth B. 2009. Perkembangan Anak. Jakarta: erlangga.
Irfani Lindawati, Yutika, and Niessa Ridho Utami. 2021. Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Emosi Remaja. Jurnal Sosial Sains 1 (8): 84652. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i8.180.
Khusniyah, Nurul Lailatul. 2018. Peran Orang Tua Sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwam 12 (1): 87101. https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.782.
Lumenta, Nikita, Herlina I.S Wungouw, and Michael Karundeng. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kematangan Emosi Remaja Di Sma N 1 Sinonsayang. Jurnal Keperawatan 7 (1). https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.24344.
Miles, Matthew B, and A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis : An Expanded Sourcebook. Sage Publications. Second. Sage Publication.
Parnawi, Afi. 2021. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Deepublish.
Pratiwi, Lusiana. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Desa Gintungan Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1 (1): 75–83. https://doi.org/10.21831/diklus.v1i1.23854.
Sartika, Ane, and Mario Pratama. 2021. “Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Kematangan Emosi Remaja.” Jurnal Riset Psikologi 3: 1–11. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/psi/article/view/11919.
Warouw, Inggrid, Jimmy Posangi, and Yolanda Bataha. 2019. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Pada Anak Usia Remaja Di Sma N 1 Kakas.” Jurnal Keperawatan 7 (1). https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.24333.
Zahra, Nabila Aulia Az. 2023. “Upaya Peran Orangtua Dalam Membentuk Perkembangan Emosional Pada Anak Pra-Sekolah.” JOIES: Journal of Islamic Education Studies 8 (2): 218–31. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/psi/article/view/11919.
Copyright (c) 2024 NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC-BY-NC)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.