POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN REMAJA DI DESA SUMBUL KECAMATAN SINEMBAH TANJUNG MUDA HILIR

  • Dinda Alisya Zahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Efi Brata Madya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Abstract views: 221 , PDF downloads: 192
Keywords: Pola asuh orang tua, Kemandirian Remaja

Abstract

Lingkungan awal bagi seorang anak adalah keluarganya, yang terdiri atas orang tua dan saudara kandung. Setiap keluarga memiliki cara tersendiri dalam membesarkan anak-anak mereka, sering kali dengan melanjutkan pola pengasuhan dari generasi sebelumnya. Cara orang tua berinteraksi dengan anak dalam mempengaruhi kemandiriannya disebut sebagai pola pengasuhan. Anak-anak yang mandiri menunjukkan perilaku eksploratif, kemampuan mengambil keputusan, percaya diri, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola pengasuhan yang mendukung pengembangan kemandirian remaja dalam hal pengambilan keputusan, pengendalian diri, serta tanggung jawab. Riset ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Ayah, ibu, dan remaja di Desa Sumbul, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hilir, bertindak sebagai informan penelitian. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi, menggunakan sumber data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan dari reduksi data, penyajian data, dan validasi data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pola pengasuhan orang tua dapat membantu remaja menjadi lebih mandiri dalam berbagai aspek seperti pengambilan keputusan, pengendalian emosional, dan tanggung jawab. Pola pengasuhan demokratis terbukti mampu meningkatkan kemandirian pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M., & Asrori, M. (2004). Psikologi Remaja. Bumi Aksara.
Amaliana, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang tua terhadap Kemandirian Anak di Rumah dan di Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 2(1), 61–63.
Anisah, A. S. (2011). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 73.
Atika, A. N., Darmawati, L. E. S., & Supriadi, B. (2019). Enam Metode Pola Asuh Orang tua untuk Peningkatan Social Skills di Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 20(1), 20.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang tua dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Thufula, 5(1), 103–104.
Esyuanik, Hasanah, U., & Laili, A. N. (2021). Penguatan Pola Asuh Keluarga dalam Mencegah Stunting Sejak dini. Penerbit NEM.
Freska, W. (2022). Keperawatan Kesehatan Jiwa Remaja. Mitra Edukasi Negeri.
Gina, S., & Nurliana Cipta Apsari. (2020). Pola Asuh yang Berbeda=beda dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Prosiding Penelitain & Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 130.
Hidayati, T., Hanifah, L., & Yessy Nur Endah Sary. (2019). Pendampingan Gizi pada Balita. Budi Utama.
Khoiruddin, & Izha Fashlya Vaurina. (2022). Pola Asuh Orang tua Karir dalam Pembentukan Kemandirian Anak di TK Nuriadeen Cendikia Desa Pondok Udik Kec. Ciseeng Kabupaten Bogor. Jurnal Tuntas Aswaja, 1(2), 17.
Kumawati, I. I., Rahardjo, N., Argaheni, N. B., Nugraheni, A., Sukamto, I. S., & Juwita, S. (2023). Pola Asuh Orang Tua dan Tumbuh Kembang Balita. Jejak.
Meliala, S., Ningsih, S. D., & Indomora Siregar. (2021). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter dengan Kemandirian Remaja di SMA Negeri 1 Singkohor Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Psychomutiara, 4(2), 12.
Ningsih, A. S. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang tua dan Lingkungan terhadap Kemandirian pada Siswa Kelas V di SD Negeri 58/IX Tempino. Jurnal Pendidikan Tematik DIKDAS, 7(1), 67–72.
Parnawi, A. (2021). Psikologi Perkembangan. Deepublish.
Rahman, M. H., Kencana, R., & Nur Faizah. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Rasidi, & Moh. Salim. (2021). Pola Asuh Anak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Academia Publication.
Rini, A. R. P. (2012). Kemandirian Remaja Berdasarkan Urutan Kelahiran. Jurnal Pelopor Pendidikan, 3(1), 63.
Sobri, M. (2020). Kontribusi Kemandirian dan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar. Guepedia.
Soenens, B., Vansteenkiste, M., & Beyers, W. (n.d.). Parenting Adolescents. Department of Developmental, Personality, and Social Psychology, 1, 2.
Subagia, N. (2021). Pola Asuh Orang tua: Faktor, Implikasiterhadap Perkembangan Karakter Anak. Nilacakra.
Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang tua dan Kemandirian Anak. Journal of EST, 2(3), 156–157.
Suparmi, Rahayu, S., & Fajrin, R. (2023). Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Stunting pada Balita. Pustaka Rumah Cinta.
Udjir, N. (2023). Peran Guru dan Pola Asuh Orang tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 835.
Utami, A. C. N., & Santoso Tri Raharjo. (2021). Pola Asuh Orang Tua dan Kenakalan Remaja. Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 7.
Victoranto, F. (2023). Pola Asuh Orang tua, Tempramen dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Media Pustaka.
Widyarini, N. (2013). Seri Psikologi Populer: Relasi Orang tua dan Anak. Gramedia.
Published
2024-09-26
Section
Articles