CHARACTER BUILDING DI SD AL HIKMAH 1 SURABAYA
Abstract views: 328
,
pdf downloads: 128
Abstract
Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Salah-satu lembaga pendidikan yang telah menjadi sekolah model percontohan pelaksanaan pendidikan karakter adalah SD Al- Hikmah Surabaya. Sekolah ini memperoleh penghargaan yang prestisus sebagai “the Best 1 School Practice Character” tahun 2011. Penelitian ini berusaha menggali lebih dalam tentang penerapan pendidikan karakter di SD Al-Hikmah Surabaya. Fokus penelitian ini (1)Bagaimana visi misi mengenai pendidikan karakter?. (2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter?. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif. Berdasarkan fokus penelitian dapat dihasil :(1) SD Al Hikmah membuat Visi-Misi yang sangat operasional, guna diwujudkan dalam program yang dapat dilaksanakan melalui kegiatan yang terintegrasi. (2) Rumusan visi, misi, dan tujuan sekolah diimplementasikan dalam sistem pembelajaran full day school. Sistem pembelajaran yang terintegrasi antara ilmu pengetahuan dengan praktek yang berdasarkan ajaran Islam. Keseluruhan aktivitas di SD Al Hikmah mengarah pada satu titik yaitu penciptaan anak didik yang berakhlq karimah. Akhlaq karimah inilah yang disebut sebagai pendidikan karakter. Siswa-siswi SD Al Hikmah dibekali seperangkat sistem yang mampu mengendalikan aktivitasnya di sekolah dan juga di rumah, melalui program-program yang dilaksanakan secara rutin.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2012-07-05
Issue
Section
Articles
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC-BY-NC)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.