PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI ERA DIGITAL:TANTANGAN DAN PELUANG

  • Dede Pitri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Momod Abdul Somad Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mokh. Iman Firmansyah Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract views: 14 , PDF downloads: 18

Abstract

Islamic Religious Education (PAI) plays a strategic role in character development among students in the digital era, aiming to cultivate individuals with faith, piety, and noble character. This study explores the challenges and opportunities associated with integrating PAI into the digital era, highlighting issues such as the negative influence of social media, and lack of student focus. Utilizing a qualitative phenomenological approach, data were collected through interviews, and observations to gain insights into experiences and perceptions related to PAI in character building. The findings indicate that while technology can distract students, it also provides opportunities to enhance moral education through interactive digital tools, project-based learning, and the integration of Islamic values. Teachers’ proactive roles and collaboration with families and communities are essential in ensuring the effective implementation of PAI. The study concludes that adapting PAI with holistic strategies, combining technological integration and moral education, is crucial for fostering students' character in line with Islamic values.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, Adiyana. “Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam.” Amanah Ilmu: Jurnal Kependidikan Islam 3, no. 1 (2023): 13–23.
Ananda, E.R., dan Marno. “Analisis Dampak Teknologi Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Ditinjau Dari Nilai Karakter Self-Confident Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 5 (2022).
Anshori, Sodiq. “Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya 2, no. 1 (2018).
Anwar, Mohammad Shohibul. “Peran guru pendidikan agama islam (PAI) dalam upaya pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab anak SMP.” JIECO: Journal of Islamic Education Counseling 1, no. 1 (2021): 27–42.
Ayuni, Intan, Yunus Winoto, dan Ute Lies Khadijah. “Perilaku Literasi Informasi Pada Anak Di Media Sosial.” Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya 6, no. 2 (2022): 176. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7728.
Azwina, Shafa Nur. “Menanamkan Pendidikan Islam Sebagai Way of Life “ Membentuk Karakter Unggul Berdasarkan Ajaran Islam ".” Jurnal Pendidikan Sains 4, no. 1 (2024): 82–90.
Cahyani, Nabila Dwi, Rara Luthfiyah, Vanny Apriliyanti, dan Munawir Munawir. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Budaya Religius Untuk Meningkatkan Pembentukan Karakteristik Islami.” Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam 23, no. 1 (2024): 477–93.
Cholifah, M Pd. Pembentukan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka. CV. AZKA PUSTAKA, 2023.
Dalimunthe, Dewi Shara. “Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern.” Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2023): 75–96.
Dalmeri, Dalmeri. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter.” Journal of Chemical Information and Modeling 14, no. 1 (2014): 269–88.
Darimi, Ismail. “Information And Communication Technologies Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Era Teknologi Informasi.” Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 1, no. 2 (2017): 111–21.
Davidson, Matthew, Thomas Lickona, dan Vladimir Khmelkov. “Smart & good schools a new paradigm for high school character education.” Handbook of Moral and Character Education, no. December (2014): 290–307. https://doi.org/10.4324/9780203114896.
Furnamasari, Yayang Furi, Desi Aprilianti Usman, Fanya Rachma Zahra, Khansa Khairun Nisa, Nur Afifah Handayani, Raihani Nurul Khotimah, Reiza Nurul Fajar, Siti Astria Sundari, dan Zahra Audyna Yosep. “PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK ETIKA DAN MORAL SISWA DI ERA DIGITAL.” Jurnal Multidisiplin Inovatif 8, no. 5 (2024).
Hadi, Abd., Asrori, dan Rusman. Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas : CV. Pena Persada, 2021.
Hermino, Agustinus. “Pendidikan karakter dalam perspektif psikologis siswa sekolah menengah pertama di era globalisasi dan multikultural.” Jurnal peradaban 8, no. 1 (2015): 19–40.
Husna, Khalisatun, Farras Fadhilah, Ulfa Hayana Sari Harahap, Muhammad Arby Fahrezi, Khalid Samahangga Manik, M Yasir Ardiansyah, dan Inom Nasution. “Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang.” Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa 1, no. 4 (2023): 154–67.
Husna, Nihayatul. “KONTEN FLEXING BERSEDEKAH DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (KAJIAN TAFSIR AHKAM).” El-Mu’Jam. Jurnal Kajian Al Qur’an dan Al-Hadis 3, no. 2 (2023): 198–212.
Isti’ana, Ais. “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam.” Indonesian Research Journal on Education 4, no. 1 (2024): 302–10.
John, McCormick. “Bachelor of Arts.” George Santayana, 2019, 48–72. https://doi.org/10.4324/9780203790793-6.
Jufri, A P, Wahyu Kurniati Asri, Misnah Mannahali, dan Ananta Vidya. Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif. Ananta Vidya, 2023.
Kristanto, Muhamad. “Pemanfaatan cerita rakyat sebagai penanaman etika untuk membentuk pendidikan karakter bangsa.” Mimbar Sekolah Dasar 1, no. 1 (2014): 59–64.
Kulsum, Ummi, dan Abdul Muhid. “Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 12, no. 2 (2022): 157–70. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287.
Kurniawan, Machful Indra. “Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 4, no. 1 (2015): 41–49.
Lickona, Thomas. Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam, 1992.
Maisura, Maisura, Yury Ulandary, Nerru Pranuta Murnaka, Devi Syukri Azhari, Leni Erliana, dan Edi Ahyani. “Strategi manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di era digital.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 4, no. 3 (2023): 2733–47.
Marwiyah, Syarifah, dan Sayono Sayono. “Internalisasi dan Aktualisasi Nilai Pendidikan Karakter Aswaja pada Mahasiswa di Era 4.0.” JIEP: Journal of Islamic Education and Pedagogy 1, no. 01 (2024): 61–72.
Misrina, Misrina, Khairun Nasir, dan Diana Diana. “Analisis Konsep dan Peran Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Sikap Siswa: Studi Literatur dalam Konteks Madrasah.” AHDÃF: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2024): 67–80.
Mongin, Mongin, dan Ruwandi Ruwandi. “Peranan Kelompok Kerja Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Kandangan.” Jurnal Al-Qiyam 4, no. 1 (2023): 41–53.
Novita, Novita Nur Inayha. “Penguatan etika digital melalui materi ‘Adab menggunakan media sosial’ pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik menghadapi era Society 5.0.” Journal of Education and Learning Sciences 3, no. 1 (2023): 73–93.
Nurhidayat, Eka, Rama Dwika Herdiawan, dan Agus Rofi’i. “Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Mengintegrasikan Teknologi di SMP Al-Washilah Panguragan Kabupaten Cirebon.” Papanda Journal of Community Service 1, no. 1 (2022): 27–31.
Oktavia, Putri, dan Khusnul Khotimah. “PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moralitas individu Muslim . Di era digital yang semakin berkembang pesat , pengembangan metode pembelajaran P.” an Najah Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan 02, no. 05 (2023): 1–9.
Pambudi, Miliantoro Argo. “Strategi guru dalam meningkatkan literasi digital pada Siswa.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 10, no. 03 (2022): 636–46.
Prabowo, Sultan Hadi, Agus Fakhruddin, dan Miftahur Rohman. “Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 2 (2020): 191–207.
Rahma, Fatikh, Asmuni Zain, Zainul Mustain, dan Rokim Rokim. “Penguatan nilai-nilai spiritual dan moralitas di era digital melalui pendidikan agama Islam.” JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) 6, no. 2 (2024): 94–103.
Rahmadani, Suci. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Tinjauan Literatur Kualitatif.” Jurnal Media Akademik (JMA) 2, no. 6 (2024).
Rahman, Abdul. “Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam - Tinjauan Epistemologi Dan Isi - Materi.” Eksis 8, no. 1 (2012): 2053–59.
Ramadani, Adysha Citra. “Remaja Bisa Dapatkan Ratusan Notifikasi Ponsel Setiap Hari, Apa Dampaknya Bagi Otak?” REPUBLIKA, 2023. https://ameera.republika.co.id/berita/s1zxm5370/remaja-bisa-dapatkan-ratusan-notifikasi-ponsel-setiap-hari-apa-dampaknya-bagi-otak-part2.
Rochaniningsih, Nunung Sri. “Dampak pergeseran peran dan fungsi keluarga pada perilaku menyimpang remaja.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 2, no. 1 (2014).
Rumapea, Murni Eva. “Kurikulum 2013 yang berkarakter.” Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 5, no. 2 (2013).
Salik, Yunus. Model Pendidikan Budaya Bugis dalam Penerapan Nilai-nilai Pluralisme di IAIN Palopo. Jurnal Penelitian. Vol. 14, 2020. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2.8251.
Salisah, Siti Khopipatu, Astuti Darmiyanti, dan Yadi Fahmi Arifudin. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Digital: Tinjauan Literatur.” Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2024): 36–42.
Setiardi, Dicky, dan Husni Mubarok. “Keluarga sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak.” Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 2 (2017).
Setiawan, Irvan, dan Dea Farah Aisy. “Bimbingan Klasikal Penguasaan Konten Dengan Google Classroom Berbasis Pemaknaan Cerita Rakyat Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa SMP.” In SEMBIKA: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling, 2019.
Setiawan, Rudi. “Service-Learning Sebagai Sebuah Model Pendidikan Karakter: Tinjauan Filosofis Atas Konsep Pendidikan Karakter Thomas Lickona.” Driyarkara School of Philosophy, 2023.
Setyosari, H Punaji. Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media, 2016.
Stefani, Fiki Adelia, dan Nadila Meylina. “Pendidikan Karakter Bangsa Antara Cita - Cita dan Realita.” JIMI: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu 1, no. 3 (2024): 57–61.
Subasman, Iman, Dian Widiantari, dan Rusi Rusmiati Aliyyah. “Dinamika Kolaborasi Dalam Pendidikan Karakter: Wawasan Dari Sekolah Dasar Tentang Keterlibatan Orang Tua Dan Guru.” Journal on Education 6, no. 2 (2024): 14983–93.
Sukana, Sukana. “Transformasi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Tahun 2024.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (2024): 3955–65.
Sukitman, Tri (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Sumenep). “Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2 (2018): 87.
Syahiddin, Riang. “Pandangan Guru PAI Terkait Strategi melawan Ujaran Kebencian (Hate Speech) di Kalangan Siswa (Studi Kasus di MTS N 2 Sleman DIY).” Universitas Islam Indonesia, 2023.
Tanjung, Zulkifli. “PERAN ORANG TUA TERHADAP PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE BAGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI MTS N.” AL-IRSYAD: JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING 14, no. 1 (2024): 134–43.
Wicaksono, Moch Danang Nur. “Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlaq Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Bagi Siswa Kelas VI di MI Islamiyah Harjosari.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2020.
Widigda, Robbiyanti. “Strategi Ibu Wanita Karier dalam Pembentukan Karakter Rabbani Anak di MTs YAPI Pakem, Sleman, Yogyakarta.” Universitas Islam Indonesia, 2024.
Yuniarto, Bambang, dan Rivo Panji Yudha. “Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 10, no. 2 (2021): 176–94. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096.
Zulfah. “Karakter: Pengembangan Diri.” IQRA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2021): 28–33.
Published
2025-03-01
Section
Articles