PROBLEMATIKA DALAM BELAJAR LISTENING COMPREHENSION YANG DIHADAPI OLEH MAHASISWA SEMESTER III TADRIS BAHASA INGGRIS STAIN PAMEKASAN

  • S. Sumihatul Ummah MS Pamekasan State College for Islamic Studies (STAIN)
  • Eko Ariwidodo Pamekasan State College for Islamic Studies (STAIN)
  • Eva Nikmatul Rabiyanti Pamekasan State College for Islamic Studies (STAIN)
Abstract views: 2442 , pdf downloads: 618

Abstract

Keterampilan mendengarkan bahasa inggris yang diucapkan secara verbal (Spoken English) merupakan salah satu keterampilan yang ada dalam English Language Skills. Memahami kata atau kalimat bahasa Inggris yang diucapkan oleh penutur asli (Native Speaker) merupakan suatu persoalan yang sangat komplek yang dihadapi oleh yang belajar bahasa kedua khususnya mahasiswa semester III TBI STAIN Pamekasan. Tujuan penelitian ini, yaitu pertama, mendeskripsikan tekhnik yang digunakan dosen dalam mengajar Listening Comprehension. Kedua, merumuskan problematika yang dihadapi mahasiswa semester III TBI STAIN Pamekasan dalam belajar Listening Comprehension. Ketiga, merumuskan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan dalam belajar Listening Comprehension. Keempat, merumuskan cara mengatasi masalah-masalah tersebut. Hasil Penelitian ini membahas tentang problematika pembelajaran Listening Comprehension pada mahasiswa semester III TBI STAIN Pamekasan karena pada kenyataannya hasil belajar mereka masih jauh dari standart. Oleh karena itu, problemsolving dalam pembelajaran Listening Comprehension ini diharapkan akan meminimalisir masalah yang dihadapi mahasiswa dalam proses belajarnya sehingga mendapat hasil belajar yang memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Manajement Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.

Arikunto, Suharsimi,“Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta: Rineka, 1996.

Cipta.Burton H.W. The Guidance of Learning Activities. N.Y. Appleton CenturyCraffts. Inc.Burton, 1952.

Dalyono, M., “Psikologi Pendidikan”. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Djamarah, Syaiful Bahri,“Psikologi Belajar”, Jakarta: Rineka Cipta. 2002.

Hadi, Sutrisno, Research Methodology. Yogyakarta: Fakultas Psikologi, 1987.

Hasman, Melvia A, ‘The Role of English in The 21st Century’ dalam English Teaching FORUM. Januari 2000.

Kang, Shumin, ‘Learning Styles: Implication for ESL/ESL Instruction’ dalam English Teaching FORUM vol.37 no.4 Oktober-Desember 1999.

Kweldju, Jurnal Ilmiah Masyarakat Linguistik Indonesia: Linguistik Indonesia, 2001.

Moloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.

Noeng Muhajir, Metodologi Penelitian Kulitatif. Yogyakarta: Rakesarasin, 1996.

Nuryata, I Made, Pengaruh Metode Pemecahan Masalah dan Penggunaan Job Sheet Terhadap Hasil Belajar Siswa MK Ditinjau dari Locus of Control dan Dengan Memperhatikan Bakat Berpikir Mekanik Siswa.

Unpublished Thesis. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja, 2006.

Quirk et.al., Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1972.

Soedarsono, Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Dirjend. Dikti. 1996.

Slameto, “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Yuliani N., Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional, 2003.

Yuliani N., Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas

Published
2012-01-05
Section
Articles