Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Terhadap Volume Perdagangan Saham Perusahaan Perbankan yang Listing Di Bursa Efek Indonesia.

  • Fena Ulfa Aulia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura
  • Ira Hasti Priyadi Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 554 , pdf downloads: 379

Abstract

Tingkat kesehatan bank merupakan aspek yangsangat penting untuk mengetahui sehat atau tidak sehat suatu bank. Bank yang sehat merupakan bank yang dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik, dengan mengetahui tingkat kesehatan bank investor akan mendapatkan gambaran pasti dalam pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel tingkat kesehatan bank yang diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), Non Performing Loan(NPL), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio(LDR) terhadap volume perdagangansahamperusahaanperban yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2017. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016 dan 2017. Metode pemilihan sampel dilakukan secara random sebanyak 23 sampel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian uji secara parsial menunjukkan CAR, ROA, NPL, BOPO, dan LDR tidak berpengaruh signifikan terhadap volume perdagangan saham. Kemudian secara simultan dalam pengujian uji F secara simultan variabel tingkat kesehatan bank yang diproksikan dengan LDR, CAR, ROA, BOPO, dan NPL tidak berpengaruh signifikan terhadap volume perdagangan saham.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, and Hidayat, Nasuhi. “Studi Empiris Tentang Pengaruh Volume Perdagangan Dan Return Terhadap Bid-Ask Spread Industri Rokok Di Bursa Efek Jakarta Dengan Model Koreksi Kesalahan.” Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol 3 No.1 (January 2000).

Altunbas, Y., M.H. Liu, P.Molyneux dan R. Seth. 2000. Efficiency and Risk in Japanese Banking. Journal of Banking and Finance, 24(10), pp: 16051628.

Bank Indonesia. Kodifikasi Peraturan Bank Indonesia Penilaian Tingkat Kesehatan Bank. Jakarta: Pusat Riset dan Edukatif Bank Sentral (PRES), 2012.

Budisantoso, T, and Triandaru, S. Bank Dan Lembaga Keuangan Lain. 2nd ed. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Dendawijaya, Lukman. Manajemen Perbankan. Bogor: Ghalia, 2009.

Indiani, Ni Putu Lilis, Sayu Kt. Sutrisna Dewi. "Pengaruh Variabel Tingkat Kesehatan Bank Terhadap Harga Saham Perbankan di Bursa Efek Indonesia", E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 5, (2016).

Indriastuti, Ariyani, and Zumrotun Nafiah. “PENGARUH VOLUME PERDAGANGAN, KURS DAN RISIKO PASAR TERHADAP RETURN SAHAM” 9, no. 1 (2017): 9.

Ismail. Akuntansi Bank: Teori Dan Aplikasi Dalam Rupiah, Cetakan 1. 1st ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2010.

Karim, Abdul dan Fifi Hanafia. " Analisis CAR, BOPO, NPF, FDR, NOM, dan DPK Terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Bank Syariah di Indonesia", TARGET: JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol. 2 No. 1, (2020)

Kasmir. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Kusumawati, Fariyana. “Pengaruh Risiko Bank dan Profitabilitas terhadap Harga Pasar Saham pada Perusahaan Perbankan”, Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik (JAMBSP), Vol.6 No.1, (2009).

Nurrohman. “Pengaruh Earning Per Share, Return Saham, Kualitas Audit, Dan Hasil Laba Terhadap Return Saham Satu Tahun Kedepan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010- 2011).” Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang, 2013.

Nuswandari, Cahyani. “Pengaruh Corporate Governance Perception Index terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta”, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 16(2), (2009).

Putri, Ni Kadek Alit Pradina dkk. "Pengaruh NPL, CAR dan BOPO Terhadap Profitabilitas pada BPR di Kota Denpasar", E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 11, (2018).

Retnasih, Nora Ria. " Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Terhadap Harga Saham Pada Bank Pemerintah dan Swasta di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012", Prosiding Pluralisme Dalam Ekonomi Dan Pendidikan ISSN 2407-4268

Rivai, Veitzhal, and Arifin, Arviyan. Islamic Banking: Sebuah Teori, Konsep Dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Rohmiati, Evi dkk. " Analisis Pengaruh BOPO, NPL, NIM, dan LDR Terhadap Profitabilitas pada Bank Umum di Indonesia Periode 2012- 2017", keunis Majalah Ilmiah Vol. 7 No 1 ( 2019).

“Saham Perbankan Mampu Bertahan.” Accessed August 27, 2018. https://investasi.kontan.co.id/news/saham-perbankan-mampu-bertahan.

Setiawan, Andy. " Analisis Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Terhadap Return On Asset", Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 1, Nomer 2 (2017).

Shobriati, Ikrima dkk. “Pengaruh Harga Saham, Volume Perdagangan Saham Dan Varian Return Terhadap Bid Ask Spread Di Seputar Pengumuman Stock Split (Studi Pada Perusahaan Listing Di BEI Periode Tahun 2005-2011)”, Jurnal Administrasi Bisnis” 5, No.2 (2013).

Sudarmawanti, Erna dan Joko Purnomo Pengaruh CAR, NPL, BOPO, NIM dan LDR Terhadap ROA (Studi kasus pada Bank Perkreditan Rakyat di Salatiga yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2011-2015), Among Makarti Vol.10 No.19, Juli (2017).

Sudirman, Iwayan. Manajemen Perbankan. Jakarta: Prenada Media, 2013.

Syafaatul, Kurnia L., 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”, Jurnal Ilmiah Mahasiwa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, Vol.2. Nomor 2, (2015).

Tahmat, dan Ida Margareta Nainggolan. "Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Terhadap Return Saham Bank BUMN Periode 2009-2018", Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, vol.4 No.3 (2020)

Taswan. Manajemen Perbankan, Konsep Teknik Dan Aplikasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2010.

Published
2021-07-08
Section
Articles