Pelaksanaan Program Kegiatan KKG PAI SD Kabupaten Banyumas Dalam Peningkatan Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19

  • Winarni Pascasarjana IAIN Purwokerto
  • Muhammad Misbah IAIN Purwokerto
Abstract views: 691 , pdf downloads: 350
Keywords: KKG, PAI, Kompetensi Guru, Pandemi Covid-19

Abstract

KKG is a forum for gathering and communication between teacher subjects, as well as KKG PAI SD in Banyumas Regency. This activity is a forum for developing teacher competence by providing various forms of activities that are adapted to health protocols during the pandemic. The purpose of this study is to analyze and describe the implementation of PAI SD Teacher Working Group (KKG PAI SD) in improving teacher competence in Banyumas Regency. This research uses descriptive analytical research methods, with data collection tools: observations, interviews, documentation, and triangulation. Based on the results of research and discussion, it can be concluded  that; PAI SD KKG Group effectively improves teacher competence in Banyumas Regency based on the implementation of KKG activity programs, types of activity programs, successful activity planning, implementation of activity management, effectiveness of KKG in improving the competence of teachers  before and  after having held KKG; Obstacles in improving teacher competence, namely the difficulty of making the right strategy to attract teachers to participate in KKG activities, finding interesting, effective and efficient learning methods, determining media relevant to learning materials in the era of covid-19 protesters, low IT mastery and less maximal innovation. The support capacity of qualified and professional school personnel is still lacking, and insufficient existence; and the efforts that have been made by KKG in improving the competence of teachers determine the right strategy to attract teachers to follow the KKG is to bring up a varied program of activities.

 

(KKG merupakan wadah perkumpulan dan komunikasi antar guru mapel, begitu juga KKG PAI SD di Kabupaten Banyumas. Kegiatan ini merupakan wadah pengembangan kompetensi guru dengan memberikan berbagai bentuk kegiatan yang disesuaikan dengan protokol kesehatan pada masa pandemi ini. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa dan mendeskripsikan pelaksanaan KKG PAI SD dalam meningkatkan kompetensi guru di Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan deskritif analitik, alat pengumpulan data; observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; Kelompok KKG PAI SD efektif meningkatkan kompetensi guru di Kabupaten Banyumas berdasarkan pelaksanaan program kegiatan KKG, jenis program kegiatan, keberhasilan perencanaan kegiatan, pelaksanaan pengelolaan kegiatan, efektivitas KKG dalam meningkatkan kompetensi guru sebelum dan setelah diadakan KKG; Hambatan dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu sulitnya membuat strategi yang tepat untuk menarik minat guru mengikuti kegiatan KKG, menemukan metode pembelajaran yang menarik, efektif dan efesien, menentukan media yang relevan dengan materi pembelajaran di masa pendemi covid-19, penguasaan IT yang masih rendah dan inovasi yang kurang maksimal. Daya dukung personil sekolah berkualitas dan profesional masih kurang, dan belum mencukupi keberadaannya; dan Upaya-upaya yang telah dilakukan pengurus KKG PAI SD dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu dengan memunculkan program kegiatan yang variatif, sehingga guru yang mengikuti kegiatan KKG memiliki pengetahuan yang lebih baik di banding sebelumnya.)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, Rizqon Halal Syah. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7, no. 5 (2020): 395. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Asmani, Jamal Ma’ruf. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif Dan Inovatif. 19th ed. Yogyakarta: DIVA Press, 2015.

Asmuni, Asmuni. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7, no. 4 (2020): 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Budiani, Ni Wayan. “Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna ‘Eka Taruna Bhakti’ Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar, Bali.” Ekonomi Dan Sosial 2, no. 1 (2007): 49–57.

Budiman, Syahriyah Semaun D. Covid 19 Pandemi Dalam 19 Perspektif. Pare-Pare: IAIN Pare-Pare Dolok Masihul Press, 2020.

Daulay, Haidar Putra. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jakarta: Kencana, 2016.

DIKBUD, Bidang. “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.” Acta Pædiatrica, 2003. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x.

Ernawati. Workshop Pendidikan Matematika. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021.

Fajrin, Dessy Hidayati, Bertha Jean Que, Pitria Permatasari, Eka Deviany Widyawaty, Yuniasih MJ Taihuttu, and Mila Sari. Geliat Dunia Kesehatan Indonesia Di Masa Pandemi Covid 19. Jawa Barat: Penerbit Adab, 2020.

Fanani, Akhsin Aedi. “Pidato Akhsin Aedi Fanani Pesantren Ramadhan Online, (Banyumas, 2021),” 2021.

Fitrah, Muh, and Luthfiyah. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Suka Bumi: CV Jejak, 2017.

Gold, Ranto. “Dinas Pendidikan Banyumas Perpanjang Masa Belajar Di Rumah,” 2020. https://banyumasdaily.com/2020/06/03/dinas-pendidikan-banyumas-perpanjang-masa-belajar-di-rumah/.

Hadhiansyah, Agus, Wasitohadi, and Bambang Suteng Sulasmono. “Evaluasi Program KKG Gugus Muwardi.” JMSP: Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan 4, no. 2 Maret (2020): 113. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/.

Hamdayama, Jumanta. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara., 2017.

Herlambang, Adib Auliawan. “Bupati Banyumas Perpanjang Tanggap Darurat Covid-19 Hingga 31 Agustus,” 2020. https://www.ayosemarang.com/read/2020/08/05/61508/bupati-banyumas-perpanjang-tanggap-darurat-covid-19-hingga-31-agustus.

Hidayat, Syarif. Teori Dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri, 2015.

Indrawan, Irjun. Manajemen PAUD DMIJ PLUS Terintegrasi. Riau: DOTPLUS Publisher, 2020.

Indrawan, Irjus, Umi Masitah, Rabiatul Adabiah, Jauhari, and Titik Nikmatul Faizah. Guru Profesional. Klaten: Lakeisha, 2020.

JDIH BPK RI. “Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005.” Standar Nasional Pendidikan, no. 1 (2005): 1–95. http://peraturan.go.id/inc/view/11e44c4eb77760a08616313231363039.html.

———. “PP RI No. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan.” Acit 67, no. 6 (2007): 14–21.

Kalbar, Kanwil Kemenag. “Mengidentifikasi Permasalahan Guru PAI.” 30 Mei, 2016. https://kalbar.kemenag.go.id/id/berita/mengidentifikasi-5-permasalahan-guru-pai.

Keppres. “Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).” Keputusan Presiden 2019, no. February 2019 (2020): 1–13. https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/lt5e785d26406a8/keputusan-presiden-nomor-9-tahun-2020.

Lubis, Joharis, and Haidir. Administrasi Dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia: Optimalisasi Bagi Personel Sekolah Dan Korporasi. Jakarta: Kencana, 2019.

Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublisih, 2020.

Mona, Nailul. “Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia).” Jurnal Sosial Humaniora Terapan 2, no. 2 (2020): 117–25. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.86.

Mooduto, Yulanti S, and Suleman. “Implementasi Program KKg Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru SD Di Kabupaten Gorontalo.” Jurnal IDEAS: Pendidikan, Sosial Dan Budaya 5, no. 4 (2019): 411. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.229.

Musriadi. Profesi Kependidikan Secara Teoritis Dan Aplikatif Panduan Praktis Bai Pendidik Dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Deepublisih, 2018.

Pendis, Dirjen. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan KKG PAI SD. Dokumentasi Diambil Pada Tanggal 9 Maret, 2021.

RI, JDIH Kemenkeu. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005,” Guru Dan Dosen, Bab 2 Pasal 6,” 2005. https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2005/14tahun2005uu.htm.

RI, Kemenag. “Surat Keputusan Bersama 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik Tahun 2020/2021 Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19),” 2020. https://kemenag.go.id/archive/surat-keputusan-bersama-4-menteri-tentang-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-pada-tahun-ajaran-20202021-dan-tahun-akademik-tahun-20202021-di-masa-pandemi-corona-virus-disease-2019-covid-19.

Ritonga, Mahyudin, Ahmad Lahmi, Rimelfi Rimelfi, Fathul Bahri, and Ilyas Tuangku Bagindo. “Sosialisasi Pembuatan Soal Melalui Google Form Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pai.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 4 (2020): 347–54. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.456.

Rosyada, Dede. Madrasah Dan Profesionalisme Guru Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam Di Era Otonomi Daerah. 1st ed. Depok: Kencana, 2017.

SD, Bidang Pembinaan. “Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Seni Islami (MAPSI) Sekolah Dasar Tingkat Kota Semarang Tahun 2017,” 2017. http://disdik.semarangkota.go.id/v15/main/read/9/monbang/257/lomba-mata-pelajaran-pendidikan-agama-islam-dan-seni-islami-mapsi-sekolah-dasar-tingkat-kota-semarang-tahun-2017.

Sholehuddin. Pendidikan Islam Di Kota Metropolis: Studi Kebijakan Penyelenggaraan PAI Di Surabaya. Malang: Inteligensia Media, 2020.

Singh, Jaspreet. “COVID - 19 ’ s Impact on the Society.” Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities 2, no. April (2020): 0–5.

Sinombor, Sonya Hellen. “Demi Keselamatan Bersama, Perpanjang Pembelajaran Jarak Jauh.” Kompas, 2020. https://www.kompas.id/baca/dikbud/2020/05/30/demi-keselamatan-bersama-perpanjang-pembelajaran-jarak-jauh.

Soebardhy, Soebardhy and Samani, Muchlas and Ibrahim, Muslimin and Ispardjadi, Ispardjadi and Fatihudin, Didin and Holisin, Iis and Walidjo, Arief, Walidjo And, and Alimufti. Kapita Selekta Metodologi Penelitian. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.

Suyanto, and Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional, Strategi Meningkatan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga group, 2013.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. 4th ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional. “Pengelompokan Kriteria Risiko COVID-19 Di Daerah Berdasarkan Zonasi Warna,” n.d. https://bnpb.go.id/berita/pengelompokan-kriteria-risiko-covid19-di-daerah-berdasarkan-zonasi-warna.

Tolchah, Moch. “Rekonstruksi Program Kelompok Kerja Guru Sd/Mi Pendidikan Agama Islam Di Kecamatan Tambaksari Surabaya.” FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam 8, no. 2 (2018): 868. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/download/3226/2432/.

Ulum, Bahrul. Bodohnya NU Apa NU Dibodohi?: Menguji Khittah, Menerpong Pergeseran Paradigma Politik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2002.

Wardan, Khusnul. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Deepublisih, 2019.

Published
2021-08-03
Section
Articles