SPIRITUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: MENUJU KEBERAGAMAAN INKLUSIF PLURALISTIK

  • Edi Susanto
Abstract views: 665 , PDF downloads: 462

Abstract

Tulisan ini berusaha memotret carut marut pembelajaran pendidikan agama Islam yang  dipengaruhi oleh filosofi behavioristik mekanistik sehingga melahirkan produk  pembelajaran agama Islam yang cenderung intelektualistik-atomistik dan kurang menjiwa. Melalui pendekatan filosofis, diajukan konsep dalam upaya mengatasi carut marut pelaksanaan PAI melalui konsep spiritualisasi pendidikan agama Islam. Dengan basis filosofis konstruktivisme humanisme teosentris melalui strategi dan metode pelaksanaan yang dapat  mengapresiasi strategi dan metode apapun dengan syarat  dapat mengaktifkan siswa dan siswa sendiri  dapat mengkonstruksi pengetahuannya, semisal Paradigma Pedagogik Reflektif (PPR) yang lebih mengutamakan aktivitas siswa untuk menemukan  dan memaknai pengalamannya sendiri dan Strategi project  based learning  (PBL), suatu strategi pembelajaran kontekstual yang  memberdayakan siswa dengan memberi kesempatan kepadanya untuk berinteraksi secara  langsung dengan masyarakat di luar sekolah melalui magang  kerja sosial. Tulisan ini berusaha memberikan semisal solusi alternatif sembari menyadari keterbatasan kajian penelitiannya sehingga merekomendasikan perlunya penelitian dengan tema yang sama namun dengan lanskap dan pendekatan berbeda untuk menguji akurasi hasil penelitiannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-01-04
Section
Articles