SPIRITUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: MENUJU KEBERAGAMAAN INKLUSIF PLURALISTIK
Abstract views: 746
,
PDF downloads: 521
Abstract
Tulisan ini berusaha memotret carut marut pembelajaran pendidikan agama Islam yang dipengaruhi oleh filosofi behavioristik mekanistik sehingga melahirkan produk pembelajaran agama Islam yang cenderung intelektualistik-atomistik dan kurang menjiwa. Melalui pendekatan filosofis, diajukan konsep dalam upaya mengatasi carut marut pelaksanaan PAI melalui konsep spiritualisasi pendidikan agama Islam. Dengan basis filosofis konstruktivisme humanisme teosentris melalui strategi dan metode pelaksanaan yang dapat mengapresiasi strategi dan metode apapun dengan syarat dapat mengaktifkan siswa dan siswa sendiri dapat mengkonstruksi pengetahuannya, semisal Paradigma Pedagogik Reflektif (PPR) yang lebih mengutamakan aktivitas siswa untuk menemukan dan memaknai pengalamannya sendiri dan Strategi project based learning (PBL), suatu strategi pembelajaran kontekstual yang memberdayakan siswa dengan memberi kesempatan kepadanya untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat di luar sekolah melalui magang kerja sosial. Tulisan ini berusaha memberikan semisal solusi alternatif sembari menyadari keterbatasan kajian penelitiannya sehingga merekomendasikan perlunya penelitian dengan tema yang sama namun dengan lanskap dan pendekatan berbeda untuk menguji akurasi hasil penelitiannya.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2014-01-04
Issue
Section
Articles
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC-BY-NC)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.