PENINGKATAN MUTU PENULISAN SKRIPSI STAIN PAMEKASAN (Studi Tema dan Metode Penulisan Skripsi Program Studi PAI STAIN Pamekasan 2013-2014)

  • Fathol Khalik STAIN Pamekasan
Abstract views: 222 , Untitled downloads: 144

Abstract

Secara khusus riset ini akan mengungkap kecenderungan pemilihan tema-tema dan metode serta tempat riset yang dipilih mahasiswa ketika menulis skripsi serta kebijakan pengajuan judul skripsi di Program Studi (PS) Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Pamekasan. Penelitian ini merupakan jenis library research, dimana data tentang skripsi yang telah dikumpulkan, diklasifikasikan, diberikan kode yang meliputi tema, metode dan tempat riset skripsi. Selanjutnya dianalisis dengan SPSS 18 untuk melihat kecenderungan tempat, tema dan metode dalam penulisan skripsi serta kebijakan pengajuan skripsi mahasiswa PAI STAIN Pamekasan. Hasil riset menunjukkan kecederungan tema materi pelajaran dipilih 36 mahasiswa (12.2%), pendidik dipilih 35 orang (11.9%), proses pembelajaran sebanyak 29 mahasiswa (9.9%), peserta didik 27 orang (9.2%). Metode yang digunakan metode kualitatif (89%), sedangkan sisanya (11%) menggunakan metode kuantitatif. Tempat penelitian meliputi sekolah dipilih 201 mahasiswa (68%), madrasah 40 mahasiswa (13.6%), serta memilih penelitian skripsi di pesantren 39 mahasiswa (13.3%). Alternatif kebijakan pengajuan judul skripsi dengan berhadapan langsung dengan Ketua Program Studi (PS) PAI STAIN Pamekasan yang diatur sesuai dengan pengaturan di Jurusan Tarbiyah, serta pengajuan melalui on-line yang diajukan dengan cara melalui internet dengan memasukkan judul melalui email Progran Studi (PS) PAI STAIN Pamekasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Irwan. Konstruksi Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Alsa, Asmadi, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Arikunto, Suharsimi. Managemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 1995;

Blough, Donald S dan Patricia Mc Brige Blough, Experiments in Psychology: Laboratory Studies of Animal Behavior, London: Holt, Rinehar and Winston, Inc, 1990;

Edgerton, Suzan, dkk., Imagining The Academy: Higher Education and Popular Culture, New York: Routlege Falmer, 2005;

Hadi, Sutrisno, Bimbingan Menulis Skripsi, Tesis 2, Yogykarta: Andi Offset, 1993;

Ibrahim, Syukur. Panduan Penelitian Etnografi Komunikasi, Surabaya: Usaha Nasional, 1994;

Kerlinger, Fred N. Asas-Asas Penelitian Behavioral, Yogyakarta: UGM Press, 1990

Meleong, Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Remaja Rosda Karya, 2005;

Mercer, Neil. “Researching Common Knowledge: Studying The Content and Context of Educational Discourse” dalam Doing Educational Research, Londong: Routledge, 1991;

Murti dan Salamah, Metodologi Penelitian Bisnis Yogyakarta: Andi, 2005;

Suparmoko. Metode Penelitian Praktis, Yogyakarta: BPFE, 2009;

Salim, Agus, (peny). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial (Dari Denzin Guba dan Penerapannya), Yogyakarta: Tiara Wacana, 2001;

Suryadi dan Silmenes Porang. Penuntun Penyusunan Papar, Skripsi, Thesis dan Disertasi, Surabaya: Usaha Nasional, 1980;

Usman, Hasan. Metode Penelitian Sejarah, Mu’in Umar dkk (Pentj.) Jakarta: Departemen Agama RI, 1986;

Wallford, Geofley, “Reflexive Accounts of Doing Educational Research” dalam Doing Educational Research, Londong: Routledge, 1991;

Woods, Peter, Inside Schools: Ethnography in Educational Research, London: Roudlegde, 1986;

Anonim, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Pamekasan: STAIN Press, 2012;

Published
2015-05-02
Section
Articles