Perilaku Konsumsi Generasi Milenial Terhadap Produk Kosmetik dalam Islam (Studi Pemikiran Monzer Kahf)

  • Siti Nur Azizah Pascasarjana IAIN Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Desi Erawati IAIN Palangka Raya, Kalimantan Tengah
Abstract views: 514 , pdf downloads: 509

Abstract

Cosmetics and other beauty treatments are now a major need for women, especially the millennial generation. Millennials are a generation marked by changes or developments in life that can have an impact on the surrounding environment, people often refer to millennials as trend setters. In general, the findings of this study indicate significant changes in the way consumers spend their money. Consumption behavior based on Monzer Kahf's theory examines consumption ethics in Islam which can describe the consumption phenomenon that affects Muslims today, especially the millennial generation. This research is a descriptive research combined with literature research, namely a data collection method based on library data and relying on predetermined theories and concepts to be interpreted based on writing. The results of research on consumption behavior for cosmetic products carried out by the millennial generation are not fully consistent with the theory of consumption behavior implementation, because in the theory of consumption behavior based on Monzer Kahf's thinking, it emphasizes various interpretations of the application of the Islamic system. Where in the theory of its application, human choice and consumption of manufactured goods must fully comply with God's rules.

(Kosmetik dan perawatan kecantikan lainnya kini menjadi kebutuhan utama bagi wanita khususnya generasi milenial. Milenial adalah sebuah generasi yang ditandai dengan adanya perubahan atau perkembangan dalam kehidupan yang dapat memberikan pengaruh terhadap lingkungan sekitar, orang-orang sering menyebut milenial sebagai trend setter. Secara umum, temuan studi ini menunjukkan perubahan signifikan dalam cara konsumen membelanjakan uang mereka. Perilaku konsumsi yang didasarkan pada teori Monzer Kahf mengkaji etika konsumsi dalam Islam yang dapat menggambarkan fenomena konsumsi yang mempengaruhi umat Islam saat ini, khususnya pada generasi milenial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dipadukan dengan studi kepustakaan (literature research) yakni metode pengumpulan data berdasarkan data pustaka serta mengandalkan teori dan konsep yang telah ditetapkan sebelumnya untuk ditafsirkan berdasarkan tulisan. Hasil dari penelitian pada perilaku konsumsi terhadap produk kosmetik yang dilakukan oleh generasi milenial belum sepenuhnya sesuai pada teori penerapan perilaku konsumsi, karena dalam teori perilaku konsumsi berdasarkan pemikiran Monzer Kahf ialah menekankan berbagai interpretasi penerapan sistem Islam. Dimana dalam teori penerapannya, pilihan dan konsumsi manusia terhadap barang-barang manufaktur sepenuhnya harus sesuai dengan aturan Tuhan.)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arum Faiza, Sabila J. Firda. ARUS METAMORFOSA MILENIAL. Penerbit Ernest, n.d.

Awalia, Fadhila Tianti Mudi. “PERILAKU KONSUMSI KOSMETIK HALAL DALAM MEMBANGUN PERADABAN,” 2018.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan. “Cek Produk BPOM - BPOM RI.” Accessed November 6, 2022. https://cekbpom.pom.go.id/.

Corinna, Arlinda Nidia, and Eko Fajar Cahyono. “Pola Perilaku Konsumsi Generasi Millenial Terhadap Produk Fashion Perspektif Monzer Kahf : Studi Kasus Mahasiswi Universitas Airlangga.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 6, no. 2 (January 22, 2020): 319. https://doi.org/10.20473/vol6iss20192pp319-330.

Furqon, Imahda Khoiri. “TEORI KONSUMSI Dalam ISLAM.” Adzkiya : Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah 6, no. 1 (May 9, 2018). https://doi.org/10.32332/adzkiya.v6i1.1169.

Haq, Arina Milatal, Navis Daris Salamah, and Muhammad Mundzir. “Asketisme Dalam Al-Qur’an: Dari Teosentris Menuju Antroposentris (Studi Tafsir Maqashidi).” SYAHADAH : Jurnal Ilmu al-Qur’an Dan Keislaman 9, no. 2 (2021): 83–115.

Haryanti, Retno. “Krim Pemutih Wajah dan Keamanannya.” Farmasetika.com (Online) 2, no. 3 (May 25, 2017): 5. https://doi.org/10.24198/farmasetika.v2i3.15888.

Hidayah, Nurul. “Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswi Pengguna Perawatan Wajah Di Klinik Kecantikan Kota Surabaya (Kajian Simulakra, Simulasi dan Hiperealitas J.P Baudrillard).” Paradigma 2, no. 3 (August 20, 2014). https://ejournal.unesa.ac.id.

Izzah, Siti Nailul. “KONSUMSI DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM MONZER KAHF.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 5, no. 3 (October 29, 2021): 1973–89. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1640.

Jenita, Jenita, and Rustam Rustam. “KONSEP KONSUMSI DAN PERILAKU KONSUMSI ISLAM.” JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam) 2, no. 1 (June 1, 2017): 75–84. https://doi.org/10.15548/jebi.v2i1.69.

Kusuma, Aryanti Muhtar, Maulida Ainul Hikmah, and Aufarul Marom. “Pengaruh Islamic Branding, Kualitas Produk, Dan Lifestyle Terhadap Minat Pembelian Produk Skincare Pada Generasi Millenial Di Kabupaten Kudus.” BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 8, no. 2 (December 30, 2020): 289–302. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.9165.

Kuhlil Hidayah, Luthfiana Basyirah, “Prinsip Islam Pada Service Excellent: Tinjuan Islamic Marketing Mix di Sakinah Supermarket, Surabaya”, Nuansa Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan Islam, http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/nuansa/article/view/4851.

Ngasifudin, Muhammad. “RASIONALITAS EKONOMI ISLAM.” Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 4, no. 2 (September 26, 2018). https://doi.org/10.29300/aij.v4i2.1217.

Pratiwi, Rhesa Zuhriya Briyan. “Perempuan Dan Kontes Kecantikan.” An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam 10, no. 2 (July 6, 2018). https://doi.org/10.34001/an.v10i2.785.

PUJIYONO, Arif. “TEORI KONSUMSI ISLAMI.” Jurnal Dinamika Pembangunan (JDP) Volume 3, no. Nomor 2 (December 2006). http://eprints.undip.ac.id/16974/.

Ramdania, Wida, Novita Irawati, and Nurrohman Nurrohman. “KONSEP KONSUMSI DAN KESEJAHTERAAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.” IQTISADIYA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam 7, no. 14 (November 16, 2020). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/iqtisadiya/article/view/10171.

Septiana, Aldila. “ANALISIS PERILAKU KONSUMSI DALAM ISLAM.” Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam 2, no. 1 (January 1, 2015). https://doi.org/10.21107/dinar.v2i1.2688.

Sriwahyuni, Eka Sriwahyuni. “PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM MONZER KAHF.” Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 3, no. 2 (September 1, 2017). https://doi.org/10.29300/aij.v3i2.1195.

Zakiah, Selviana. “TEORI KONSUMSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.” El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam 2, no. 2 (September 5, 2022): 180–94. https://doi.org/10.35194/eeki.v2i2.2515.

Zakkie (Penyunting), Janet M. Ruane, M. Shodiq Mustika (Penerjemah), Irfan M. Penelitian Lapangan; Saksikan dan Pelajari: Seri Dasar-Dasar Metode Penelitian. Nusamedia, 2021.

Published
2023-10-03
Section
Articles