PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA EDUKASI ISLAMI PADA MATERI HAJI DAN UMRAH

  • Muhammad Ihsan Siregar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Azka Aulia Ma`adani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Sodri Nur Muhsin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Himawan Putranta Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Abstract views: 201 , PDF downloads: 220

Abstract

Bagi kebanyakan anak, belajar merupakan suatu hal yang membosankan dan terkesan merupakan formalitas yang telah berjalan. Media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan menjadi sangat penting, karena dengan media tersebut anak akan belajar dengan senang dan dapat memahami materinya dengan baik. Tujuan dari produk "Ular Tangga Edukasi Islam" ini tentu untuk menyediakan sarana pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa. Proses pengembangan produk ini mengkolaborasikan permainan ular tangga dengan memasukkan edukasi keislaman di dalamnya. Pengembangan produk "Ular Tangga Edukasi Islam" menggunakan metode 4D yang terdiri dari empat tahap: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pada tahap Define, kebutuhan dan tujuan pembelajaran diidentifikasi. Pada tahap Design, desain permainan dan materi edukasi dikembangkan. Pada tahap Develop, prototipe permainan dibuat dan diujicobakan untuk melihat efektivitas dan kelayakannya. Terakhir, pada tahap Disseminate, produk disebarkan untuk digunakan lebih luas. Dari hasil uji kelayakan, media ini mendapatkan rata-rata persentase 83,34% pada aspek tampilan, bahan media, pembelajaran, dan materi. Dengan melihat potensi dan manfaat produk ini, "Ular Tangga Edukasi Islam" diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan minat individu terhadap ajaran Islam, menjadi alat pembelajaran yang inovatif dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, R., Rahmawati, H., & Inayah, R. A. (2022). Alat Peraga Edukatif Ular Tangga Fiqih (Ultafi) Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 44-50.
Ferryka, Putri Zudhah. (2017). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika Di sekolah dasar. Jurnal Magistra Vol 29 No 100 Juni Halaman 58-64.
Gebi, S., Mardongan, K., Julianda, R., & Kusyanto, E. (2021). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(2), 357-364. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Hamruni. (2009). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Haris, Ismawati dan Nurjannah. “Penggunaan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Matematika”, Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, Volume 1, No.2, Agustus 2022.
Hastiwi, F., Ratnaningsih, A., & Suyoto, S. (2021). Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Teori Belajar Behavioristik pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 1 Pucangagung. Syntax Idea, 3(8), 1834-1846. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1418
Herdianti, N. P., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1592-1603.
Irawan, A. dan M. A. Wardani. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Matematika Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama”, J. Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 1, No. 4, 2016.
Karo, K., Rasyid, I., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Matematika.
Kinasih, A. R. (2023). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN LITERASI MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA KELAS IV SD NEGERI 1 BAYEMHARJO.
Kurniati, P., M. F. A. Untari, dan J. Sulianto. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Penjumlahan Puluhan Menggunakan Metode Permainan Media Ular Tangga,” J. Educ. Action Res., Vol. 4, No. 4, 2020.
Mulyani, S. (2016). Media Pembelajaran Interaktif. Bandung: Alfabeta.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiwati. (2013). Metode Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Kelompok A di TK Ria Baruk Utara VIII/35 Rungkut-Surabaya. Jurnal Universitas Negeri Surabaya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington, IN: Center for Innovation in Teaching the Handicapped, Indiana University.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2, 23–27. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2, 23–27. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Yuni, Y. A., Zulhanan, Z., & Sodikin, S. (2019). Pengembangan Permainan Ular Tangga Bernuansa Islami Untuk Pembelajaran IPA. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 194–203. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4343
Zuhriyah, Amifatuz. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah”, Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 3, Issue. 2, 2020.
Published
2025-04-26
Section
Journal Articles