IMPLEMENTASI LITERASI TEKNOLOGI DAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI UPAYA MEMFASILITASI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI MA


Abstract
Kemajuan teknologi membawa perubahan yang sangat signifikan bagi dunia pendidikan. Penerapan teknologi literasi dan media digital menjadi hal yang penting untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan. Namun pada dasarnya ditemukan bahwa masih banyak pendidik yang belum mampu mengintegrasikan teknologi ke dalam kegiatan pembelajarannya. Selain itu, pendidik belum dapat dikatakan terampil dalam menerapkan teknologi ke dalam proses pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi lapangan dengan teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Madrasah Aliyah Mazro'atul Huda Karanganyar Demak, dengan responden 24 siswa kelas 10B dan 1 guru Pendidikan Agama Islam.
Hasil penelitian menemukan bahwa dengan penerapan teknologi literasi dan media digital pada pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah sudah berjalan cukup baik dan berhasil memfasilitasi gaya belajar peserta didik, dengan hasil 18 peserta didik yang melampaui Kriteria Kualifikasi Standar Minimal (KKM) dan 3 peserta didik tidak melampaui KKM.
Downloads
References
Hasriadi. “Metode Pembelajaran Inovatif Di Era Digitalisasi.” Jurnal Sinestesia 12, no. 1 (2022): 136–51. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161.
Heryani, Ani, Nurul Pebriyanti, Tin Rustini, and Yona Wahyuningsih. “Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS Di SD Kelas Tinggi.” Jurnal Pendidikan 31, no. 1 (2022): 17. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977.
Mastoah, Imas, Zulela MS, and Mohamad Syarif Sumantri. “Meningkatkan Literasi Digital Menggunakan Media Game Edukasi Kreatif.” Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar 9, no. 1 (2022): 69–80. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.6316.
Nikensari, Sri Indah, Suparno, and Yuanda Eka Putri. “Pemetaan Literasi Data, Literasi Teknologi, Dan Literasi Manusia Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Koperasi Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pemetaan, 2016, 1–23.
Nisa, Ayu Karimatun, Nailatul Muna, and Rizky Fadhillah. “Manfaat Penggunaan Media Literasi Digital Pada Minat Belajar Siswa MI Miftahul Huda Lamongan.” Jurnal Wawasan Sarjana Lembaga Jurnal Dan Publikasi Universitas Muhammadiyah Buton 2, no. 3 (2023): 136–47. https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/wawasanhttps://doi.org/10.35326/wawasan.v8i4.4701.
Salsabila, Unik Hanifah, and Niar Agustian. “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran.” Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (2021): 123–33.
Sari, Yunita, and Dan Hendri Prasetya. “Literasi Media Digital Pada Remaja, Ditengah Pesatnya Perkembangan Media Sosial.” Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi 8, no. 1 (2022): 12–25.
Tristiani, Ayu Putu, I Ketut Suartana, and I Wayan Suryanto. “Penerapan Literasi Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produk Cake Dan Kue Indonesia.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 2 (2023): 251–59. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i2.1998.
Wahyuni. “Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Aliyah Al-Mawasir Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu.” STAIN Palopo, 2010.
Copyright (c) 2025 Ery Sulistiyaningtyas, David Ari Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.