Cooperative Learning Dalam Bahasa Arab: Metode Belajar di MA Nurul Huda

  • Satriadi satriadi satriadi UIN Maliki
  • Muassomah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract views: 78 , pdf downloads: 98

Abstract

The paper elaborates about the application of Arabic learning with the Cooperative Learning method, along with the results obtained after applying this method to 11 students of class XI MA Nurul Huda Pandan Jaya. This research used a qualitative descriptive approach with observation, interview and documentation research instruments. The results showed that the applied Cooperative Learning method is able to affect student’s outcomes, besides that students are more motivated to think more critically in solving problems in the form of discussions, and are more courageous to express their arguments both in their groups and to deliver to the class.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Satriadi satriadi satriadi, UIN Maliki

Satriadi, Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

References

Alwan, M., “Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Mts”, Jurnal Al-Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 2020.

Dalimunthe, M., & Suyanti, R. D. Pembentukan karakter dan peningkatan hasil belajar kimia siswa sma melalui pengintegrasian strategi dan media pembelajaran pada materi hidrokarbon. -, 5(02), 2016.

Erita, S., “Beberapa model, pendekatan, strategi, dan metode dalam pembelajaran matematika”, Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 1, No. 2, 2016.

Herianto, A., & Ibrahim, I., “Analisis Efektivitas, Kelebihan Dan Kekurangan Desain Model Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Lingkungan Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Di Pulau Lombok”, Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia, pp. 17-27, 2018.

Irawan, F. J., & Ningrum, N. (2016), “Pengaruh penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan (PKWU) siswa Kelas X semester Genap SMK Negeri 1 Metro Tp 2015-2016”, PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, Vol. 4, No. 2, 2016.

Isjoni, Cooperative Learning, Bandung: Alfabeta, 2009.

Israil, I., “Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan”, Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, Vol. 5, No. 2, 2019.

M. Nafiur Rofiq, “Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Falasifa. Vol. 1, No. 1, 2010

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B., Metodologi Penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, 2004.

Murbaetty, N. S. “PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR METODE PEKERJAAN SOSIAL JAKARTA”, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 4, No. 1, 2017.

Nurhadi, Pembelajaran Kontextual (Contextual Teaching dan Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK, Malang: UIN Press, 2004.

Nurlaila, N., & Muassomah, M., “The Collaboration of Herbart Method with Cooperative Learning: Optimizing writing Skills at IAIN Madura”, Alsinatuna: Journal of Arabic Linguistics and Education, Vol. 5, No. 2, 2020.

Rochmawati, I., Sutarto, J., & Anni, C. T., “Pengembangan Model Cooperative Learning Melalui Chained Games untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun”, Journal of Primary Education, Vol. 6, No. 2, 2017.

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D., “Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif)”. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, Vol. 3, No. 2, 2020.

Wahyuni, A., & Abadi, A. M., “Perbandingan keefektifan pembelajaran Cooperative Learning type STAD dan type TPS pada pembelajaran bangun ruang siswa SMP”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 2, 2014.

Wirati, N. N., “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penanganan Barang Bawaan Tamu Melalui Model Cooperatif Learning dengan Teknik Bermain Peran (Role Play)”, Journal of Education Action Research, Vol. 4, No. 4, 2020.

Zaman, B, “Implementation of Cooperative Learning Strategies in Islamic Religious Education”. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), Vol. 3, No. 2, 2020.

Published
2021-07-23