Peranan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Focus Group Discussion untuk Meningkatkan Ketrampilan Learning Time Management pada Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tingkat keterampilan manajemen waktu belajar yang harus dimiliki oleh peserta siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti dan mendapatkan informasi sebarapa besar tingkat perkembangan keterampilan learning time management peserta didik setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan tehnik focus group discussion. Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan sumber bacaan yang relevan dan tersedia terkait dengan topik yang dibahas dalam penelitian. Sampel artikel jurnal yang diambil sebanyak 5 dan menggunakan proses screening. Desain penelitian menggunakan table ekstraksi data dari 5 artikel jurnal yang digunakan sebagai studi pustaka untuk dilakukan analisis uraian pembahasan. Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa peningkatan manajemen waktu belajar yang berartiterjad(Gunawan 2018)i apabila setelahnya diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan tehnik focus discussion group. Dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh positif yang signifikan terhadap keterampilan peserta didik dalam manajemen waktu belajar”.
Downloads
References
NISA BELLA, VIVIEN. 2019. “PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE KISAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA.” UIN Raden Fatah Palembang 22–59.
Purnamasari ASuroso S. 2020. “Time Management to Reduce Delays in Middle School Students.” Proceedings of the ICECERS 8. doi: 10.21070/icecrs2020409.
Ulfa Luthfiyanti, Supardi, dan Agus Setiawan. 2020. “PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR.” 15(September):27–35.
Wahyu Riyanto, Yusmansyah, Diah Utaminingsih. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Menggunakan Bimbingan Kelompok Pada Siswa SMA Improove.”
Waluyati, Made. 2020. “Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar.” Jurnal Edutech Undiksha 8(1):80. doi: 10.23887/jeu.v8i1.27089.
Yeni Rahma Nanda, Syahriman, Vira Afriyati. n.d. “PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PEMANFAATAN WAKTU SENGGANG SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 5 BENGKULU SELATAN Yeni.” Consilia 4(3):283–92.
Zainab, Siti, and Kasyful Anwar. 2020. “Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume 6 Nomor 3 Tahun 2020 Tersedia Online : Https://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/AN-NUR BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK FOCUS GROUP DISCUSSION KONSELING DI MTS PANGERAN ANTASARI Dipublikasikan O.” 6:1–4.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).