Peranan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Focus Group Discussion untuk Meningkatkan Ketrampilan Learning Time Management pada Peserta Didik

  • Awalin Widyastuti Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Kun Widya Nurfiani Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Glonda Aji Desembra Universitas Slamet Riyadi Surakarta
Abstract views: 579 , PDF downloads: 567
Keywords: Group Guidance, Focus Group Discussion, Time Management

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tingkat keterampilan manajemen waktu belajar yang harus dimiliki oleh peserta siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti dan mendapatkan informasi sebarapa besar tingkat perkembangan keterampilan learning time management peserta didik setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan tehnik focus group discussion.  Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan sumber bacaan yang relevan dan tersedia terkait dengan topik yang dibahas dalam penelitian. Sampel artikel jurnal yang diambil sebanyak 5 dan menggunakan proses screening. Desain penelitian menggunakan table ekstraksi data dari 5 artikel jurnal yang digunakan sebagai studi pustaka untuk dilakukan analisis uraian pembahasan. Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa peningkatan manajemen waktu belajar yang berartiterjad(Gunawan 2018)i apabila setelahnya diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan tehnik focus discussion group. Dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh positif yang signifikan terhadap keterampilan peserta didik dalam manajemen waktu belajar”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, Ronny. 2018. “Peran Tata Kelola Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Di Sekolah.” Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan 1(1):1–16. doi: 10.33541/sel.v1i1.766.
NISA BELLA, VIVIEN. 2019. “PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE KISAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA.” UIN Raden Fatah Palembang 22–59.
Purnamasari ASuroso S. 2020. “Time Management to Reduce Delays in Middle School Students.” Proceedings of the ICECERS 8. doi: 10.21070/icecrs2020409.
Ulfa Luthfiyanti, Supardi, dan Agus Setiawan. 2020. “PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR.” 15(September):27–35.
Wahyu Riyanto, Yusmansyah, Diah Utaminingsih. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Menggunakan Bimbingan Kelompok Pada Siswa SMA Improove.”
Waluyati, Made. 2020. “Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar.” Jurnal Edutech Undiksha 8(1):80. doi: 10.23887/jeu.v8i1.27089.
Yeni Rahma Nanda, Syahriman, Vira Afriyati. n.d. “PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PEMANFAATAN WAKTU SENGGANG SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 5 BENGKULU SELATAN Yeni.” Consilia 4(3):283–92.
Zainab, Siti, and Kasyful Anwar. 2020. “Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume 6 Nomor 3 Tahun 2020 Tersedia Online : Https://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/AN-NUR BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK FOCUS GROUP DISCUSSION KONSELING DI MTS PANGERAN ANTASARI Dipublikasikan O.” 6:1–4.
Published
2022-02-27
Section
Articles