Pengaruh Tingkat Suku Bunga Bank Indonesia Terhadap Pendapatan Margin Murabahah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2017-2018

  • Nurul Imamah Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 135 , PDF downloads: 133

Abstract

Perkembangan Bank Umum Syariah di Indonesia tidak lepas dari perkembangan produk-produk yang ada di dalam lembaga keuangan syariah. Salah satu produk yang mendominasi pada BUS ialah murabahah. Murabahah merupakan jual beli yang ditambah dengan margin dalam harga jualnya. Dalam persaingan dengan bank konvensional seharusnya bank syariah menawarkan margin yang lebih rendah dan kompetitif namun pada kenyataannya, margin justru lebih besar dari pada suku bunga perbankan. Berkaitan dengan margin, Muhammad menyatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi besarnya margin ialah suku bunga berjalan.
Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh tingkat suku bunga Bank Indonesia terhadap pendapatan margin murabahah pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2017-2018; kedua: peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat suku bunga Bank Indonesia terhadap pendapatan margin murabahah pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2017-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis regresi data panel pendekatan Random Effect Model (REM), dan pengumpulan data melalui dokumentasi karena data dalam penelitian ini berupa data sekunder. Objek dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang telah memenuhi kriteria-kriteria tertentu sehingga berjumlah 6 Bank Umum Syariah. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat suku bunga Bank Indonesia mempunyai pengaruh terhadap pendapatan margin murabahah. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan hasil estimasi random effect model bahwa variabel tingkat suku bunga Bank Indonesia (X) menunjukkan nilai probabilitas 0.0075 < 0.05 dan nilai R-square sebesar 0.049188. Dari hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 4,9% dan sisanya 95,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-30