Budaya Konsumerisme dan Teori Kebocoran di Kalangan Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini mengkaji perubahan nilai religius budaya kerapan sapi da-lam perjalanan sejarahnya. Budaya kerapan sapi yang mulanya lebih di-persepsikan sebagai teologi tradisional kemudian mengalami perubahan makna ke arah teologi pasar. Dalam hal ini, perubahan yang terjadi ada-lah dalam aspek significant symbols yang tidak kelihatan (covert) menjadi significant symbols yang kelihatan (overt). Perubahan ini terkait dengan suatu sikap mental orang Madura, yang mulanya kerapan sapi merupa-kan simbol nilai religius-tradisional, seperti kesopanan, rasa hormat, kesederhanaan, dan rekreasi terarah berubah menjadi simbol ekonomi dan prestise yang permisif dan hedonis (berorientasi pasar), serta menjadi ajang untuk meraih citra serta pengakuan terhadap status sosial dan sta-tus ekonomi yang lebih tinggi. Perubahan ini juga berimplikasi pada mo-tivasi orang Madura dalam memiliki dan memelihara sapi kerapan yang semakin bersifat ekonomis dan prestise.
Copyright (c) 2016 by KARSA. All right reserved
Downloads
References
Ancok, Djamaludin. 2004. Psikologi Terapan : mengupas dinamika kehidupan umat manusia. Yogyakarta : Darussalam Offset
Asy’arie, Musa Islam; Etos Kerja dan Pemberdayaan Ekonomi Umat, cet. 1 (Yogyakarta: LeSFI bekerjasama dengan IL, 1997
David Chaney. Lifestyles: Sebuah Pengantar Komprehensif. Terj. Nuraeni. Yogyakarta : Jalasutra. 2003
Elizabeth B, Hurlock. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi kelima. Jakarta: Erlangga
Featherstone, Mike, Postmodernisme dan Budaya Konsumen, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
Febriana, Ismi. Psikologi Konsumtif, http://mhikkyu.blogspot.com/. Diakses pada tanggal 6 Desember 2011, pukul 14.21 WIB Rifki, Muhammad. Remaja dan Konsumerisme. http://www.sosbud.kompasiana.com, diakses 11 November 2011, pukul 22.40 WIB.
al-Ghazali, al-Mustasfa, Beirut: Dar al-Fikr, tt. Al-Juwaini, Abu al-Ma’ali Abd al-Malik bin Abdullah, al-Burhan, Kairo; Dar al-Ans}a>r,
Gregorius, Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005
Hafiduddin, Didin dan Setiawan Budi Utomo, (Jakarta: Robbani Press, 1997
Pujiono, Teori Konsumsi Islami, dalam Jurnal Dinamika Pembangunan, vol. 3 no. 2/Desember 2006
Qardhawi, Yusuf al, Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam , Terj. Didin Hafiduddin dan Setiawan Budi Utomo, (Jakarta: Robbani Press, 1997
Reza A. A. Wattimena, Filsafat dan Sains Sebuah Pengantar, (Jakarta: PT Grasindo, 2008.
http://kbbi.web.id/bocor diakses tanggal 3 juli 2016
Ramdan , Al-Buti, Muhammad Sa’id, Dawabit al-Maslahah fi asy-Syari’ah al-Islamiyah, Beirut: Mu’assasah al-Risa>lah, 1990, al-Shatibi, al-Muwafaqat fi Usul al-Ahkam, (Beirut: Dar al-Fikr, tth).
Samuelson, Paul dan William D. Nordhaus, Mikro Ekonomi: Edisi Keempatbelas, (Macroeconomics, Fourteenth Edition), alih bahasa Haris Munandar dkk, cet. V,(Jakarta: Erlangga, 1997
Siska Purkasih, Masalah Konsumerisme di Kalangan Remaja, http://www.siskapurkasih.blogspot.com, diakses 11 November 2011, pukul 22.40 WIB
Sonsaka, Mastur. Remaja dalam kubangan Konsumerisme, http://www.mastursonsaka.wordpress.com, diakses 11 november 2011, pukul 22.40 WIB
Simamora, Bilson, Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008
Lorens Bagus, Kamus Filsafat, Ed. 1., ( et. III; Jakarta: Gramedia, 2002
Khan Muhammad Akram, The Role of Government in the Economy “ The Amirican Jornal of Isla>m ic Social Science. Vol.14, No.2, 1997,
Kahf, Monzer, Ekonomi Isla>m : Telaah Analitik terhadap Fungsi Sistem Ekonomi Isla>m , (Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1995
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran-Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, (Jakarta: Erlangga,2000
Muhammad. Ekonomi Mikro Dalam Persfektif Isla>m , ( Yogyakarta : BPFE. 2005
Mannan, Teori dan Prakrtek Ekonomi Isla>m (edisi terjemahan). Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf. 1997.
Moningka, C Konsumtif: antara Gengsi dan Kebutuhan. online] (http://www.suarapembaruan.com/News/2006/12/13/urban/urb02.htm) diakses tanggal 30 juni 2016.
Naqvi, Nawab Heidar. Etika dan Ilmu Ekonomi; Suatu Sintesis Islami, terj. Husin Anis dan Asep Hikmat, cet. 3, Bandung: Mizan, 1993
Nazir, Moh.. Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia, 1983
Zainiyatul Afifih, Penggunaan living mahasiswa bidikmisi universitas trunojoyo, 2016.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial Share-Alike license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.