IDENTITAS BUDAYA MADURA

  • Taufiqurrahman Taufiqurrahman
Abstract views: 1716 , PDF downloads: 3922

Abstract

Taufiqurrahman

 

(Dosen tetap pada Jurusan Syari’ah Prodi Ahwal Al-Syahsiyah STAIN Pamekasan dan

Pengapu Matakuliah Islam dan Budaya Madura)

 

 

 

Abstrak :

Masyarakat Madura dikenal memiliki budaya yang khas, unik, stereotipikal, dan stigmatik. Identitas budayanya itu dianggap sebagai deskripsi dari generalisasi jatidiri individual maupun komunal etnik Madura dalam berperilaku dan berkehidupan. Kehidupan mereka di tempat asal maupun di

perantauan kerapkali membawa dan senantiasa dipahami oleh komunitas etnik lain

atas dasar identitas kolektifnya itu. Akibatnya, tidak jarang di antara mereka

mendapat perlakuan sosial maupun kultural  secara fisik dan/atau psikis

yang dirasakan kurang proporsional.

Berbagai deskripsi perilaku absurd orang-orang Madura terbiasa diungkap dan ditampilkan  misalnya,

dalam forum-forum pertemuan komunitas intelektual (well-educated) sehingga kian mengukuhkan generalisasi identitas mereka dalam nuansa tersubordinasi, terhegemonik, dan

teralienasi dari “pentas budaya” berbagai etnik lainnya sebagai elemen

pembentuk budaya nasional.Dalam konteks religiusitas,

masyarakat Madura dikenal memegang kuat (memedomani) ajaran Islam dalam

pola kehidupannya kendati pun menyisakan “dilema,” untuk menyebut adanya deviasi/kontradiksi antara ajaran Islam (formal dan substantif) dan pola perilaku sosiokultural dalam praksis keberagamaan mereka itu. Pengakuan bahwa Islam sebagai ajaran formal yang diyakini dan dipedomani dalam

kehidupan individual etnik Madura itu ternyata tidak selalu menampakkan

linieritas pada sikap, pendirian, dan pola perilaku mereka.

Kata Kunci :

Madura, etnografi,identitas, perilaku,

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-05-01
How to Cite
Taufiqurrahman, Taufiqurrahman. 2012. “IDENTITAS BUDAYA MADURA”. KARSA Journal of Social and Islamic Culture 11 (1), 1-11. https://doi.org/10.19105/karsa.v11i1.143.
Section
Original Articles