Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses penerapan metode bermain peran dalam kegiatan pembelajaran pada anak, (2) faktor-faktor yang mendukung dalam penerapan metode bermain peran, (3) faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan metode bermain peran. Penelitian ini berfokus pada penerapan metode bermain peran pada perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain (KB) di Sekolah Al-Munawwarah Pamekasan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan bermian peran pada KB Al-Munawwarah merupakan salah satu metode yang digunakan dalam mengembangkan aspek sosial-emosional anak dan teradapat beberapa faktor yang dapat mendukung dan menghambat proses penerapan metode bermain peran ini. Beberapa faktor pendukung diantaranya, media, kreatifitas guru, teknik mengajar, dan antusiasme anak. Sedangkan faktor pengambat meliputi, egosentrisme anak, anak belum disiplin, anak cenderung pemalu.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.
Fadlillah, M. Filasofa, Lilif Muallifatul Khorida. Dkk. 2014. Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Majid, Abdul Aziz Abdul. 2001. Mendidik Dengan Cerita. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rachmawati, Anggit. 2014. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di RA Nuru Ihsan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. (Dalam Jurnal Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Suriyati, Abas Yusuf, Dan Dkk. Peningkatan Sosial Emosional Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Keranjik Kecamatan Tanah Pinoh. (Dalam Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini)
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Wiyani, Novan Ardy. 2014. Mengelola & Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wiyani, Novan Ardy. & Barnawi. 2014. Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Yusuf LN, Syamsu. Sugandhi, Nani M. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).