Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga

  • Rani Handayani UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Abstract views: 8112 , PDF downloads: 6328
Keywords: Pola-pola; Pengasuhan; Anak usia dini; Keluarga.

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil studi literatur dengan berlatar belakang pada pola asuh yang diberikan orang tua terhadap anak usia dini. Pola asuh orang tua dalam keluarga berarti kebiasaan orang tua, ayah dan ibu, dalam memimpin, mengasuh, dan membimbing anak dalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pola-pola pengasuhan terhadap anak usia dini oleh orang tua. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan teknik pengumpulan informasi dari berbagai sumber tertulis. Berdasarkan hasil penelitian dari sumber yang di dapat, ditarik kesimpulan bahwa pola asuh orang tua merupakan interaksi antara anak dan orang tua selama pengasuhan. Sikap orangtua ini meliputi cara orang tua memberikan aturan-aturan, hadiah maupun hukuman, cara orang tua menunjukkan otoritasnya, dan cara orang tua memberikan perhatian serta tanggapan terhadap anaknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayun, Qurrotu. 2017. Pola Asuh Orangtua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufulA : Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Vol.5, N0.1, Januari-Juni

Binus University. 2018. Pola Asuh Orang Tua dan Pengaruhnya pada Anak. Dari https://parent.binus.ac.id/2018/08/pola-asuh-orangtua-dan-pengaruhnya-pada-anak/. Diakses tanggal 29 August 2018.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasanah, U. 2016. Pola asuh orangtua dalam membentuk karakter anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 72–82.

Helmawati. 2016. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayah, Rifa. 2009. Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: UIN-Malang Press.

Junaidi, W. 2010. Macam-Macam Pola Asuh Orang Tua. Dari Http: www.blogspot.com. Diakses tanggal 22 Maret 2010.

Latifah, Atik. 2020. Peran Lingkungan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, JAPRA : Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Volume 3, Nomor 2, September.

Mariyana, dkk, 2010.Pengelolaan Lingkungan Belajar (Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Muslimah, Jamiatul. 2020. PolaAsuh Orang Tua Dan Perkembangan Moral Anak Usia Dini (StudiKasus di Tk Al-Ghazali Jl. Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan), Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.Vol 1. No 1.

Novrinda, dkk. 2017. Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Tinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia :PG-PAUD FKIP UNIB, Vol. 2 No . 1.

Rakhmawati, Istina. 2015. Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak, Konseling Religi : Jurnal Bimbingan dan konseling Islam Vol. 6, No. 1, Juni.

SapaniTanjung, Pratiwi, dkk. 2020. Pengaruh Pola Komunikasi Verbal Orang Tua Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(3),3380-3386.

Syarifah, Hidayatus. 2017. Pendidikan dalam Keluarga ,RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah Volume 2 Nomor 1, Juni.

Wiyani, NovanArdy. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Yulsyofriend. 2013. Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press

Published
2021-08-28
Section
Articles