Institusi Pesantren Sebagai Local-Genius Mampu Bertahan Menghadapi Ekspansi Modernisasi Pendidikan

Samsul Bahri

Abstract


Tulisan ini mengkaji Institusi Pesantren sebagai kearifan-lokal mampu bertahan menghadapi ekspansi modernisasi pendidikan. Metode yang digunakan adalah deskriptif-analitis dengan pendekatan sosiologis-hostoris. Studi ini menyimpulkan bahwa pesantren sebagai kearifan-lokal mempunyai daya tahan yang kuat dalam menghadapi ekspansi modernisasi pendidikan, hal ini dikarenakan institusi pesantren memiliki modal tradisi yang dipegangi, proses pendidikan, serta sesuai dengan teori sosial fungsional dalam sebuah organisasi.

 (This paper examines the Islamic Boarding School Institution as local wisdom able to withstand the expansion of education modernization. The method used is descriptive-analytical with a sociological-hostoris approach. This study concludes that pesantren as local wisdom has strong resilience in facing the expansion of education modernization, this is because pesantren institutions have traditional capital that is held, education process, and in accordance with functional social theory in an organization.)


Keywords


Pesantren, Modernisasi, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Anwar, Ali. Pembaharuan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri. (Jakarta: Disertasi UIN Syarif Hidayatullah, 2008)

Arifin, M. Kapita Seletakta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Arifin, Imron, Kepemimpinan Kiai: Kasus Pondok Pesantren Tebuireng, Malang: kalimasahada, 1993

Asrohah,Hanun, Pelembagaan Pesantren: Asal Usul dan Perkembangan Pesantren di Jawa, Jakarta: Bagian Proyek Peningkatan Informasi Penelitian dan Diklat Keagamaan Departemen Agama RI. 2004

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam;Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana, 2000

Baso, Ahmad. Pesantren Studies 2a, Kosmopolitanisme Peradaban Kaum Santri di Masa Kolonial, Juz Pertama. Jakarta: Pustaka Afid, 2012

Bruinessen, Martin van. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat:Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan, 1999

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren, Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES, 2011

Faturahman, Pupuh. Keunggulan Pendidikan Pesantren; Alternatif Sistem Pendidikan Terpadu Abad XXI. Bandung: Tunas Nusantara, 2000

Ritzer, George dan Goodman J. Doglas. Teori Sosiologis Modern, terj. Alimadan. Jakarta: Prenada, 2004

Haedari, Amin. Jurnal Pondok Pesantren Mihrab, vol. II No. 1 Juli 2007

Hiroko, Horikoshi, Kiai dan Perubahan Sosial, terjemahan Umar Baslim dan Andy Muarly Sunrawa. Jakarta: P3M, 1987

Khafidin, Zaenal. ”Model Pendidikan Pesantren Madrasah,” dalam Jurnal Penelitian, STAIN Kudus, Vol. 2, No. 1, 2008

Khozin,Wakhid dkk, Pendidikan Kewargaan Pada Komunitas Pesantren, Jakarta: Prasasti, 2007

Mahduri, M. Annas dkk. Pesantren dan Pengembangan Ekonomi Umat: Pesantren al-Ittifaq dalam Perbandingan. Jakarta: Depag RI, 2002

Madjid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren;Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina 1997

Mahfudh, Sahal. Nuansa Fiqih Sosial. Yogjakarta: LkiS, 1994.

Mardiyah. ”Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi: di Pondok Pesantren Modern Gontor, Lirboyo Kediri, dan Tebuireng Jombang”, Jurnal , Vol. 8. No. I. April 2012.

Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994

-----------. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Muchlis Solihin, Mohammad. “Modenisasi Pendidikan Pesantren”, Jurnal Tarbiyah, Tadris, STAIN Pemekasan,Volume 6, Nomor 1 Juni 2011.

Mudzhar, Atho. “Pesantren Transformatif: Respon Pesantren Terhadap Perubahan Sosial”

Munawwar Mansur, Fadlil,”Kekayaan Budaya Pesantren”, dalam Jurnal Humaniora. Fakultas Ilmu Budaya UGM, Volume xiv, No. 2/2004

Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh-Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000

-------------. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa, 2003

Raehani. Islam dan Kemajemukan Indonesia, Studi Kasus Pesantren dan Pendidikan Multikultural. (Annual Conference on Islamic Studies (ACIS) ke-10, Bajarmasin: 2010. 14.

Rahardjo, Dawam. ”Mozaik Pesantren”, Jurnal Modernisasi Manajemen Pendidikan Pesantren”, Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren: PT. Ababil Citra Media, Edisi 02/Tahun I/Nopember 2005

Husni, Rahim, Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2005

Steenbrink, Karel A. Pesantren Madrasah Sekolah. Jakarta: LP3ES, 1986

Suparta, Mundzier. Perubahan Orientasi Pondok Pesantren Salafiyah, Terhadap Prilaku Keagamaan Masyarakat Keagamaan. Jakarta: Asta Buana Sejahtera, 2009

Zarkasyi, Abdullah Syukri. Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jakarta: Rajawali, 2005

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012

Wahid, Abdurrahman. Menggerakkan Tradisi-Tradisi Pesantren, Yogyakarta: LKiS, 2010

_____________, Bunga Rampai Pesantren; Kumpulan Karya Tulis. Jakarta: Dharma Bhakti, 1984




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/nuansa.v16i2.2470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

Lisensi Creative Commons
Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam is published by Research Institute and Community Service of IAIN Madura and distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Based on the creation http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/nuansa/index


Flag Counter


Indexed by: