Workshop media pembelajaran berbasis kurikulum merdeka untuk meningkatkan Technological Knowledge (TK) Guru SDN No. 60 Lembang

  • Rezki Amaliyah AR Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, Majene 91412
  • Murtafiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, Majene 91412
  • Nursafitri Amin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, Majene 91412
  • Nur Rahma K Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, Majene 91412
  • Radiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, Majene 91412
  • Nurhikma Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, Majene 91412
  • Lili Rahmawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, Majene 91412
  • Siti Rahma Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, Majene 91412
Abstract views: 150 , PDF downloads: 115
Keywords: learning media, Technological Knowledge, Independent Curriculum

Abstract

Implementing the Merdeka Belajar curriculum requires teachers to master technology (technological knowledge) in learning. However, until now, many teachers in schools still have not optimally mastered technology to carry out learning due to a lack of understanding of using information technology-based learning media. This condition impacts the learning process ineffectiveness due to the learning loss during the coronavirus pandemic and students' enthusiasm for learning because they cannot study independently at home. To resolve the issue, it is necessary to improve the ability of teachers to manage the learning process by utilizing information technology-based learning media, such as e-books based on multimedia learning. Through the Participatory Action Research, the service activities were carried out by conducting workshops and teacher assistance in designing information technology-based learning media in the form of e-books or flipbooks that contain multimedia content with the help of the Canva-heyzine application. The results revealed that there was an increase in teachers' technological abilities in designing multimedia-based learning media.

(Penerapan kurikulum merdeka belajar menuntut guru untuk menguasai teknologi (technological knowledge) dalam pembelajaran. Namun, hingga saat ini, penguasaan teknologi untuk melaksanakan pembelajaran masih banyak yang belum optimal karena kurangnya pemahaman menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi. Kondisi ini berimbas kepada kurang efektifnya proses pembelajaran yang mengakibatkan terjadinya learning loss di masa pandemi virus corona dan berkurangnya semangat belajar siswa karena tidak mampu belajar secara mandiri di rumah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu meningkatkan kemampuan guru dalam mengelolah proses pembelajaran dengan memanfaatkan media-media pembelajaran berbasis teknologi informasi seperti penggunaan e-book berbasis multimedia pembelajaran. Dengan pendekatan Participatory Action Research, kegiatan pengabdian dilakukan menggunakan metode workshop dan pendampingan guru dalam mendesain media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi berupa e-book berbentuk flipbook yang memuat konten multimedia dengan bantuan aplikasi canva-heyzine. Sasaran peserta workshop adalah guru-guru SDN No. 60 Lembang. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan kegiatan ini yaitu terdapat peningkatan kemampuan teknologi guru dalam mendesain media pembelajaran berbasis multimedia.)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, H. M., & Kambau, A. R. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Ahmad, S., Zen, Z., Masniladevi, Kenedi, A. K., & Sherlyane, H. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Technological Pedagogic Content Knowledge Guru Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 7(2), 950–956.

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 150–157. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Aptika Kominfo. (2020). Laporan Hasil Survei Literasi Digital Indonesia Tahun 2020. sumber: https://aptika.kominfo.go.id/wp-content/uploads/2020/11/Survei-Literasi-Digital-Indonesia-2020.pdf

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2022). A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Andi.

Arifin, N. A., Ismail, I., Daud, F., & Azis, A. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarkat UNM, 468–472.

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., Azhar, F. L. N., Pratiwi, R. I., Almadevi, M., Farras, N. M., Azzahra, S. T., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. SEMINAR NASIONAL STATISTIKA X.

Fatah, M., Suud, M. F., & Chaer, T. M. (2021). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif pada Siswa Smk Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea, 19(1), 89-102. http://dx.doi.org/10.30595/psychoidea.v19i1.6026

Fitriyana, H., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2021). Analisis Kemampuan Technological Knowledgecalon Guru Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 348-355. http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i42021p348

Ganes, S. W., & Imam, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Ecoducation Journal, 5(1), 1-15. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v5i1.1882

Humairah, E. (2022). Penggunaan Buku Ajar Elektronik (E-Book) Berbasis Flipbook Guna Mendukung Pembelajaran Daring di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Batch 1, 66–71. https://prosiding.amalinsani.org/index.php/semnas/article/download/8/18

Iseu, S. P., Nana, H., & Aan, S. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34-48. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100

Kismawati, R., Ernawati, T., & Winingsih, H. P. (2022). Pengembangan E-Komik Berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Sistem Pencernaan bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 359–370.

Masadeh, M. (2012). Training, Education, Development and Learning: What is the Difference? Europan Scientific Journal, 8(1).

Nursyam, A. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811–819. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agun. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283/7745

Purwasi, L. A., & Refianti, R. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar. Community Engagement & Emergence Journal, 3(3), 320–332. https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej

Rosyid, A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan bagi Guru Indonesia di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 446-454.

Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699–1703.

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Syamsidar, S., Hasanuddin, H., & Yunus, S. R. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 24 Makassar (Studi pada Materi Pokok Sistem Pencernaan). Jurnal IPA Terpadu, 7(1), 62–70. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.27311

Umiyati, D., & Joko, S. M. (2014). Perbandingan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar antara Siswa Kelas X.6 dengan Kelas X.7 pada Mata Pelajaran Biologi Materi Virus (Study Kasus di SMAN 1 Sukagumiwang – Indramayu). UPEMASI-PBIO, 1(1), 106–108.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-10

Published
2023-12-27
Section
Articles