Meningkatkan Semangat Belajar di Rumah dengan Teknik Mind Mapping pada Siswa Kelas 1 SD di Dusun Rokoro Desa Taro’an, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan

  • Indah Kuratul Aini Islamic Business and Economics Faculty, IAIN Madura.
  • Ali Nurhadi Tarbiyah Faculty, IAIN Madura
Abstract views: 371 , PDF downloads: 507
Keywords: Covid-19, study at home, mind mapping

Abstract

The Covid-19 pandemic has shifted teaching and learning activities from school to home. Students are given homework as a way of learning at home. However, this only burdens students and parents. We need a way to increase students’ enthusiasm for learning. Therefore, the purpose of this study is to increase enthusiasm of student in learning at home with mind mapping techniques. It also aims to overcome their boredom in doing assignments that are piled up due to Covid-19 besides not understanding the subject matter. The research method used is action research, because this study applies an action learning at home using mind-mapping techniques. The results showed that learning by using mind mapping technique is able to improve the spirit of student learning because basically, they like learning with media images. Therefore, learning to use mind mapping is highly recommended for use because it can increase the enthusiasm for learning.

(Pada masa pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar dialihkan dari sekolah menjadi belajar di rumah. Siswa diberikan tugas rumah sebagai cara belajar di rumah. Namun, hal itu justru membebani siswa dan orang tua sehingga diperlukan cara untuk meningkatkan semangat belajar para siswa. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan semangat belajar siswa di rumah dengan teknik mind mapping dan untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam mengerjakan tugas yang menumpuk akibat Covid-19 sementara mereka tidak memahami materi pelajaran dengan baik. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan, karena penelitian ini menerapkan suatu tindakan belajar di rumah menggunakan teknik mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar dengan menggunakan teknik mind mapping mampu meningkatkan semangat belajar siswa karena pada dasarnya, siswa menyukai belajar dengan media gambar. Oleh sebab itu, belajar menggunakan mind mapping  sangat diajurkan untuk digunakan karena mampu meningkatkan semangat belajar.)

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Indah Kuratul Aini, Islamic Business and Economics Faculty, IAIN Madura.
Mahsiswa Program Studi Akuntansi Syariah, IAIN Madura
Ali Nurhadi, Tarbiyah Faculty, IAIN Madura
Dosen IAIN Madura

References

Ali, N., Atiqullah, & Mubah, H. Q. (2019). Penguatan Pembelajaran PKBM Putro Wali dengan Model Lesson Study di Ponpes Nurul Ulum Tagrineh Manoan Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Pêrdikan: Journal of Community Engagement, 1(2), 61–68.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Pores Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(1), 47–53.

Indonesia, C. N. N. (2020, September 6). Pengguna Internet Kala WFH Corona Meningkat 40 Persen di RI. Diambil 6 September 2020, dari Teknologi website: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200408124947-213-491594/pengguna-internet-kala-wfh-corona-meningkat-40-persen-di-ri.

Kemendikbud Rilis Hasil Survei Evaluasi Belajar dari Rumah. (2020, Mei 5). Diambil 9 Juni 2020, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-rilis-hasil-survei-evaluasi-belajar-dari-rumah

Mahmudah, N., & Supiah. (2018). Pemberdayaan Pada Anak-anak Dolly di SMA Antartika Surabaya dengan Metode Asset Based Community Development. Madani, 1(1), 17–29.

Oebadillah, S. (2020, Maret 18). Belajar di Rumah Bukan Bebani Siswa Dengan Tugas [Humaniora].

Sakarebau, J. (2015). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96–111.

Sarya, I. W. (2015). Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V, 96–99.

Sholel, K., & Afriani, S. (2016). Teknik Mind Mapping sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa SMA. JPSE, 26–45.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pernada Media Group.

Zulkarnain, I., & Sari, N. A. (2014). Model Penemuan Terbimbing dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 240–249.

Published
2020-06-07
Section
Articles