Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Pembiayaan Tabarok Pada BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan
Abstract
Dalam era perdagangan bebas, setiap perusahaan menghadapi persaingan yang ketat. Agar bisa berhasil dalam bisnis yang kompetitif, pelaku bisnis harus menawarkan promosi yang tepat dengan pelayanan yang berstandart sehingga akan menciptakan kepuasan pelanggan yang merupakan indikator penting untuk pengukuran kinerja pengoperasian bisnis perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket/kuesioner. Model analisi data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 4,340 dengan tingkat signifikan sebesar 0,016 (lebih kecil dari signifikan 0,05), sedangkan nilai Ftabel sebesar 1,703. (2) dari hasil analisis data terlihat bahwa besarnya Adjust R2 adalah 0,675 atau 67,5%. (3) dari hasil uji t variabel promosi (X1) diperoleh thitung sebesar 1,980 dengan taraf sig. 0,000. Nilai t tabel untuk model regresi yaitu 1,969. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000< 0,05 dan nilai thitung 1,980 > t tabel 1,969, sedangkan untuk variabel brand image (X2) diperoleh thitung sebesar 2,043 dengan taraf sig. 0,001. Nilai ttabel untuk model regresi adalah 1,969. Sehingga keputusannya variabel brand image lebih berpengaruh (dominan) terhadap keputusan nasabah tabarok pada BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Downloads
The copyright for the article belongs fully to the "Mabny: Journal of Sharia Management and Business," and the publishing rights are entirely held by IAIN Madura Press.