Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Air Mineral Kemasan Adeni Di Kabupaten Pamekasan

  • Ainol Yakin Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 487 , PDF downloads: 465

Abstract

Di tengah keadaan perekonomian yang semakin sulit menyebabkan banyak terjadi persaingan di berbagai bidang kehidupan, salah satunya persaingan dalam dunia bisnis. Banyak perusahaan yang saling berlomba-lomba untuk mendapatkan pangsa pasarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengethui pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan distribusi yang mempunyai pengaruh dominan terhadap terhadap Kepuasan Konsumen Produk Adeni di Kabupaten Pamekasan dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 104 orang konsumen. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas meliputi kualitas produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan distribusi (X4); Variabel terikat kepuasan konsumen (Y). Berdasarkan hasil analisis data serta pembahasan, maka kesimpulan penelitian ini adalah secara simultan, kualitas produk, harga, promosi dan distribusi (variabel bebas) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja (variabel terikat) Produk Adeni di Kabupaten Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Distribusi mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap kinerja guru, dibuktikan dengan nilai F hitung adalah sebesar 3.556 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 (lebih kecil dari 0,05). Secara parsial, Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Distribusi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terhadap Kepuasan Konsumen Produk Adeni di Kabupaten Pamekasan, Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung masing-masing variabel bebas yaitu : kualitas produk nilai t hitungnya sebesar 4.719 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003, harga nilai t hitungnya sebesar 2.351 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.001, promosi nilai t hitung sebesar 3.113 dengan tingkat signifikansi 0.004 dan distribusi nilai t hitung sebesar 3.063 dengan tingkat signifikansi 0.003 ( lebih kecil dari 0,05). Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa semua variabel bebas secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terhadap Kepuasan Konsumen Produk Adeni di Kabupaten Pamekasan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-30