Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Private Label Indomaret
Abstract
Salah satu strategi pengusaha ritel modern untuk meningkatkan penjualan adalah melalui produk private label (product private label). PT. Indomarco Prismatama adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang ritel modern (minimarket Indomaret) yang mengembangkan private label sebagai salah satu strategi untuk mendapatkan keunggulan kompetitif di sektor ritel. Produk private label yang dikembangkan berkaitan erat dengan penilaian konsumen berdasarkan persepsi masing-masing konsumen. Dalam penelitian ini akan dikaji bagaimana pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian produk private label yaitu dilihat dari faktor persepsi harga, persepsi kualitas produk, dan persepsi risiko. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif. Sumber data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang pernah membeli atau mengkonsumsi produk private label Indomaret Plus Kabupaten Pamekasan. Sampel yang digunakan berjumlah 96 responden yang ditentukan menggunakan metode Sampling Insidental. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh signifikan, sedangkan variabel persepsi kualitas produk dan persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan. Namun, secara simultan semua variabel persepsi konsumen harga, persepsi kualitas produk dan persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk private label Indomaret Plus Jl. Jokotole No. 22 Kabupaten Pamekasan.
Downloads
The copyright for the article belongs fully to the "Mabny: Journal of Sharia Management and Business," and the publishing rights are entirely held by IAIN Madura Press.