Pengaruh Fashion Involvement, Promosi, Religiusitas terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotion sebagai Variabel Intervening pada Pakaian Thrift di Salatiga
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fashion involvement, promosi, religiuisitas terhadap impulse buying dengan shopping emotion sebagai variabel intervening pada pakaian thrift di Salatiga. Penelitian ini menggunakan sebanyak 100 sampel yang disebarkan kepada masyarakat Salatiga yang memiliki minat terhadap pakaian thrift. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, kemudian data yang diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 25. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji statistik melalui uji Ttest, Ftest, serta koefisien determinasi (R2 ), uji path analisis, dan uji sobel test. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa fashion involvement, promosi dan shopping emotion berpengaruh secara positif signifikan terhadap impulse buying, sedangkan religiusitas mendapatkan hasil positif namun tidak signifikan terhadap impulse buying. Kemudian shopping emotion mampu memediasi fashion involvement, promosi dan religiusitas terhadap impulse buying pada pakain thrift di Salatiga.
Downloads
The copyright for the article belongs fully to the "Mabny: Journal of Sharia Management and Business," and the publishing rights are entirely held by IAIN Madura Press.