REPRESENTASI PESAN-PESAN DAKWAH DALAM FILM AYAT-AYAT CINTA

  • Sri Wahyuningsih Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang PO. BOX 02 Kamal, Bangkalan, Madura
Abstract views: 261 , PDF downloads: 1173
Keywords: Ayat-Ayat Cinta, Semiotika, Roland Barthes, verbal, nonverbal

Abstract

Film memiliki potensi untuk memengaruhi dan membentuk masyarakat
berdasarkan muatan pesan dibaliknya. Salah satu film yang cukup fenomenal
adalah film Ayat-Ayat Cinta. Film ini sarat dengan pesan-pesan dakwah.
Karenanya, kajian ini dilakukan untuk mengetahui representasi pesan-pesan
dakwah secara verbal dan nonverbal dalam film Ayat-Ayat Cinta. Kajian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis
semiotika Roland Barthes untuk mengetahui makna denotatif, makna
konotatif, dan mitos/ideologi yang tersembunyi dalam film tersebut. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, studi kepustakaan,
dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film AyatAyat

Cinta merupakan film yang merepresentasikan pesan-pesan dakwah,
baik  pesan verbal maupun pesan nonverbal. Pesan-pesan dakwah verbal ada
yang bersifat mengajak, seperti anjuran menikah, menjunjung tinggi
perempuan, dan berperilaku adil dalam berpoligami, hubungan sesama
Muslim. Ada yang bersifat melarang, seperti dilarang bersentuhan dengan
yang bukan mahramnya. Demikian juga, pesan-pesan dakwah nonverbal ada
yang bersifat mengajak, seperti menjaga pandangan untuk menghindari zina
mata dan mengerjakan shalat sebagai media komunikasi spiritual, dan ada
yang bersifat melarang, seperti aurat laki- laki.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-02-24
How to Cite
Wahyuningsih, Sri. 2015. “REPRESENTASI PESAN-PESAN DAKWAH DALAM FILM AYAT-AYAT CINTA”. KARSA Journal of Social and Islamic Culture 21 (2), 315-39. https://doi.org/10.19105/karsa.v21i2.524.
Section
Original Articles