Stimulasi pengembangan Kognitif Anak melalui Media Tanaman dengan Pembelajaran Berbasis STEAM

  • Viti Fatimah TK Islam Terpadu Nurul Hidayah Sampang
  • Nurul Ismaiyah TK Islam Terpadu Nurul Hidayah Sampang
Abstract views: 116 , PDF downloads: 130
Keywords: Steam learning; child cognitive; plant media

Abstract

Pendidikan anak usia dini bertujuan untu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mencerdaskan kehidupan bangsa. TKIT Nurul Hidayah Sampang melakukan pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics), dan HOTS (Higher Order Thinking Skill), pembelajaran tersebut mampu menstimulasi perkembangan kognitif anak sesuai tahapan usia dengan peningkatan keseluruhan aspek perkembangan anak. Metode penelitian yang dipilih merupakan penelitian kualitatif naturalistic, peneliti mengkaji setiap kejadian yang terjadi secara riil. Sumber data diperoleh dari pendidik dan anak. tekhnik pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan terhadap kualitas pembelajaran anak dan memiliki pengaruh terhadap pendidikan kognitif dan pemahaman anak dalam memecahkan masalah. Hal ini nampak pada pencapaian delapan dari sepuluh anak mencapai perkembangan sesuai harapan dan dua diantaranya mulai berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharun, Hasan, and Febri Deflia Finori. 2019. “Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital.” Jurnal Tatsqif .
Baharun, Hasan, Zamroni Zamroni, Amir Amir, and Latifatus Saleha. 2020. “Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Dadan, Suryana. 2021. PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Teori Dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.
Debeturu, Balandina, and Elisabeth Lanny Wijayaningsih. 2019. “Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Magic Puffer Ball.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Desmariani, Evi, Aprillia Puspita, and Universitas Adzkia. 2021. “Penerapan Kurikulum Kearifan Lokal Budaya Alam Minangkabau Berbasis Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbahasa Daerah Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Kota Padang
Limbong, Irmayani, Muniroh Munawar, and Nila Kusumaningtyas. 2019. “Perencanaan Pembelajaran Paud Berbasis Steam ( Science, Technology, Eingeneering, Art, Mathematic ).” Seminar Nasional PAUD 2019, 203–12.
Muri, Yusuf. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Cetakan 4. Jakarta: KENCANA.
Novi, Mulyani. 2018. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Rita, Nofianti. 2021. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edited by Astuti Ria. Pertama. Tasikmalaya, Jawa Barat.
Rosyada, Dede. 2020. Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: KENCANA PRENADAMEDIA GROUP.
Published
2024-05-15
Section
Conference