Pengaruh Alat Permainan Edukatif Alphabet Dominoes Card Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A di RA Ihyaul Ulum Kecamatan Kedamean Gresik

  • Umi Masturoh STAI Al Azhar Menganti
  • Fitrianti Wulandari STAI Al Azhar Menganti
  • Jessica F Maharani Universitas Pendidikan Mandalika Mataram
Abstract views: 382 , PDF downloads: 249
Keywords: Alat Permainan Edukatif, Alphabet dominoes, Mengenal Huruf

Abstract

Salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada pendidikan anak usia dini yaitu kemampuan dalam mengenal huruf. Sebelum melawati tahap pengenalan huruf kepada anak yang nantinya diharapkan si anak mampu pada tahap membaca dengan baik dan benar maka tahap dasar yang harus diberikan adalah tahap mengenal gambar. Anak usia dini tidak perlu dituntut untuk bisa membaca namun setidaknya si anak diharapkan mampu mengenal dan memahami simbol huruf dasar sebagai bekal ia bisa lancar membaca untuk level jenjang berikutnya. Membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Jika sejak dini anak tidak dikenalkan dengan tahapan membaca dasar hingga anak juga tidak memiliki kemampuan memahami kosa kata sederhana, maka anak tersebut akan mengalami hambatan dalam mempelajari berbagai bidang studi. Pengenalan membaca pada anak usia dini dimulai dari tahap yang paling dasar yakni tahapan belajar membaca gambar, lalu tahap membaca gambar dan huruf hingga tahap membaca sebuah kata sederhana. Anak yang kemampuan mengenal symbol huruf belum maksimal akan megalami kesulitan dalam belajar membaca. Penggunaan alat permainan edukatif alphabet dominoes card diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh alat permainan edukatif alphabet dominoes card terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di RA Ihyaul Ulum Kecamatan Kedamean Gresik yang berjumlah 23 anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen One-group Pretest-Posttest design. Untuk mengetahui adanya pengaruh alat permainan edukatif alphabet dominoes card terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak, penelitian ini menggunakan statistik  non-parametrik dengan teknik  analisis data Wilcoxon Match Pairs Test yang dimana jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian < 30, sehingga menggunakan tabel penolong Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil dari analisis data diketahui perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan alat permainan edukatif alphabet dominoes card terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A. Hal tersebut dapat dilihat dari T tabel > T hitung dimana  harga T tabel yang jumlah subjek 23 anak dengan taraf signifikan 5%  maka T tabel = 73, sedangkan T hitung = 0. Jadi, ada pengaruh penggunaan alat permainan edukatif alphabet dominoes card tehadap kemapuan mengenal huruf pada anak kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 1997. Alat permainan edukatif Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

D’Nealin & Standard. 2009. Domino Alfabet. http://www.firstschool.ws/THEME/printables/dominoes- alphabet.htm, diakses pada tanggal 2 Maret 2020, pukul 14.20 WIB).

Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan Dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Siswanto.

Mikarsa, dkk. 2008. Pendidikan Anak Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Musfiqon, HM. 2012. Perkembangan Alat permainan edukatif dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Rahim, Faridah. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Safitri, Dewi & Lestarinungrum, Anik. 2021. Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5 – 6 Tahun. KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. E-ISSN : 2716-1641; P-ISSN: 2716-0572. http://kiddo@iainmadura.ac.id

Subini, Nini. 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jakarta: Javalitera.

Sudono, A. 1992. Sumber Belajar dan Permainan Anak Usia Dini.

Jakarta:Grasindo.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R & D.

Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar pendidikan Anak

Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT. Bintang

Pustaka Insan Madani.

Team Dafa Publishing. 2010. Mengajari Bayi Membaca.

Yogyakarta: Dafa Publishing.

Valley. 2011. Jurus Rahasia Menyulap Si Kecil Pintar Membaca.

Jakarta: PT elex Alat permainan edukatif komputindo.

Wiyani, Novan Ardy dan Barnawi. 2012. Format Paud. Jakarta: Ar-

ruzz Alat permainan edukatif

Zaman, dkk. 2006. Alat permainan edukatif dan Sumber Belajar

TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published
2022-02-25
Section
Articles