Pengaruh Alat Permainan Edukatif Alphabet Dominoes Card Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A di RA Ihyaul Ulum Kecamatan Kedamean Gresik
Abstract
Salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada pendidikan anak usia dini yaitu kemampuan dalam mengenal huruf. Sebelum melawati tahap pengenalan huruf kepada anak yang nantinya diharapkan si anak mampu pada tahap membaca dengan baik dan benar maka tahap dasar yang harus diberikan adalah tahap mengenal gambar. Anak usia dini tidak perlu dituntut untuk bisa membaca namun setidaknya si anak diharapkan mampu mengenal dan memahami simbol huruf dasar sebagai bekal ia bisa lancar membaca untuk level jenjang berikutnya. Membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Jika sejak dini anak tidak dikenalkan dengan tahapan membaca dasar hingga anak juga tidak memiliki kemampuan memahami kosa kata sederhana, maka anak tersebut akan mengalami hambatan dalam mempelajari berbagai bidang studi. Pengenalan membaca pada anak usia dini dimulai dari tahap yang paling dasar yakni tahapan belajar membaca gambar, lalu tahap membaca gambar dan huruf hingga tahap membaca sebuah kata sederhana. Anak yang kemampuan mengenal symbol huruf belum maksimal akan megalami kesulitan dalam belajar membaca. Penggunaan alat permainan edukatif alphabet dominoes card diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh alat permainan edukatif alphabet dominoes card terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di RA Ihyaul Ulum Kecamatan Kedamean Gresik yang berjumlah 23 anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen One-group Pretest-Posttest design. Untuk mengetahui adanya pengaruh alat permainan edukatif alphabet dominoes card terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak, penelitian ini menggunakan statistik non-parametrik dengan teknik analisis data Wilcoxon Match Pairs Test yang dimana jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian < 30, sehingga menggunakan tabel penolong Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil dari analisis data diketahui perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan alat permainan edukatif alphabet dominoes card terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A. Hal tersebut dapat dilihat dari T tabel > T hitung dimana harga T tabel yang jumlah subjek 23 anak dengan taraf signifikan 5% maka T tabel = 73, sedangkan T hitung = 0. Jadi, ada pengaruh penggunaan alat permainan edukatif alphabet dominoes card tehadap kemapuan mengenal huruf pada anak kelompok.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 1997. Alat permainan edukatif Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
D’Nealin & Standard. 2009. Domino Alfabet. http://www.firstschool.ws/THEME/printables/dominoes- alphabet.htm, diakses pada tanggal 2 Maret 2020, pukul 14.20 WIB).
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan Dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Siswanto.
Mikarsa, dkk. 2008. Pendidikan Anak Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Musfiqon, HM. 2012. Perkembangan Alat permainan edukatif dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Rahim, Faridah. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Safitri, Dewi & Lestarinungrum, Anik. 2021. Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5 – 6 Tahun. KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. E-ISSN : 2716-1641; P-ISSN: 2716-0572. http://kiddo@iainmadura.ac.id
Subini, Nini. 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jakarta: Javalitera.
Sudono, A. 1992. Sumber Belajar dan Permainan Anak Usia Dini.
Jakarta:Grasindo.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar pendidikan Anak
Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT. Bintang
Pustaka Insan Madani.
Team Dafa Publishing. 2010. Mengajari Bayi Membaca.
Yogyakarta: Dafa Publishing.
Valley. 2011. Jurus Rahasia Menyulap Si Kecil Pintar Membaca.
Jakarta: PT elex Alat permainan edukatif komputindo.
Wiyani, Novan Ardy dan Barnawi. 2012. Format Paud. Jakarta: Ar-
ruzz Alat permainan edukatif
Zaman, dkk. 2006. Alat permainan edukatif dan Sumber Belajar
TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).