Desain Interior Pendidikan Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Nurud Dholam

  • Faizzatul Hasanah RA Muslimat NU Nurud Dholam
  • Thorik Aziz IAIN MADURA
  • Habibah RA Riyadul Ulum Pamekasan
Abstract views: 1229 , PDF downloads: 1200
Keywords: Desain, interior, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Desain interior berkenaan dengan perancanaan, penataan, menata, dan merancang ruang-ruang dalam sebuah bangunan. Kaitannya dengan pendidikan anak usia dini adalah penataan ruangan dan perlengkapan menyesuaikan kebutuhan anak. Hal ini penting diketahui oleh pihak sekolah sebagai penyedia lingkungan belajar anak. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskripstif kualitatif yang dilakukan di RA Muslimat NU Nurud Dholam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui  perencanaan, elemen-elemen yang perlu ditata dan penataan ruang (desain interior) yang dilakukan oleh RA Muslimat NU Nurud Dholam. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan di dokumentasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan desain interior dilakukan oleh guru dengan persetujuan kepala RA sebelum pembelajaran, dengan penyusunan beberapa elemen dalam persyaratan tata ruang di dalam lingkungan belajar, yaitu: layout (tata letak), ukuran dan luas, arah ruang, jenis ruang, dinding, lantai, atap dan plafon, pintu ruang kelas, sirkulasi dan pencahayaan, serta pemilihan dan penataan perbot. Semua itu dilakukan agar pembelajaran nyaman dan menyenangkan sehingga perkembangan anak dapat terstimulus secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Halimah, S. Upaya Guru dalam Pembentukan Akhlak Anak di Raudlotul Athfal Baipas Raidlotul Jannah Kota Malang.Jurnal Dewantara, 1(1), 1-6.

Kurnia, Rita. (2018). Desain Interior Kelas Anak Usia Dini. Riau: UR Press Pekan Baru.

McKibbin, B. (2007). Deep economy: The wealth of communities and the durable future. New York: Times Books/Henry Hold and Co.

Moleong, J. Lexy. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Prasetya, Natasha. (2012). Kajian Aspek Interior Ruang Belajar dan Bermain pada Taman Kanak-Kanak di Surakarta.Dimensi Interior, 10 (1), 23-32.

Purnomo, Kresna Adi. (2010). Desain Interior Sekolah Taman Kanak-Kanak Cuypers Global School di Surakarta (dengan Pendekatan Konsep Modern). Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Saedah, Waqiatul Masruroh, Thorik Aziz. (2020). Peran Guru Dalam Mendidik Akhlak Anak usia Dini (Studi Kasus Di RA. Miftahul Ulum Ragang Kecamatan Waru Pamekasan). Jurnal KIDDO, Vol. 1, No. 1.

Triandriani, Noviana S, Ema Yunita T. (2014). Penataan Ruang Kelas yang Sesuai dengan Aktivitas Belajar (Kasus:PAUD Kuncup Matahari dan PG/RA Mutiara Bhima Sakti Sidoarjo). Jurnal RUAS, 12 (1), 66-75.

Yusuf, Farida. Dkk. (2018). Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini (Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Published
2022-02-10
Section
Articles