Desain Interior Pendidikan Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Nurud Dholam
Abstract
Desain interior berkenaan dengan perancanaan, penataan, menata, dan merancang ruang-ruang dalam sebuah bangunan. Kaitannya dengan pendidikan anak usia dini adalah penataan ruangan dan perlengkapan menyesuaikan kebutuhan anak. Hal ini penting diketahui oleh pihak sekolah sebagai penyedia lingkungan belajar anak. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskripstif kualitatif yang dilakukan di RA Muslimat NU Nurud Dholam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perencanaan, elemen-elemen yang perlu ditata dan penataan ruang (desain interior) yang dilakukan oleh RA Muslimat NU Nurud Dholam. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan di dokumentasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan desain interior dilakukan oleh guru dengan persetujuan kepala RA sebelum pembelajaran, dengan penyusunan beberapa elemen dalam persyaratan tata ruang di dalam lingkungan belajar, yaitu: layout (tata letak), ukuran dan luas, arah ruang, jenis ruang, dinding, lantai, atap dan plafon, pintu ruang kelas, sirkulasi dan pencahayaan, serta pemilihan dan penataan perbot. Semua itu dilakukan agar pembelajaran nyaman dan menyenangkan sehingga perkembangan anak dapat terstimulus secara optimal.
Downloads
References
Halimah, S. Upaya Guru dalam Pembentukan Akhlak Anak di Raudlotul Athfal Baipas Raidlotul Jannah Kota Malang.Jurnal Dewantara, 1(1), 1-6.
Kurnia, Rita. (2018). Desain Interior Kelas Anak Usia Dini. Riau: UR Press Pekan Baru.
McKibbin, B. (2007). Deep economy: The wealth of communities and the durable future. New York: Times Books/Henry Hold and Co.
Moleong, J. Lexy. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Prasetya, Natasha. (2012). Kajian Aspek Interior Ruang Belajar dan Bermain pada Taman Kanak-Kanak di Surakarta.Dimensi Interior, 10 (1), 23-32.
Purnomo, Kresna Adi. (2010). Desain Interior Sekolah Taman Kanak-Kanak Cuypers Global School di Surakarta (dengan Pendekatan Konsep Modern). Universitas Sebelas Maret: Surakarta.
Saedah, Waqiatul Masruroh, Thorik Aziz. (2020). Peran Guru Dalam Mendidik Akhlak Anak usia Dini (Studi Kasus Di RA. Miftahul Ulum Ragang Kecamatan Waru Pamekasan). Jurnal KIDDO, Vol. 1, No. 1.
Triandriani, Noviana S, Ema Yunita T. (2014). Penataan Ruang Kelas yang Sesuai dengan Aktivitas Belajar (Kasus:PAUD Kuncup Matahari dan PG/RA Mutiara Bhima Sakti Sidoarjo). Jurnal RUAS, 12 (1), 66-75.
Yusuf, Farida. Dkk. (2018). Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini (Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).