Institusi Pesantren Sebagai Local-Genius Mampu Bertahan Menghadapi Ekspansi Modernisasi Pendidikan
Abstract
Tulisan ini mengkaji Institusi Pesantren sebagai kearifan-lokal mampu bertahan menghadapi ekspansi modernisasi pendidikan. Metode yang digunakan adalah deskriptif-analitis dengan pendekatan sosiologis-hostoris. Studi ini menyimpulkan bahwa pesantren sebagai kearifan-lokal mempunyai daya tahan yang kuat dalam menghadapi ekspansi modernisasi pendidikan, hal ini dikarenakan institusi pesantren memiliki modal tradisi yang dipegangi, proses pendidikan, serta sesuai dengan teori sosial fungsional dalam sebuah organisasi.
(This paper examines the Islamic Boarding School Institution as local wisdom able to withstand the expansion of education modernization. The method used is descriptive-analytical with a sociological-hostoris approach. This study concludes that pesantren as local wisdom has strong resilience in facing the expansion of education modernization, this is because pesantren institutions have traditional capital that is held, education process, and in accordance with functional social theory in an organization.)
Downloads
References
Anwar, Ali. Pembaharuan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri. (Jakarta: Disertasi UIN Syarif Hidayatullah, 2008)
Arifin, M. Kapita Seletakta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara, 2012
Arifin, Imron, Kepemimpinan Kiai: Kasus Pondok Pesantren Tebuireng, Malang: kalimasahada, 1993
Asrohah,Hanun, Pelembagaan Pesantren: Asal Usul dan Perkembangan Pesantren di Jawa, Jakarta: Bagian Proyek Peningkatan Informasi Penelitian dan Diklat Keagamaan Departemen Agama RI. 2004
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam;Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana, 2000
Baso, Ahmad. Pesantren Studies 2a, Kosmopolitanisme Peradaban Kaum Santri di Masa Kolonial, Juz Pertama. Jakarta: Pustaka Afid, 2012
Bruinessen, Martin van. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat:Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan, 1999
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren, Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES, 2011
Faturahman, Pupuh. Keunggulan Pendidikan Pesantren; Alternatif Sistem Pendidikan Terpadu Abad XXI. Bandung: Tunas Nusantara, 2000
Ritzer, George dan Goodman J. Doglas. Teori Sosiologis Modern, terj. Alimadan. Jakarta: Prenada, 2004
Haedari, Amin. Jurnal Pondok Pesantren Mihrab, vol. II No. 1 Juli 2007
Hiroko, Horikoshi, Kiai dan Perubahan Sosial, terjemahan Umar Baslim dan Andy Muarly Sunrawa. Jakarta: P3M, 1987
Khafidin, Zaenal. ”Model Pendidikan Pesantren Madrasah,” dalam Jurnal Penelitian, STAIN Kudus, Vol. 2, No. 1, 2008
Khozin,Wakhid dkk, Pendidikan Kewargaan Pada Komunitas Pesantren, Jakarta: Prasasti, 2007
Mahduri, M. Annas dkk. Pesantren dan Pengembangan Ekonomi Umat: Pesantren al-Ittifaq dalam Perbandingan. Jakarta: Depag RI, 2002
Madjid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren;Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina 1997
Mahfudh, Sahal. Nuansa Fiqih Sosial. Yogjakarta: LkiS, 1994.
Mardiyah. ”Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi: di Pondok Pesantren Modern Gontor, Lirboyo Kediri, dan Tebuireng Jombang”, Jurnal , Vol. 8. No. I. April 2012.
Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994
-----------. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Muchlis Solihin, Mohammad. “Modenisasi Pendidikan Pesantren”, Jurnal Tarbiyah, Tadris, STAIN Pemekasan,Volume 6, Nomor 1 Juni 2011.
Mudzhar, Atho. “Pesantren Transformatif: Respon Pesantren Terhadap Perubahan Sosial”
Munawwar Mansur, Fadlil,”Kekayaan Budaya Pesantren”, dalam Jurnal Humaniora. Fakultas Ilmu Budaya UGM, Volume xiv, No. 2/2004
Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh-Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000
-------------. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa, 2003
Raehani. Islam dan Kemajemukan Indonesia, Studi Kasus Pesantren dan Pendidikan Multikultural. (Annual Conference on Islamic Studies (ACIS) ke-10, Bajarmasin: 2010. 14.
Rahardjo, Dawam. ”Mozaik Pesantren”, Jurnal Modernisasi Manajemen Pendidikan Pesantren”, Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren: PT. Ababil Citra Media, Edisi 02/Tahun I/Nopember 2005
Husni, Rahim, Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2005
Steenbrink, Karel A. Pesantren Madrasah Sekolah. Jakarta: LP3ES, 1986
Suparta, Mundzier. Perubahan Orientasi Pondok Pesantren Salafiyah, Terhadap Prilaku Keagamaan Masyarakat Keagamaan. Jakarta: Asta Buana Sejahtera, 2009
Zarkasyi, Abdullah Syukri. Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jakarta: Rajawali, 2005
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Wahid, Abdurrahman. Menggerakkan Tradisi-Tradisi Pesantren, Yogyakarta: LKiS, 2010
_____________, Bunga Rampai Pesantren; Kumpulan Karya Tulis. Jakarta: Dharma Bhakti, 1984
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC-BY-NC)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.