Kapasitas Nabi Muhammad dalam Hadits-Hadits Hukuman Mati bagi Pelaku Riddah (Perspektif Mahmûd Syaltût)



Abstract
Tema tulisan ini bukan hal yang baru dalam kajian keislaman, tapi permasalahan terkait dengannnya selalu saja terulang di tengah masyarakat sehingga penulis merasa kajian tentang hal ini masih diperlukan, namun tentu dengan Analisa yang berbeda. Terdapat hal yang ingin penulis dalami: 1) Gambaran hadits-hadits tentang hukman mati bagi pelaku riddah?; 2) Konstruksi hukum hadits-hadits tentang hukuman mati bagi pelaku riddah, ditinjau dari kapasitas Nabi saw., saat menyabdakan, dalam perspektif Mahmud Syaltut?
Hasil penelitian ini: 1. Hadits-hadits tentang hukuman mati secara umum berkualitas shahih dan diriwayatkan dengan banyak jalur sanad. Hadits-haditnya pun dari sisi lain dapat dibagi menjadi dua macam: Pertama: Hadits qauli yang berisi tentang sabda Nabi saw. "Barangsiapa yang berpindah agama maka bunuhlah". Ada pula beberapa riwayat dengan tambahan lafad "Meninggalkan agama dan berpisah dari jamaah muslimin". Kedua: hadits-hadits fi`li dari Nabi saw. tentang beberapa orang murtad yang dibunuh karena kemurtadannya disertai dengan permusuhan dan tindak kriminal. Ada pula beberapa riwayat fi`li dari sahabat yang menghukum mati beberapa orang murtad berdasarkan pemahaman mereka terhadap hadits Qauli. Namun untuk memudahkan maka pengelompokan hadits-haditsnya dilakukan dengan melihat tema haditsnya untuk memudahkan dalam menganalisa. 2. Dengan berbagai analisa disimpulkan bahwa rasulullah saw. berkapasitas sebagai seorang imam ketika menyabdakanhadits-hadits tentang hukuman mati bagi pelaku riddah. Maka hukumannya merupakan ta`zir yang berlaku temporer tergantung situasi dan kondisi, jika dipandang oleh imam riddah membahayakan negara dan akidah kaum muslim, ia berhak untuk menghukum dengan hukuman paling berat, seperti yang dilakukan Ali bin Abi Thalib menghukum dengan cara yang paling keras yaitu membakar.Downloads
References
`Asymâwî, Muhammad Sa`îd al-, Ushûl al-Syarî`ah, (Kairo: Maktabah Madbûlî al-Shaghîr, 1996)
`Audah, Abd al-Qâdir, al-Tasyrî` al-Jinâ’î al-Islâmî Muqârin bi al-Qânûn al-Wadh`î, (Kairo: Mu’assasah al-Risalah, tth)
`Imârah, Muhammad, al-Tafsîr al-Markisî li al-Islâm (Kairo: Dâr al-Syrûq, 1996)
Abû Daud Sulaiman bin al-Asy`ats al-Sijistanî selanjutnya disebut Abu Daud, Sunan Abû Dâud (Kairo: Dâr al-Risâlah, 2009)
Ali, Nizar, Memahami Hadits Nabi; Metode dan Pendekatan, (Yogyakarta: CsaD al-Rahman, 2001)
Asqalânî, Ahmad Alî Ibn Hajar al-, Fath al-Bârî, (Beirut: Dâr al-Ma`rifah, 1379 H.)
Atsîr, Ibn al-, al-Kâmil fi al-Târîkh (Beirut: Dar al-Fikr, 1965)
Baihaqî al-, Sunan al-Baihaqî al-Kubrâ (Mekah: Maktabah Dâr al-Bâz, 1994)
Bukhari, al-, Shahîh al-Bukhârî (Beirut: Dâr al-Thauq al-Najâh, 1422 H.)
Cresswell, John W., Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, ed. Terjemah oleh: Achmad Fawaid, Vol. IV (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014)
Dilaga, Muhammad al-Fatih Surya, Metodologi Syarah Hadits, Vol I (Yogyakarta: SUKA Press, 2012)
Djazuli, A., , Fiqh Jinayat Upaya Menanggulangi Kejahatan dalam Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996)
Farmawi, Abu Hay al-, Metode Tafsir Maudhu`i, ed. terjemah oleh Suryan A. Jamrah, Vol. I ( Jakarta: PT. Grafindo Persada, 19940)
Hajar, Ibn, Fath al-Bârȋ (Beirut: Dâr al-Ma`rifah 1379 H.)
Hakan Zamsami Rum, Hukuman Mati Bagi Orang Murtad, Studi Sanad dan Matan Hadits-Hadits Riwayat anNasa’i (Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Halîm, Rajab Muhammad `Abd al-, al-Riddah fi Dhau’ Mafhûm Jadîd (Kairo: Dâr al-Nahdhah al-`Arabiyah, tth)
Hanbalȋ, Ibn Qudâmah al-Dimasyqȋ al-, `Umdah al-Fiqh (Beirut: Maktabah al-`Ashriyah, 2004)
Ibrâhim al-Muth`inî, `Uqûbah al-Irtidâd `an al-Dîn Baina al-Adillah al-Syar`iyah Wa Syubhâh al-Munkarîn (Kairo: Maktabah Wahbah, 1994)
Ma'luf, Luis, al-Munjid fi al-Lughah al-A`lâm, (Beirut: Dâr al-Masyriq, 2002)
Mahmud Syaltût, al-Islam Aqidah wa Syarî`ah, Vol. I (Kairo: Dâr al-Syurûq, 1997)
Mâlikȋ, Abu `Abdillah al-, Mawâhib al-Jalȋl Syarh Mukhtashar Khalȋl (Beirut: Dâr al-Fikr, 1989)
Manzhur, Ibn, Lisân al-`Arab, (Beirut: Dâr Ihyâ’ al-Turâts al-`Arâbî, 1999)
Mulyosudarmo, Suwoto, Kebebasan Passing Over Melintasi Batas Agama, Vol. III (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2001)
Munawir, Imam, Metode-Metode Penelitian Sosial (Surabaya: Usaha Nasional, tth.)
Naisabûrî, Muslim ibn al-Hajjâj Abu al-Hasan al-Qusyarî al- selanjutnya disebut Muslim, Shahih Muslim (Beirut: Dâr Ihyâ' al-Turâts al-`Arabî, tth.)
Nasâ’î al-, Sunan al-Nasâ’î (Halab: Maktabah al-Mathbû`ât al-Islâmiyah, 1986)
Nawawî al-, al-Minhâj Syarah Shahîh Muslim bin al-Hajjâj (Beirut: Dâr ihyâ al-Turâts al-`Arabî, 1392 H.)
Qadiri, Abdullah Ahmad, Murtad Dikutuk Allah, terj. Salim Wakid, (Solo: CV. Pustaka Mantiq, 1992)
Qardhawi, Yusuf, Jarîmah al-Riddah wa `Uqûbah al-Murtad (Beirut: al-Maktab al-Islâmî, 1998)
Ridhâ, Rasyîd, Tafsîr al-Qur’an, al-Hakîm (Beirut: Dâr al-Ma`rifah, tth)
Sâbiq, Sayyid al-, Fiqh al-Sunnah, (Beirut: Dâr al-Kitâb al-`Arabî, 1987)
Shihab, M. Quraish, Tafsîr al-Mishbâh (Jakarta: Lentera Hati, 2003)
_______________, Wawasan al-Qur’an Tentang Kebebasan Beragama, artikel dalam buku Passing Over Melintasi Batas Agama (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1998)
Shna`anî, Abû Bakr bin Abd al-Razzâk bin Hammâm bin Nâfi` al- Al-Mushannif (Beirut: al-Maktab al-Islâmî, 1403 H.)
Sindî, Muhammad bin `Abd al-Hâdî al-Taatwi Abû al-Hasan Nûruddîn al-, Hâsyiah al-Sindî `Alâ Sunan al-Nasî'î (Halab: Maktab al-Mathbû`ât al-Islâmiyah, 1986)
Sughdȋ al-, al-Nitf wa al-Fatâwâ (Ammân: Dâr al-Furqân, 1984)
Syafi`ȋ al-, al-Um (Beirut: Dâr al-Ma`rifah, 1990)
Syaltût, Mahmud, al-Islam Aqidah wa Syarî`ah (Kairo: Dâr al-Syurûq, 1997)
Taimiyah, Ibn, al-Shârim al-Maslûl `ala Syâtim al-Rasûl (Riyadh: al-Haras al-Mamlakah al-Su`ûdiyah, tth)
Tirmidzî, Muhammad bin `Ȋsa bin Tsaurah bin Musâ bin al-Dhahhâk al-Tirmidzî, Sunan al-Tirmidzî (Kairo: Syirkah Maktabah wa al-Mathbû`ah Musthafâ al-Bâbî al-Halabî, 1975)
Umar, Nasaruddin, Deradikalisasi Pemahaman Al-Qur’an dan Hadits, Vol. I (Jakarta: PT. Elek Media Komputindo, 2014)
Zuhailî, Wahbah, al-Fiqh al-Islâmî wa `Adillatuh, (Beirut: Dâr al-Fikr, 1996)
Zuhri, Muhammad, Telaah Matan Hadits (Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat, 2003)
http://m.republika.co.id/indeks/hot_topic/camellia%20shehata%20guncang%20mesi
CD Mausû`ah al-Hadîts al-Syarîf (Kuwait: Global Islamic Software Company, 2000)
Publishing your paper with Al Ihkam (Jurnal Hukum & Pranata Sosial/Journal of Law & Social Studies) means that the author or authors retain the copyright in the paper. Al Ihkam granted an exclusive non commercial reuse license by the author(s), but the author(s) are able to put the paper onto a website, distribute it to colleagues, give it to students, use it in your thesis etc, so long as the use is not directed at commercial advantage or toward private monetary gain. The author(s) can reuse the figures and tables and other information contained in their paper published by Al Ihkam in future papers or work without having to ask anyone for permission, provided that the figures, tables or other information that is included in the new paper or work properly references the published paper as the source of the figures, tables or other information, and the new paper or work is not direct at private monetary gain or commercial advantage.
Al Ihkam journal (Journal of Law & Social Studies) provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, and although their new works must also acknowledge & be non-commercial, they don’t have to license their derivative works on the same terms.
Al Ihkam journal Open Access articles are distributed under this Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA). Articles can be read and shared for noncommercial purposes under the following conditions:
- BY: Attribution must be given to the original source (Attribution)
- NC: Works may not be used for commercial purposes (Noncommercial)