Urgensi Pengenalan Bahan Ajar Ramah Anak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini
Abstract
Bahasa Indonesia sangat penting saat kita hidup di era globalisasi karena membantu kita menjadi lebih percaya diri untuk bersaing di dunia internasional. Metode pengajaran untuk pengenalan bahasa Indonesia yang bisa memberikan manfaat bagi guru dan siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bahan ajar yang akan berperan dalam pengenalan Bahasa indonesia untuk anak usia dini.
Subjek analisis ini adalah guru dan peserta didik kelas A 1 Indara, dan metode kualitatif digunakan untuk menjelaskan sumber data yang dikumpulkan melalui beberapa tahap Anak-anak usia dini saat ini memiliki akses ke media digital yang berbasis bahasa Inggris. Oleh karena itu, ada rencana yang harus diterapkan untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa Indoneisa anak usia dini. Penelitian ini melibatkan 15 peserta didik dari kelas 1A, 12 peserta didik dari kelas A2, dan satu pendidik bahasa Indonesia. Raudlatul Ulum Malang Metode dalam penelitian ini yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Penyajian atau penelitian di RA Raudlatul Ulum Malang menemukan bahwa pembelajaran bahasa Inggris menjadi bagian dari proses belajar mengajar dan memberikan dorongan kepada siswa sejak dini di sekolah. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Pembelajaran bahasa Indonesia melalui bernyanyi, bermain, tanya jawab, dan menggunakan perangkat kelas. Anak berhasil meningkatkan kemampuan bahasa Indonesianya dengan cara ini.
Downloads
References
Aisya, N., Amelia, N., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Hikmah, A., Tinggi, T., & Utara, S. (2020). Alat Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Kreativitas Musik Anakdi Pendidikan Anak Usia Dini ' Aisyiyah Terpadu Gantiwarno menstimulus anak dalam mengenal Permainan baik bentuk dan menumbuhkan bahasa memainkannya ( Syamsuardi ,. 3(2).
Jeti, L., Henny, & Susanti, S. M. (2018). Introduction To English Language In Early Childhood Education. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).
Luluk Asmawati. (2014). Perencanaan Pembelajaran Paud (2 Ed.). Pt Remaja Rosdakarya.
Nurlaili, K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Untuk Siswa Taman Kanak Kanak. Tesis, Sunan Kalijaga.
Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (3 Ed.). Prenadamedia Group.
Sinaga, J. B., & Marpaung, J. E. (2018). Menumbuhkembangkan Potensi Anak Dengan Pengenalan Bahasa Indonesia Sejak Dini Dalam Keluarga. Minda Baharu, 2(2), 166.
Suyadi & Dahlia. (2014). Implementasi Dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Pt Remaja Rosdakarya.
Hasanah, N. I., & Ulya, N. (2020). Strategi Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di TK Santa Maria Banjarmasin. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2).
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19 Child Education In The Family As An Early Childhood. 7(1), 41-51.
Rozie, F., Safitri, D., Haryani, W., & Samarinda, U. M. (2019). Peran Guru Dalam Penanganan Perilaku Anak Hiperaktif Di TK Negeri 1 Samarinda. 1(2), 53-59.
Umi, G., Karmila, M., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup ( Life Skill ) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15473
Windarsih, C. A., Jumiatin, D., Efrizal, E., Sumini, N., & Utami, L. O. (2017). Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Dikota Cimahi Jawa Barat. P2M STKIP Siliwangi, 4(2), 7.
Wiresti, R. D. (2020). Aulad : Journal on Early Childhood Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. 3(1), 36-43.
Zahroh, S., & Na'imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1).
Rijkiyani, R. P., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. 6.(3), 4905– 4912.
ulia, R., Eliza, D., Anak, P., Dini, U., & Padang, U. N. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. V(1), 53–60.
Zahro, F. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. 4(2), 121–130.
Copyright (c) 2024 Zainal Abidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).