Penanaman Karakter Disiplin di Lingkungan Ramah Anak
Abstract
Peran guru disekolah sangat berpengaruh pada karakter anak didik saat dilingkungan sekolah dengan memberikan tauladan maupun contoh sehingga anak dapat menirukan ataupun menerapkan saat disekolah, dan dirumah. Mendidik anak melakukan bertahap dengan telaten oleh guru dalam hal menanaman karakter disiplin pada anak saat disekolah dengan selalu menerapkan hal disiplin dengan hal-hal yang kecil, dan sederhana sehingga anak melihat kemudian akan terekam dalam otak usia dini fase emas yang tentunya sangat baik diberikan stimulasi yang tepat. Selain itu, lingkungan ramah anak di TKIT Al-Umm Cirebon sangat nyaman saat anak bermain dan lingkungan sekolah yang bersih maupun aman. Metode yang dilakukan yakni deskriptif kualitatif untuk menjelaskan hasil riset yang dilakukan oleh peneliti gunakan observasi, wawancara dengan guru TKIT Al-Umm Cirebon kemudian penulis melakukan dokumentasi untuk menguatkan hasil riset yang telah dilakukan. Hasil riset di TKIT Al-Umm Cirebon yakni anak didik mulai menerapkan disiplin saat disekolah ataupun saat dirumah dengan ditambah fasilitas sekolah yang memberikan suasana lingkungan ramah anak, dan aman untuk anak didik.
Downloads
References
Amrina, A., Aprison, W., Sesmiarni, Z., M, Iswantir, & Mudinillah, A. (2022). Sekolah Ramah Anak, Tantangan dan Peluangnya dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Globalisasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6803–6812. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2130
Di, D., & Dasar, S. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di sekolah dasar. 17(1), 242–252. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228
Faiz, A., & Fadly, A. (2023). Model Pembelajaran Kognitif Moral Berbentuk Cerita Animasi Dilema Moral Bagi Siswa Kelas Rendah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6540–6552. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5333
Harlina, D., & Ardi, Z. (2023). Implementasi Konseling Rational Emotive Behavioral Therapy ( REBT ) untuk Mengatasi Trauma pada Korban Bullying. 6(2), 172–181.
Hidayati, N., Djoehaeni, H., & Zaman, B. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Membatasi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 915–926. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3004
Khalimah, E., & Prasetyo, I. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini di Wilayah Sekitar Candi Borobudur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5722–5733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3280
Kusuma, R., Sari, M. T., Efni, N., Fatmawati, T. Y., Keperawatan, I., & Jambi, S. B. (2023). Persepsi Orang Tua tentang Karies Gigi pada Anak Usia < 6 tahun : Sebuah Studi Kualitatif. 7(6), 6505–6514. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4540
Laras, I., Supriatna, A., Mariam, H. E., Asyrika, S., & Mulyati, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu, 1(2), 203–214.
Mislikhah, S. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Lagu Anak. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 60–74. https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.39
Motimona, P. D., & Maryatun, I. B. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Steam Pada Kurikulum Merdeka Untuk Paud. Universitas Negeri Yogyakarta, 7(6), 6493–6504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682
Muhibbah, U., & Kurniawan, M. I. (2023). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(3), 974–985. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.909
Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283
Ramadhani, L., Erhamwilda, E., & Suhardini, A. D. (2021). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Di Kelompok A Islamic Daycare \&Preschool. 231–237. http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/28152
Rohita, R., Yetti, E., & Sumadi, T. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Anak: Analisis pada Pengenalan Budaya Lebak dalam Pembelajaran di TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan …, 7(6), 6566–6578. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5326
Saadah, L., Setiyoko, D. T., & Mumpuni, A. (2020). Kajian Tentang Pendidikan Karakter Pada Sekolah Ramah Anak Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 47–53. https://doi.org/10.30595/.v1i2.8506
Salma, H. H., & Kurniawati, F. (2023). Upaya Meningkatkan Kapasitas Atensi Anak Usia Dini untuk Siap Sekolah dengan Teknik Shaping. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1651–1663. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4157
Saripudin, P. (2024). Penerapan PAI dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SDN Sangkanurip. 2(1), 316–322.
Sujani, E. H., & Putro, K. Z. (2022). Parenting Style and Family Resilience with Children Congenital Rubella Syndrome. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 9(2), 33. https://doi.org/10.17977/um029v9i22022p33-37
Susilawati, S., & Iriani, A. (2023). Evaluasi Program Parenting dengan Model Goal Free. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2577–2588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4245
Suteja, J., Safitri, T. H., Nurrahman, A. R., & Umamah, F. N. (2023). Konseling Spiritual Berbasis Terapi Ruqyah dalam Mengatasi Gangguan Kesehatam Mental. 6(2), 131–141.
Ulfadhilah, K., Nurhayati, E., & Ulfah, M. (2021). Implementasi Layanan Kesehatan, Gizi, dan Perawatan dalam Menanamkan Disiplin Hidup Sehat. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 115. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10288
Widianti, N., Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Pola Komunikasi Interpersonal antara Orang Tua dan Anak dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara Bermediakan Buku Cerita Legenda Cirebon. 6(2), 142–151.
Wijayanti, P. (2022). Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam Di Era Pandemi Covid-19. Prosiding, 1(1), 12–26. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/piaud/article/view/434/179
Copyright (c) 2024 Khairunnisa ulfadhilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).