Stimulasi pengembangan Kognitif Anak melalui Media Tanaman dengan Pembelajaran Berbasis STEAM
Abstract
Pendidikan anak usia dini bertujuan untu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mencerdaskan kehidupan bangsa. TKIT Nurul Hidayah Sampang melakukan pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics), dan HOTS (Higher Order Thinking Skill), pembelajaran tersebut mampu menstimulasi perkembangan kognitif anak sesuai tahapan usia dengan peningkatan keseluruhan aspek perkembangan anak. Metode penelitian yang dipilih merupakan penelitian kualitatif naturalistic, peneliti mengkaji setiap kejadian yang terjadi secara riil. Sumber data diperoleh dari pendidik dan anak. tekhnik pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan terhadap kualitas pembelajaran anak dan memiliki pengaruh terhadap pendidikan kognitif dan pemahaman anak dalam memecahkan masalah. Hal ini nampak pada pencapaian delapan dari sepuluh anak mencapai perkembangan sesuai harapan dan dua diantaranya mulai berkembang.
Downloads
References
Baharun, Hasan, Zamroni Zamroni, Amir Amir, and Latifatus Saleha. 2020. “Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Dadan, Suryana. 2021. PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Teori Dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.
Debeturu, Balandina, and Elisabeth Lanny Wijayaningsih. 2019. “Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Magic Puffer Ball.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Desmariani, Evi, Aprillia Puspita, and Universitas Adzkia. 2021. “Penerapan Kurikulum Kearifan Lokal Budaya Alam Minangkabau Berbasis Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbahasa Daerah Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Kota Padang
Limbong, Irmayani, Muniroh Munawar, and Nila Kusumaningtyas. 2019. “Perencanaan Pembelajaran Paud Berbasis Steam ( Science, Technology, Eingeneering, Art, Mathematic ).” Seminar Nasional PAUD 2019, 203–12.
Muri, Yusuf. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Cetakan 4. Jakarta: KENCANA.
Novi, Mulyani. 2018. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Rita, Nofianti. 2021. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edited by Astuti Ria. Pertama. Tasikmalaya, Jawa Barat.
Rosyada, Dede. 2020. Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: KENCANA PRENADAMEDIA GROUP.
Copyright (c) 2024 Viti Fatimah Vitii
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).