Implementation of The Use of Youtube Media Book "Bacalah Sayangku 1" For Vocabulary Introduction In Child-Friendly Paud In Pre-Delima Class of National Preschool Tanjong Sepat Malaysia
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan implementasi pemanfaatan media yotube buku bacalah sayangku 1” untuk pengenalan kosa kata pada anak. Adapun penelitian ini dilaksanakan di pra delima prasekolah kebangsaan tanjong malaysia. Penggunaaan media yutube dalam pembelajaran PAUD ramah anak sangatlah berpengaruh terutama Bahasa melayu, dengan adanya media digital ini dapat mempermudah dan efektif dalam pembelajaran anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun validasi data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik. Hasil penelitian menujukan pemanfatan media youtube dalam pengenalan kosa kata berdampak pada peningkatan motivasi belajar anak dan capaiananak. belajar anak. Penelitian ini
Downloads
References
Aqib, Zainal (2008). Sekolah ramah Anak. Jakarta: Yrama Widya
Dahliana, D., Tulljannah, R., & Syukur, S. K. (2022). Pembuatan Video Belajar Membaca Bagi Siswa Taman Kanak- Kanak Melalui Youtube Sebagai Media Belajar Yang Menarik di Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Media teknologi, 1(4), 447–452. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i4.959
Hayati, M., & Rahimia, R. F. (2021). Pemanfaatan Youtube
Channel Cocomelon Sebagai. 5(1), 14–26
Herminingsih, Nurdin, & Saguni, F. (2022). Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1, 79–84. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1040
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Guruan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Pebri, Tegeh, & Rahayu. (2017). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di TK Widya Sesana Sangsit 2016/2017. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 336–347.
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Guruan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385
Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini. Universitas Hamzanwadi, 6(01), 169–175. https://doi.org/
Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1),
Noorbaiti, Rahmita, et al. “Implementasi Model Pembelajaran Visual-Auditori-Kinestetik (VAK) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1, 2018, pp. 108–16, https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5130.
Paudia, Jurnal Penelitian. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1 2011. no. 1, 2011, pp. 59–74.
34.
Noorbaiti, Rahmita, et al. “Implementasi Model Pembelajaran Visual-Auditori-Kinestetik (VAK) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1, 2018, pp. 108–16, https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5130.
Paudia, Jurnal Penelitian. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1 2011. no. 1, 2011, pp. 59–74.
tp://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf
Dilansir dari laman https://ms.wikipedia.org/wiki/Prasekolah_di_Malaysia pada tanggal 12 November 2023 pukul 05.46
Angito A. dan J. S.” Pengantar Metodologi Kualitatif”, (CV Jejak: 2018).
N. Dwi, “Pengantar Microteaching”, (Deepublish: 2020)
Fadhallah, “WAWANCARA”, (UNJ Press: 2020)
Wati, N. S. (2018). Pengaruh Stimulasi Mendengarkan Lagu Dan Bernyayi Terhadap Perkembangan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4, 75.
Copyright (c) 2024 Alfarobi Ahmad Sulaiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).