Upaya Meningkatkan Motorik Halus dan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membatik Sederhana

  • Erna Roostin STKIP Sebelas April Sumedang
Abstract views: 190 , PDF downloads: 181

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan motorik halus dan kreativitas anak kelompok A Kober Al-Hidayah Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah penerapan tindakan teknik membatik sederhana dalam pembelajaran.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penugasan, melalui lembar penilaian dan lembar pengamatan, dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Setelah melalui kegiatan teknik membatik sederhana terjadi peningkatan motorik halus anak dari mulai kondisi awal yang masih belum berkembang (BB) sebesar 0%, pada siklus I juga masih belum mencapai peningkatan yang diharapkan karena masih belum berkembang (BB) sebesar 0%, akan tetapi pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu mulai berkembang (MB) sebesar 41,7%, dan pada siklus III peningkatan yang terjadi sudah mencapai target yang ditentukan yaitu berkembang sangat baik (BSB) sebesar 91,7%. Peningkatan kreativitas anak sama halnya dengan motorik halus dimulai dari kondisi awal yang masih belum berkembang (BB) sebesar 0%, dan pada siklus I belum mencapai peningkatan yang diharapkan karena masih belum berkembang (BB) sebesar 0%, akan tetapi pada siklus II terjadi peningkatan yaitu mulai berkembang (MB) sebesar 41,7%, dan pada siklus III terjadi peningkatan dan mencapai target yang ditentukan yaitu berkembang sangat baik (BSB) sebesar 91,7%. Hal ini membuktikan bahwa melalui teknik membatik sederhana dapat meningkatkan motorik halus dan kreativitas anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2016) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Rhineka Cipta.

Dema Y & Titis A. (2017) vol.2 no.2 Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B RA Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Diakses:15/04/10:34

Depdiknas. (2008). Pengembangan Kemampuan Motorik Halus di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas

Hurlock, EB. edisi kelima. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakata: Erlangga.

Musbikin, I (2006). Mendidik Anak Kreatif Ala Einstein. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Partiyem. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Bermain Plastisin Kelompok B PAUD Istiqomah Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang. Skripsi: Tidak diterbitkan.

Rachmawati Y, Kurniati E. (2005). Strategi pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Ratnawati, S. (2001). Mencetak Anak Cerdas dan Kreatif. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Sari P R. (2013). Keterampilan Membatik Untuk Anak, Yogyakarta: Arcita

Septiana A. (2018) Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Seni Membatik di Taman Kanak-Kanak Permata Bunda Kemiling Bnadar Lampung. Diakses: 21/04/2019.4:47pm

https://www.e-jurnal.com>2014/01/faktor-faktoryang mempengaruhi motorik halus.

Published
2020-08-25
Section
Articles