Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun

  • Dewi Safitri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Anik Lestariningrum
Abstract views: 6312 , PDF downloads: 3189

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam berkreasi menuangkan ide gagasannya secara mandiri tanpa bantuan guru. Hal ini terlihat dari kurangnya anak dalam menyelesaikan keterampilan dalam membuat suatu karya bebas. Karena pembelajaran masih terdominasi pada buku panduan atau LKA. Tujuan penelitian akan menguraikan secara deskriptif kualitatif  pembelajaran dalam penerapan media loose parts terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun.. Desain penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jumlah subjek penelitian 24  anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 15 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media loose parts dapat meningkatkan kreativitas anak. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru PAUD dalam meningkatkan kreativitas anak dapat mengunakan media media loose parts menggunakan bahan dari lingkungan sekitar anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Casey, Theresea & Juliet Robertson. 2016. Loose Parts Play. Inspiring Scotland.

Fatmawijayati., J. 2018. Telaah Kreativitas. See discussions, stats, and author profiles for this publication at: https://www.researchgate.net/publication/328217424

Heldanita,. 2018. Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age; Jurnal Ilmiah tumbuh kembang Anak Usia Dini, Vol.3, No.1, maret 2018. E-ISSN: 2502-3519

Istianti., Tuti. 2013. Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Belajar Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10393

Mulyati, S., & Sukmawijaya. 2013. Meningkatkan Kreativitas Pada Anak. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan-Seri Pengabdian Masyarakat 2013, Volume 2, No.2, Mei 2013, Halaman 124-129. Universitas Islam Indonesia.

Mulyana., Aina. 2017. Pembelajaran Abad 21 Dan Kurikulum 2013. https://ainamulyana.blogspot.com/2017/03/pembelajaran-abad-21-dan-kuikulum-2013.html

Montolalu. W (2008) Bermain Dalam Kelompok, Bermain Bola, Bermain dengan Angka. Jakarta: Grasindo

Nurjanah. E. N. 2020. Pembelajaran STEM Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal AUDI; Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, JAI V(1) (2020) ISSN 2528-3367 pp;19-31

Prameswari. W.T. & Lestariningrum, A. 2020. STEAM Based Learning Strategies by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skill in Children 4-5 Years. Efektor, Volume 7 Issue 1, 2020 pp;24-34. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14387

Shabrina. Ega. & Lestariningrum, Anik. 2020. The role of loose parts play in logical thinking skill in KB Lab school. Journal of Early Childhood care and Education, Vol 3(1) March 2020, pp.36-48. E-ISSN 2615-1413 https://doi.org/10.26555/jecce.v3i1.1679

Wahyuningsih, S., dkk. 2020. Efek Metode STEAM pada Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 4, Issue 1 (2020), pp; 305-311. Surakarta : Universitas Sebelas Maret. Doi: 10.31004/obsesi.v4i1.305

Published
2021-02-25
Section
Articles