Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menstimulasi kemampuan kognitif anak di TK Mutmainnah Desa Batu Sempe Indah Kabupaten Bombana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu 2 orang guru, 1 orang kepala sekolah dan 10 orang anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran guru terhadap kemampuan kognitif anak di TK Mutmainnah Kabupaten Bombana: 1) Peran Guru dalam menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Di TK Mutmainnah Desa Batu Sempe Indah Kabupaten Bombana menunjukkan bahwa guru berperan penting dalam menstimulasi kemampuan kognitif anak dapat dilihat melalui hasil observasi yang telah peneliti lakukan. Guru berperan sebagai pendidik dalam mendidik anak untuk bertanggung jawab, guru juga berperan sebagai pengajar yang menggunakan strategi, media, perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dalam pembelajaran serta guru berperan sebagai pembimbing dalam membantu mengatasi masalah anak dalam pembelajaran dan guru berperan sebagai pelatih dalam melatih kemampuan kognitif anak dengan baik. 2) Kemampuan Kognitif Anak di TK Mutmainnah Desa Batu Sempe Indah Kabupaten Bombana masih belum berkembang dengan baik hal ini dapat dilihat dari 10 orang anak yang menjadi sumber data peneliti 6 orang anak yang belum bisa dalam mengenal warna, membedakan bentuk besar dan kecil, menyebut huruf dan angka serta tidak mengingat instruksi dari guru dan 4 orang anak yang kemampuan kognitifnya berkembang dengan baik dalam hal mengenal warna, membedakan dan menyebut serta mengingat instruksi dari guru.
Downloads
References
Cahyana tLaksmiati tMartha, t(2018). tSkripsi tmengembangkan tkemampuan tkognitif tanak tmelalui tmedia tpapan tflannel tdi tTaman tKanak-Kanak tKasih tBunda tKampung tKalipapan tKecamatan tNegeri tAgung tKabupaten tWay tKanan. tSkripsi ttidak tdipublikasikan, tUIN tRaden tIntan tLampung t
Chemae tSitihaya, t(2018). tSkripsi tPeran tGuru tDalam tMengembangkan tBahasa tArab tPada tAnak tUsia tDini tDi tTK tHadhanah tNahdhah tSanphah tWitaya tBecoh tIrong tNarathiwat tThailand. tSkripsi ttidak tdipublikasi. t tUIN tRaden tIntan, tLampung
Hidayah tVita tNur, t(2013) tUpaya tMeningkatkan tKemampuan tKognitif tAnak t tMelalui tMetode tEksplorasi tDengan tKegiatan tBercocok tTanam tDi tKebun tPada tAnak tKelompok tBermain tBinaul tMu’minih tKecamatan tKarangmoncol tKabupaten tPurbalingga tSemester tGenap tTahun tAjaran t2012-2013. tUniversitas tMuhammadiyah tPurwokerto
Japarudin tAhmad, t(2018). tEfektivitas tMetode tMenggambar tDari tBentuk tDasar tGeometri tDalam tMeningkatkan tKemampuan tMotorik tHalus tAnak tKelompok tB tTK tIt tNurusshiddiiq tKecamatan tKedawung tKabupaten tCirebon. tSkripsi ttidak tdipublikasikan, tIAI tBunga tBangsa tCirebon.
Mahmudah tAmin, t(2020). tPeran tGuru tDalam tMengembangkan tMusikal tAnak tUsia tDini tMelalui tKegiatan tEkstrakurikuler tDrumband tdi tTK tMuslimat tNu t001. tIAIN tPonorogo.
Nuraeni, t(2014). t tStrategi tPembelajaran tUntuk tAnak tUsia tDini. tJurnal t2 t(2).
Putra tThofan tAradika, t(2018). tSkripsi tpengembangan tmedia tpembelajaran taniamsi tberbasis tmacromedia tflash tpada tmateri ttrigonometri. tSkripsi ttidak tdipublikasikan. tUIN tRaden tIntan tLampung.
Quroisin tHani, t(2015). tSkripsi tMeningkatkan tKemampuan tKognitif tBentuk tGeometri tDengan tMenggunakan tMedia tAlam tSekitar tDi tTK tPGRI. tSEMARANG, tUN, tSemarang.
Wardani tIkrima, t(2016). tSkripsi tPengaruh tPemberian tStimulasi tPerkembangan tPada tAspek tSosialisasi tDan tKemandirian tTerhadap tStatus tPerkembangan tAnak tPrasekolah tDi tWilayah tKerja tPuskesmas tPisangan. tSkripsi ttidak tdipublikasikan. tUIN tSyarif tHidayatullah tJakarta.
Yuniarni tDesni, tdkk, t(2016). tAnalisis tPeran tGuru tDalam tMenstimulasi tMotorik tHalus tAnak tDi tTk tAisyiyah tBustanul tAthfal tIII.Untan tPontianak. tJurnal, t5 t(11).
Copyright (c) 2022 Walni Firman, Laode Anhusadar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).