Strategi Komunikasi Radio Karimata Fm Pamekasan Dalam Meningkatkan Minat Pemasang Iklan
Abstract
Memastikan dan menjamin tingkat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat terhadap lembaga penyiaran tentu sangat penting di tengah persaingan usaha yang semakin kompetitif. Tak terkecuali pada lembaga penyiaran radio yang ada di kabupaten Pamekasan (radio karimata). Oleh karena itu diperlukan strategi komunikasi yang baik sekaligus bagaimana mengemas iklan semenarik mungkin. Strategi Komunikasi pada hakikatnya adalah perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai satu tujuan. Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana format program yang disukai pengiklan di Radio KarimataFM Pamekasan? Kedua, bagaimana strategi komunikasi radio dalam meningkatkan minat pemasang iklan di Radio KarimataFM Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dalam hal ini menggunakan tiga teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa pertama format program yang disukai pengiklan di Radio KarimataFM Pamekasan adalah program iklan iklan spot dan adlib karena keduanya memiliki daya tarik tersendiri dalam mempengaruhi masyarakat luas. Sementara kedua dalam rangka meningkatkan minat pemasang iklan di Radio KarimataFM Pamekasan adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki perusahaan, menjaga kualitas program yang diberikan pendengar agar tetap disukai oleh pendengar, memiliki jangkauan yang luas, serta kreatifitas yang terus dikembangkan dalam kemajuan perusahaan.
Downloads
References
Adinata Juned, Manajer Produksi Radio Karimata FM Pamekasan, Wawancara Langsung, 10 Januari, 2019
Ahmad Amrullah, “Dakwah Islam sebagai Ilmu Sebuah Kajian Epistemologi dan Struktur Keilmuan Dakwah”, Seminar Nasional , Jakarta: IAIN Medan, Kesepakatan Parapat, 1996
Arifin Anwar, Sistem Komunikasi Indonesia, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2011
Arifin Syamsul, Manajer Marketing Radio Karimata FM Pamekasan, Wawancara Langsung, 03 Januari 2019
Aw Suranto, Komunikasi Sosial Budaya, Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010
Bugin Burhan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012
Cangara Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011
El Ishaq Ropiqi, Kuliah Public Relation, Kediri: STAIN Kediri Press, 2015
Fachruddin Andi, Djamal Hidajanto, Dasar-Dasar penyiaran, Sejarah Organisasi, Operasional dan Regulasi, Edidi kedua, (Jakarta: Kencana, 2013), hlm., 159.
Farel, Murtajih Pademawu Pamekasan, Wawancara Langsung, 25 Januari 2019
Fairuz, Penjaga Toko CheckPoint Pamekasan, Wawancara Langsung, 21 Januari 2019
Firdausi Ahmad, Akademik dan Administrasi Pascasarjana IAIN Madura, Wawancara Langsung, 21 Januari 2019
Hanif, Pemilik Rumah Meubel Pamekasan, Wawancara melalui Telpon, 15 Januari, 2019
Hayat, Supervisior Promosi PT. Wings Pamekasan, Wawancara Langsung, 17 Januari 2019
Hermawan Agus, Komunikasi Pemasaran, Malang: Erlangga, 2012
Hidayat Dasrun, Media Public Relation, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014
Humaira, Strategi Komunikasi Marketing Public Relation di Radio 95.5 RAS FM Jakarta dalam Menarik Minat pengiklan diakses pada laman https://www.hestanto.web.id/tahap-tahap-dalam-manajemen-strategi, tanggal 2 Desember 2018
Idrus Mohammad, Metode Penelitian Ilmu Sosial, Edisi Kedua, Yogyakarta: Erlangga, 2009
Jufriadi, Supervisior YNC Telkomsel Pamekasan, Wawancara Langsung, 5 Januari, 2019
J. Baran Stanley, Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Penerbit Airlangga, 2012
J. Moleong Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2012.
Kartika Sari Dyah Fitria, “Proses Produksi Iklan Radio di LPP Radio Republik Indonesia Palu.” Jurnal Ilmu Komunikasi, 6 (1), September 2017
Kolter Philip, Marketing, Jilid 2, Jakarta: Penerbit Erlangga, 1995
Kolter Philip, Lane Kevin Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jakarta: Erlangga, 2008
Kriyantono Rachmat, Teknik Praktiks Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana, 2006.
Lala Hozilah, Helena Olii, M. M,, Reportase Radio dan Televisi, Edisi 2, Jakarta Barat: PT. Indeks, 2013.
L. Rivers William, Media Massa dan Masyarakat Modern, Edisi Keuda, Jakarta: Prenada Media, 2004
Lukman, Toko Jamu Pojok Nazafa BZ Pamekasan, Wawancara Langsung, 11 Januari 2019
Marwansyah, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Bandung: Alfabeta, 2012
M, A, Morissan, Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi, Jakarta: Kencana, 2008
M. A, Morissan, Manajemen Public Relation: Srtategi Menjadi Humas Profesional, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana, 2008
M.A, Morissan, Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Kencana, 2017
Moleong Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007
Prawironegoro Darsono, Rivai Abdul, Manajemen Strategi, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015
Radio Karimata Tim, Program Siaran Radio Karimata, Pamekasan: PT. Radio Swara Karimata Permai, 2016
Ratnawati, Pemilik Toko di Samatan Proppo Pamekasan, Wawancara Langsung, 21 Januari 2019
Saidi HM. Tahir Muh., Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Smart FM Makassar dalam Meningkatkan Jumalh Pengiklan, Makassar: UIN Alauddin, 2014.
Suhandang Kustadi, Manajemen, Kiat dan Strategi Periklanan, Edisi Revisi, Bandung: Penerbit Nuansa, 2016
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011
Sultonah Aisyah, Pembeli toko Checkpoint, Wawancara Langsung, 06 Februari 2019
Suswandi dan Basrowi, Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2008
Syuhada Arief, Direktur Radio Karimata FM 103.3 Pamekasan, Wawancara Langsung, 20 November 2018
Uchjana Effendy Onong, Dinamika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008
Uchjana Effendy Onong, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005
Wibowo, Manajemen Kinerja, Edisi Ketiga, Jakarta: Rajawali Pers, 2013
Yaqin Ainul, Staff Administrasi Perluasan Peserta BPJS Pamekasan, Wawancara Langsung, 23 Januari 2019
Zulkarnain Hendra, Manajer Redaksi Radio Karimata FM Pamekasan, Wawancara Langusng, 09 Februari 2019