Trending Video Lagu Aisyah Istri Rasulullah di Saluran Youtube Indonesia dalam Perspektif Posmodernisme
Abstract
Artikel ini ingin menjawab pertanyaan, bagaimana trending video lagu Aisyah Istri Rasulullah di saluran Youtube Indonesia dalam perspektif posmodernisme? Apakah perubahan lirik lagu tersebut merupakan bentuk kepekaan budaya? Seperti apa nilai estetika dari lirik dan nada lagu yang diubah tersebut? Mengapa kemudian muncul perdebatan di saat lagu tersebut menjadi trending? Penelitian ini menggunakan perspektif posmodernisme dari Gill Branston dan Roy Stafford (2003: 387-403). Dalam perspektif posmodernisme terdapat tiga bingkai teori, yaitu a form of cultural sensibility (bentuk kepekaan budaya), an aesthetic style (gaya estetika), dan debates (perdebatan). Branston dan Stafford menjelaskan bahwa posmodernisme adalah kata yang ditemui dalam banyak diskusi media kontemporer, dan saluran Youtube adalah bagian dari media kontemporer tersebut. Lagu Aisyah Istri Rasulullah mengalami proses transformasi nilai dan estetika dari lagu pop duniawi ke lagu pop religi atau pop Islami. Transformasi tersebut berhasil menuai prestasi sebagai lagu dengan trending video terbanyak, dengan tiga belas video trending, dengan empat video di urutan teratas. Fenomena ini menarik untuk dikaji karena baru pertama kali terjadi di saluran Youtube Indonesia.
Downloads
References
AB., Syamsuddin, 2016. Pengantar Sosiologi Dakwah, Jakarta: Prenadamedia Group.
Al Qardhawi, Yusuf, 2000. Islam dan Seni, Bandung: Pustaka Hidayah.
Al Qardlawy, Yusuf, 2002. Fiqih Musik dan Lagu Perspektif Al-Qur’an dan Assunnah, Bandung: Mujahid Press.
Anan, Asrul, 2016. Multikultural dalam Perspektif Al-Qur’an, Pasuruan: Al Murobbi.
Anji, 2020. Lagu Cover yang Di-Cover dan Menguasai Trending, Youtube: Dunia Manji.
Awaliyah, Gumati dan Reiny Dwinanda, 2020. “Viralnya Lagu Aisyah Istri Rasulullah,” Situs Web: republika.co.id.
Azra, Azyumardi, 2002. Jaringan Global dan Lokal Isla Nusantara, Bandung: Mizan Media Utama.
Bakti, Andi Faisal, 2013. “Prophetic Communication Strategis: Risale-I Nur,s Perspective,” Internasional Baiduzzaman Symposium on “The Role and Place of Prophethood in Humanity’s Journey to The Truth: The Perspective of Risale-I- Nur”, Istambul, Turkey.
Bakti, Andi Faisal, 2013. “Relevansi Pemikiran Nurcholis Madjid dalam Pembangunan Bangsa Indonesia,” Jakarta: Jurnal Titik Temu Jurnal Dialog Peradaban.
Bakti, Andi Faisal, 2016. Applied Communication to Dakwah for Peace: Komunikasi Terapan untuk Dakwah Perdamaian, Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah.
Bambang, I Sugiharto, 1994. Posmodernisme, Yogyakarta: PT Kanisius.
Branston, Gill and Roy Stafford, 2003. The Media Student Book Third Edition, London: Routledge.
Cahyono, Guntur dan Nibros Hassani, 2019. Seni Komunikasi Dakwah dan Media Pembelajaran, Salatiga: Al Hikmah Jurnal Dakwah Volume 13, Nomor 1.
Darajat, Deden Mauli, 2018. Melawan Ketertinggalan. Lebak: Humas Protokol Kabupaten Lebak.
Faiqah, Fatty, dan Muh. Nadjib, Andi Subhan Amir, 2016. “Youtube sebagai sarana Komunikasi bagi Komunitas Makassar Vidgram,” Makasar: Jurnal Komunikasi KAREBA.
Fensi, Fabianus, 2020. “Menganalisis Patologi Media Sosial dari Perspektif Filsafat Posmodernisme,” Jakarta: Jurnal Komunikasi dan Media.
Hadi, Abdul W.M., 2016. Hermenuetika Estetika dan Religiusitas, Jakarta: Sadra Press.
Handayani, Linda dan Gugun Gunardi dan Nani Darmayanti, 2014. Estetika Postmodernisme dalam Hijab style, Bandung: Panggung.
Hasjmy, A., 1974. Dustur Dakwah Menurut Al-Qur’an, Jakarta: Bulan Bintang
Ilham, Iromi, 2018. “Paradigma Postmoderisme; Solusi untuk Kehidupan Sosial? Sebuah Pandangan Teoritis dan Analisis terhadap Paradigma Postmoderisme,” Lhokseumawe: Jurnal Sosiologi USK.
Inayat, Hazrat Khan, 2002. Dimensi Mistik Musik dan Bunyi, Yogyakarta: Pustaka Sufi.
Indonesia, Majelis Ulama, 2011. Himpunan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Sejak 1975, Jakarta: Airlangga.
Juditha, Christiany, 2015. “Fenomena Trending Topic Twitter,” Makasar: Jurnal Penelitian Komunikasi dan Pembangunan.
Madjid, Nurchilis, 1995. Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina. Bantul: Kreasi Wacana Offset.
Meritsheba, Ilona L.F., 2012. “Formal Possibilities dalam Video Musik Boyband dan Girlband Indonesia 2010 hingga 2012,” Surabaya: Jurnal E-Komunikasi Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra.
Muarif, Hasan Ambary, 1998. Menemukan Peradaban Jejak Arkeologis dan HistorisIslam Indonesia, Jakarta: PT Logos Wahana Ilmu.
Putra, Adjie Esa, 2004. Revolusi Nasyid, Bandung: MQS Publishing
Rozi, Syafwan, 2012. “Agama dan Posmoderisme: Menelusuri Metodologi dan Pendekatan Studi-Studi Agama,” Bukittinggi: Ilmu Ushuluddin.
Setiawan, Johan, dan Ajad Sudrajat, 2018. “Pemikiran Postmoderisme dan Pandangannya terhadap Ilmu Pengetahuan,” Yogyakarta: Jurnal Filsafat Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Supintou, Aulia, 2020. “Viral! Ini Video Seleb Indonesia Cover Lagu Aisyah Istri Rasulullah,” Situs Web: IDN Times.
Tajiri, Hajir, 2015. Etika dan Estetika Dakwah, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Taufiq, M Affandi dan Ahmad Kali Akbar, 2020. “Mendidik Anak di Era Digital,” Gontor: pai.unida.gontor.ac.id.
Yahya, Buya, 2020. “Lirik Lagu dan Video “Siti Aisyah Istri Rasulullah” Menuai Kontoversi? Inilah tanggapan Buya Yahya,” Youtube: Al Bahjah TV.