Adaptasi Dakwah Virtual Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Semarang Barat Pasca Pandemi Covid 19 (New Normal Era)

  • Reni Megawati Pascasarjana Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Muhammad Lukman Ihsanuddin Pascasarjana Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Abstract views: 412 , pdf downloads: 440
Keywords: Strategi;, Dakwah;, LDII;, era new normal.

Abstract

Dakwah is the delivery of messages in the form of an invitation to the community towards the path of truth. The existence of covid 19 as a pandemic that spreads almost all over the world, is a problem for all Muslims. There is a transition period from direct da'wah to da'wah through social media. Preparation of adequate equipment and knowledge is very much needed for the continuity of da'wah by LDII West Semarang. So a da'wah strategy is needed to keep it running during this pandemic. This study explores the da'wah strategy of the Indonesian Islamic Da'wah Institute (LDII) West Semarang in the new normal era through virtual communication media. The method used in this research is descriptive qualitative. Collecting data through interviews and collecting secondary data sources from the West Semarang LDII online portal. The findings of this study provide an overview of LDII West Semarang's da'wah activities that have adapted to new da'wah activities through virtual communication media to become more diverse and widespread. The Indonesian Islamic Da'wah Institute is able to consistently communicate da'wah messages to mad'u through virtual media such as Zoom (video conference) and Senkom Digital Communication (recording conference).Keyword: Strategy, Da’wah, LDII, New Normal Era
ABSTRAK
Dakwah merupakan penyampaian pesan berupa ajakan kepada masyarakat menuju jalan kebenaran. Adanya covid 19 sebagai pandemi yang tersebar hampir seluruh dunia, menjadi persoalan bagi seluruh kaum muslim. Terdapat masa transisi dari dakwah secara langsung menjadi dakwah melalui media sosial. Penyiapan perangkat dan pengetahuan yang memadai sangat dbutuhkan untuk keberlangsungan dakwah oleh LDII Semarang Barat. Maka diperlukan strategi dakwah agar tetap berjalan di masa pandemi ini. Penelitian ini menggali strategi dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Semarang barat di era new normal melalui media komunikasi virtual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penggalian data melalui wawancara dan mengumpulkan sumber data sekunder dari portal online LDII Semarang Barat. Temuan dari penelitian ini memberikan gambaran kegiatan dakwah LDII Semarang Barat yang beradaptasi dengan aktivitas dakwah baru melalui media komunikasi virtual menjadi lebih beragam dan meluas. Lembaga Dakwah Islam Indonesia mampu mengkomunikasikan pesan – pesan dakwah secara konsisten kepada mad‟u melalui media virtual seperti Zoom (video conference) dan Senkom Digital Communication (recording conference).
Kata Kunci: Strategi, Dakwah, LDII, era new normal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Muhammad Qadaruddin. 2019. Pengantar Ilmu Dakwah. Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.

Ahmad, Nur. 2013. Tantangan Dakwah Di Era Teknologi dan Informasi: Formulasi Karakteristik, Popularitas, dan Materi di Jalan Dakwah. Addin 1, no. 1: 19–44. https://doi.org/10.21043/addin.v8i2.600.

Anang, Firmansyah. 2020. Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Astuti, Yanti Dwi. 2015. Dari Simulasi Realitas Sosial Hingga Hiper-Realitas Visual: Tinjauan Komunikasi Virtual Melalui Sosial Media Di Cyberspace. Profetik 8, no. 2: 15–26.

Aziz, Moh Ali. 2017. Ilmu Dakwah: Edisi Revisi. Cetak ke-6. Jakarta: Kencana.

Bahrudin. 2010. Prinsip-Prinsip Komunikasi Dalam Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Dakwah 4, no. 15: 827–47.

Boer, Kheyene Molekandella. 2013. Interaktivitas Sebagai Strategi Mediated Communication Pada Fans Pages Starbucks Coffee Indonesia. Jurnal ILMU KOMUNIKASI 10, no. 2: 113–28. https://doi.org/10.24002/jik.v10i2.348.

Bramasta, Dandy Bayu. 2020. “Mengenal Apa Itu New Normal di Tengah Pandemi Corona.” www.kompas.com. https://www.kompas.com/tren/read/202 0/05/20/063100865/mengenal-apa-itu- new-normal-di-tengah-pandemi-corona-?page=all#:~:text=Ketua Tim Pakar Gugus Tugas,mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Carlos, KY Paath. 2020. “Ganjar Pranowo Ingin Masyarakat Pahami New Normal.” www.beritasatu.com. https://www.beritasatu.com/yudo- dahono/pemda/641123/ganjar-pranowo- ingin-masyarakat-pahami-new-normal.

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. New Normal Perspektif Sunnah Nabi Saw. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung 19: 1–5. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31093.

Endang Tri Irianingsih, Bani Sudari, Wakit. 2018. Pengaruh Era Media Baru Dan Terjadinya Chaos Identitas. Haluan Sastra Budaya 2, no. 1: 60. https://doi.org/10.20961/hsb.v2i1.17136.

Haris, Herdiansyah. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hariyati, Farida and Dini Wahdiyati. 2019. Penguatan Dakwah Virtual Sebagai Upaya Memakmurkan Masjid Berbasis Kegiatan Remaja Masjid. Jurnal SOLMA 8, no. 2: 239. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3392.

Karman, Karman. 2014. Media Sosial: Antara Kebebasan Dan Eksploitasi. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 18, no. 1: 75. https://doi.org/10.31445/jskm.2014.180104.

Kasiyanto, Kasemin. 2015. Agresi Perkembangan Teknologi Komunikasi Sebuah Bunga Rampai Hasil Pengkajian Dan Pengembangan Penelitian Tentang Perkembangan Teknologi Informasi. Edisi Peta. Jakarta: Prenadamedia Group.

Khatibah. 2016. Prinsip-Prinsip Komunikasi Pustakawan (Perspektif Komunikasi Islam). Jurnal Iqra’ 10, no.

: 47–53.

Kurniawati, Erna. 2019. Analisis Prinsip- Prinsip Komunikasi Dalam Perspektif. Al- Munzir 12, no. 2: 225–48.

Mamdud, Rijal. 2019. Dakwah Islam Di Media Massa. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 3, no.

: 47–54.

Masduki, dan Shabri Shaleh Anwar. 2018. Filosofi Dakwah Kontemporer. Riau: PT. Indragiri Dot Com.

Morrisan. 2008. Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelolah Radio & Televisi Edisi Revisi. Cetak Ke-6. Jakarta: Kencana.

Nazarullah. 2018. Teori-Teori Komunikasi Massa Dalam Perspektif Islam. Jurnal Peurawi : Media Komunikasi Islam 1, no. 1: 1–16.

Nukila, Evanty. 2019. Mengevaluasi Pembatasan Akses Medsos Pada 22 Mei. www.detik.com. https://news.detik.com/kolom/d-4562045/mengevaluasi-pembatasan-akses-medsos-pada-22-mei.

Pirol, Abdul. 2018. Komunikasi Dan Dakwah Islam. Edited by Jajuli Sulaeman. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Podcast MBS FM. 2020. Webinar Internasional Program Studi Magister Komunikasi Dan Penyiaran Islam FDK. Indonesia: www.youtube.com. https://www.youtube.com/watch?v=VLq1070PxAc.

Poppy, Ruliana & Puji Lestari. 2019. Teori Komunikasi. Cetak ke-1. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Pradita, Utama. 2020. “Investigasi Pandemi Corona Siap Nggak Siap New Normal.” www.detik.com. https://news.detik.com/x/detail/investig asi/20200601/Siap-Nggak-Siap-New- Normal/.

Purnama, Aditya Nurullahi, and Singgih Tri Sulistiyono. 2020. Dari Ancaman Menuju Kekuatan : Perkembangan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Semarang, 1970 – 2016. Historioggrafi 1, no. 1: 81–88.

Syahrizal Dwi, Tiara Fanny Eldiana, And Diah Aryani. 2020. Model Pengembangan Aplikasi Mobile E-Dakwah Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Prototyping JISICOM (Journal Of Information System , Informatics And Computing), JISICOM (Journal Of Information System , Informatics And Computing) 4, no. 1: 116–21.

Rahmatullah, Tansah. 2017. Kajian Mengenai Privasi Dalam Informasi

Digital Dihubungkan Dengan Directive 95/46/EC Dan Directive 2002/58/EC of The European Parliament and of The Council. Jurnal Hukum Media Justitia Nusantara 7, no. 1: 58–72. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30544.97284.

Reza, Praditya Yudha dan Irwansyah.2018. Media Baru Digital Sebagai Peretas Konteks Komunikasi Antar Pribadi Dan Kelompok. Islamic Comunication Journal 3, no. 2: 180–92.

RI, Kementerian Agama. 2020. Surat Edaran No. 15 Tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan Di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif Dan Aman Covid Di Masa Pandemi.

Risdiana, Aris, and Reza Bakhtiar Ramadhan. 2019. Dakwah Virtual Sebagai Banalitas Keberagamaan Di Era Disrupsi. Fikrah. https://doi.org/10.21043/fikrah.v7i1.4800.

Rizlia, Khairun Nisa. 2020. LDII Banyuwangi Siap Kawal Penerapan New Normal. www.merdeka.com. https://www.merdeka.com/peristiwa/ldii-banyuwangi-siap-kawal-penerapan-new-normal.html.

Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Edited by Edipramono. Jakarta: PT. Grasindo.

Rustandi, Ridwan. 2019. Cyberdakwah: Internet Sebagai Media Baru Dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam 3, no. 2: 84–95. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i2.1678.

www.unnes.ac.id. 2020. Silaturahmi Dan Diskusi: Penerapan New Normal Kota Semarang Dan Implementasi Layanan Akademik Perguruan Tinggi. http://unnes.ac.id/berita/silaturahmi- dan-diskusi-penerapan-new-normal-kota-semarang-dan-implementasi- layanan-akademik-perguruan- tinggi.html.

Simarmata, Salvatore. 2014. Media Baru, Ruang Publik Baru, Dan Transformasi Komunikasi Politik Di Indonesia. InterAct-Journal on Communication 3, no. 2: 18–36. http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fiabi kom/index.

Sumarjo. 2011. Ilmu Komunikasi Dalam Perspektif Al-Qur’an. Inovasi 8, no. 1: 113–24.

Syaifudin, Zuhri dkk. 2020. Teori Komunikasi Massa Dan Perubahan Masyarakat. Edited by Vanessa Priyanka Putri dkk Vira. Malang: PT. Cita Intrans Selaras.

Wahidin, Saputra. 2012. Pengantar Ilmu Dakwah. Cetak ke-2. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Wijayanti, Yani Tri. 2015. Pola Komunikasi Keluarga Dalam Membangun Akhlakul Karimah. CHANNEL: Jurnal Komunikasi 3, no. 2.

Published
2022-01-07
Section
Articles