Penerapan Metode Fonik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini
Abstract
Bahasa Inggris bukan hanya menjadi bahasa asing atau bahasa internasional
yang dipelajari di sekolah mulai tingkat PAUD sampai tingkat berikutnya.
Kecenderungan masyarakat akan penguasaan bahasa asing tersebut, membuat
berbagai lembaga pendidikan saling berlomba membuat program yang
memasukkan Bahasa Inggris sebagai salah satu keahlian yang dikembangkan,
khususnya bagi anak usia dini. Untuk itu, beberapa lembaga PAUD atau TK
berlomba untuk memasukkan Bahasa Inggris dalam kurikulum mereka.
Persoalannya adalah pelajaran Bahasa Inggris untuk PAUD menuntut
penanganan khusus yang berbeda dengan pelajaran kepada kelompok umur
yang lain. Metode fonik adalah tawaran model pembelajaran bahasa untuk
anak usia dini dan dikembangkan dengan mengoptimalkan seluruh
keterampilan berbahasa, menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Metode
ini menekankan pada pelajaran alfabet yang diberikan terlebih dahulu kepada
anak-anak, mempelajari nama-nama huruf dan bunyinya. Setelah mereka
mempelajari bunyi huruf mereka akan mulai merangkum beberapa huruf
tertentu untuk membentuk kata-kata.
Downloads
References
Al-Uswah Centre.(2009).Metode Belajar
Fonik.Online].http://aluswahcente
r.wordpress.com/2009/05/20/met
ode-belajar- membacafonik/[18
Agustus 2014]
Chomsky, N; Skinner, B. F. (1959). "A
Review of B. F. Skinner's
Language Verbal Behavior"
(Linguistic Society of America)
http://www.easyreaderhouse.com/main.p
hp?hal=program
Latifah Nurfauziah, 2013.Penggunaan
Teknik Talking Stick Dalam
Meningkatkan Penguasaan
Kosakata Bahasa Inggris Anak
Usia Dini Universitas Pendidikan
Indonesia
|repository.upi.edu|perpustakaan.
upi.edu
Leni Nofrienti. 2012. Peningkatan
kemampuan membaca anak
melalui metode fonik Di taman
kanak-kanak Islam adzkia
Bukittinggi.
Lili Ardas. (2012). Belajar Membaca
Dengan Metode Fonik.
[Online].Tersedia:http://lilyardas.
wordpress.com/2012/03/13/meto
de- fonik/[18 Agustus 2014]
Nunung wijayanti on
http://nunungwidijantie.blogspot.c
om/2012/06/normal
Plunkett Kim (1998). Rethinking
innateness: A connectionist
perspective on development. The
MIT Press
Salman Rusydie. 2012. Kembangkan
Dirimu Jadi Guru Multitalenta.
Diva Press. Jakarta
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.