Mengembangkan Keterampilan Menulis Arab Tingkat Dasar di Masjid Baital Makmur Konang Barat Galis Pamekasan

  • Moh. Iqbal Fachrullah Abul Jihad Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Eva Nikmatul Rabbianty Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 291 , PDF downloads: 546
Keywords: Writing Skills, Arabic Language

Abstract

Arabic writing skills in the millennial era is very important. However, only a few children like and can read and write Arabic well. One of the activities that can develop and strengthen children's Al-Qur'an writing abilities and skills is by implementing basic Arabic writing learning activities. This article will discuss learning basic Arabic writing with the children and the benefits of learning it. This study was obtained based on data collected during the researcher's implementation of the SCSFH (Student Community Service From Home) program. One of the activities the researchers carried out was a basic Arabic writing learning program at Baitul Makmur Mosque, Konang Village, Galis, Pamekasan. In this lesson, we used basic Arabic writing teaching, such as teaching how to write Arabic letters, connecting Arabic letters, copying Arabic letters, and writing verses of the Qur'an. The methods used also vary, such as the dictation method, lectures, the imla' method, and other cooperative learning methods such as holding various competitions to determine how far the level of student understanding of what has been conveyed by the teacher. In this activity, it was found that many students' Arabic writing skills were still below average. Although some students are considered quite good at writing Arabic, and even then because the students concerned have stepped on the secondary education level, for more satisfying results, this basic level Arabic writing training activity should be carried out continuously and preserved to maintain children's Arabic writing skills and continue developing.

(Keterampilan menulis Arab di era milenial merupakan hal yang sangat penting. Namun, hanya sedikit anak-anak yang menyukai dan bisa baca tulis Arab. Salah satu kegiatan yang bisa mengembangkan dan memperkokoh kemampuan dan keterampilan tulis Al-Qur’an anak-anak adalah dengan mengadakan kegiatan pembelajaran menulis Arab tingkat dasar. Artikel ini akan membahas proses pembelajaran menulis Arab tingkat dasar dan juga manfaat dari pembelajaran tersebut. Penelitian ini disusun berdasarkan data yang dikumpulkan selama peneliti melaksanakan program KPM DR (Kuliah Pengabdian Masyarakat Dari Rumah), dimana salah satu kegiatan yang penulis lakukan adalah mengadakan program pembelajaran menulis Arab tingkat dasar di Masjid Baitul Makmur, Desa Konang, Galis, Pamekasan. Dalam pembelajaran ini, kita menggunakan pengajaran dasar, seperti mengajar cara menulis huruf Arab, menyambung huruf-huruf Arab, menyalin lafaz Arab dan menulis lafaz atau ayat-ayat al-Qur’an. Metode yang digunakan juga bervariasi, seperti metode dikte, ceramah, metode imla’, dan juga metode pembelajaran kooperatif lainnya seperti diadakannya berbagai lomba untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman murid terhadap apa yang sudah disampaikan oleh pengajar. Dalam kegiatan ini ditemukan bahwa keterampilan menulis Arab murid masih banyak yang dibawah rata-rata. Walaupun ada beberapa murid yang sudah dirasa cukup baik dalam menulis Arab, itupun karena murid yang bersangkutan sudah menginjak tingkat pendidikan menengah. Untuk hasil yang lebih memuaskan kegiatan pelatihan menulis Arab tingkat dasar ini harusnya dilakukan secara terus menerus dan dilestarikan agar keterampilan menulis Arab anak tetap terjaga dan terus berkembang).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arti kata terampil—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (2021). Retrieved 18 June 2021, from https://kbbi.web.id/terampil

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Departemen Agama Islam. (1994). Al-Qur’an dan Terjemah. Madinah al-Munawwaroh: Mujamma’ Malik Fahd.

Depen, A. (2010). Pelaksanaan Metode Imla’ oleh Guru dalam Pembelajaran Arab Melayu di SLTPN 04 Bangkinang (Skripsi). UIN Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. Surat Edaran Nomor B-713/DJ.I.III/TL.00/04/2020 tentang Tidak Lanjut Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 697/03/200 di Bidang Litapdimas (Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian kepada Masyarakat). , (2020).

Fadhilah, A. N. (2020). Penerapan Metode Imla’ dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Lumajang (Skripsi). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Hafidz, M. (2018). Imla’ Aplikatif. Jakarta: Gramedia.

Irfan, H. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Huruf Abjad Bahasa Arab. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 129–152. doi: 10.32699/liar.v3i2.1054

Kesuma, G. C. (2016). Penerapan Metode Imla’ untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Peserta Didik Kelas X SMA IT Pondok Pesantren Al-Mujtama’ Al-Islami Karang Anyar Lampung Selatan. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 33–52. doi: 10.24042/albayan.v8i2.363

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. (2020). Petunjuk Teknis (Juknis) KPM IAIN Madura. Pamekasan: IAIN Madura.

Munawwir, A. W. (1973). Kamus Arab-Indonesia Al-Munawwir.

Munir. (2016). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana.

Ni’mah, K. (2018). Implementasi Media Papan Mahir Bahasa Arab dalam Pembelajaran Maharoh Kitabah. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 5(2), 93–114.

Rahmawati, L. (2018). Penerapan Metode Musabaqoh Bithoqoh Mukhtalithul Kalimah (MBMK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Al-Kitabah Siswa MAN 1 Yogyakarta. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 275–299. doi: 10.14421/almahara.2018.042-07

Robbins, S. P. (2000). Teori Organisasi (Y. Udaya, Trans.). Jakarta: Acam.

Rosyidi, Abd. W., & Ni’mah, M. (2012). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Simarmata, J., Hamid, M. A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., … Salim, N. A. (2020). Pendidikan di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Soemarjadi, M. R., & Zahri, W. (1991). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud.

Susanti, S., & Asyrofi, S. (2020). Efektivitas Metode Imlā’ Manẓūr dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education, 1(2), 1–22. doi: 10.37680/aphorisme.v1i2.439

Published
2021-06-25