KUTTAB SEBAGAI PUSAT ILMU PENGETAHUAN PENDIDIKAN ISLAM

  • Emna Laisa IAIN Madura
Abstract views: 828 , PDF downloads: 884
Keywords: ARTICLE HISTORY Received 10 Agustus 20KEYWORDS Kuttab, Development of Kuttab, Full Day School Approach

Abstract

ABSTRACT

Kuttab has a strategic role in shaping the youth of Islam in the classical era. It is not only excelled in the religious and moral aspects, but also plays a role in the increased intellectual and life skills. Kuttab development from the Prophet era until the Abbasid Daula characterized in each period, in terms of the development of course materials, teaching methods, to community participation. In the midst political conflict, the existence kuttab always in a dynamic conditions. This is evident shows since kuttab just a personal waqf institution to become a major educational institution who participated managed by the government. Kuttab not only sparkling in the golden age, but kuttab inspire the implementation of the Full Day School in Indonesian Islamic educational institutions. It lies the urgency of term al-muhafadzah ala al-qadim al-shalih wa al-akhdu bi al-jadid al-ashlah, that the classical Islamic education system is able to be a reference to answer the problems of education in the contemporary era.

 

ABSTRAK

Kuttab memiliki peran strategis dalam upaya pembentukan generasi muda Islam di era klasik. Kuttab tidak hanya unggul dalam aspek keagamaan dan moral, namun juga berperan dalam peningkatan intelektualitas dan kecakapan hidup. Perkembangan kuttab dari masa Rasulullah hingga Daulah Abbasiyah memiliki ciri khas dalam setiap periodesasinya, baik ditinjau dari pengembangan materi pelajaran, metode pembelajaran, hingga peran serta masyarakat. Di tengah suasana konflik politik yang berkecamuk, eksistensi kuttab senantiasa berada dalam kondisi dinamis.

Hal ini tampak sejak kuttab hanya berupa institusi wakaf pribadi hingga menjadi institusi pendidikan besar yang turut serta dikelola pemerintah. Kuttab tidak hanya bersinar di masa keemasannya, tetapi telah menginspirasi pemberlakuan Full Day School di lembaga pendidikan Islam, khususnya di Indonesia. Di sinilah letak urgensi al-muhafadzah ala al-qadim al-shalih wa al-akhdu bi al-jadid al-ashlah, bahwa sistem pendidikan Islam klasik mampu dijadikan rujukan untuk menjawab masalah pendidikan di era kekinian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

al-Jumbulati, Ali dan Abdul Futuh al-Tuwaanisi. Perbandingan Pendidikan Islam (terj) H.M Arifin. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Ali, K. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Srigunting, 1988.

Asari, Hasan. Menyingkap Zaman Keemasan Islam. Bandung: Mizan, 1984.

Asrahah, Hanun. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 1999.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2012.

Baharuddin. Dikotomi Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Daulay, Haidar Putra et.al. Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah: Kajian dari Zaman Pertumbuhan sampai Kebangkitan. Jakarta: Kencana, 2013.

Fajar, Abdullah. Peradaban dan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press, 1996.

Fauzi, Imron. Manajemen Pendidikan Ala Rasulullah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasan, Nor. Fullday School (Model alternatif pembelajaran bahasa Asing). Tadris: Jurnal Pendidikan. Vol. No. 1 (Mei 2006)

Irawan, Ade et.al. Buruk Wajah Pendidikan Dasar (Jakarta: Indonesia Corruption Watch, 2006.

Laisa, Emna. Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah melalui Pengembangan Budaya Religius (Studi Pada SMK Darul Ulum Bungbungan Bluto Sumenep). Islamuna: Jurnal Studi Islam Vol. 3 No. 1 (Januari 2016)

Makdisi, George. The Rise of Colleges. Edinburg: Edinburg University Press, 1981.

Nakosteen, Mehdi. History of Islamic Origins of Western Education A.D 800-1350. Colorado: University of Colorado Press, 1964.

Nata, Abuddin. Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

------------------- Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Ndraha, Taliziduhu. Teori Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Sanjana, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran (Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Kencana, 2010.

Suwendi. Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Raja Grafindo Persada, 2004.

Suwito. Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2005.

Syalabi, Ahmad. Sejarah Pendidikan Islam (terj. Muhtar Yahya). Jakarta: Bulan Bintang, 1973.

Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2005.

Umiarso dan Zamroni. Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Timur dan Barat. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Hidakarya Agung, 1992.

Zuhairini et.al,. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

Published
2020-09-29
Section
Journal Articles